brandoutlet.co.id – Jika kamu merupakan pengusaha kuliner, tentu desain dari kemasan produk akan menjadi salah satu alasan utama yang bisa membawa brand bisnis kamu bersaing dengan brand-brand lain dengan bidang yang sama. Memiliki kemasan menarik serta di desain yang unik pastinya akan menjadi salah satu pembeda dari brand yang kamu miliki dengan produk lainnya.  

Lewat desain pada kemasan, kamu bisa menuliskan informasi tentang identitas dari bisnis kamu seperti kualitas produk, logo, symbol brand, warna khas produk dan lain-lain. Bagian tersebut sedikit banyaknya akan menghipnotis para pelanggan untuk mencoba produk yang kamu miliki.

Akan tetapi, pertanyaan yang muncul seperti, Bagaimana untuk membuat sebuah desain untuk kemasan pada produk yang menarik tanpa membutuhkan biaya yang besar? Kamu bisa meminta jasa desain langsung di percetakannya atau jika kamu memiliki teman atau langganan desain yang kamu percaya.

Perlu kamu ketahui bahwa kemasan pada produk yang bagus tidak harus dengan biaya mahal serta tidak harus susah dibuat, yang dibutuhkan hanya ide kreatif serta bisa menyeimbangkan efektifitas dengan efisiensi agar hasilnya pun bisa berkualitas meski tidak dengan biaya mahal dan rumit.

Jika sudah begitu, Produk yang kamu miliki bisa lebih percaya diri saat mulai ditawarkan ke para konsumen, yang berarti kesempatan para pembeli untuk membeli produk yang kamu miliki jadi semakin besar kemungkinannya.

Menambahkan desain produk dalam bentuk yang unik dan menarik menjadikan karakter pada produk kamu semakin kuat. Jika kamu merupakan pengusaha minuman kekinian dan ingin mencari tips memilih kemasan produk yang tepat untuk usaha kamu. Simak penjelasannya dibawah ini.  

Apa Sih Fungsi dari Kemasan Produk ?

Harus kamu ketahui bahwa desain kemasan yang menarik tentu bisa mewakilkan nilai-nilai dari sebuah produk yang kamu miliki. Bagi seorang pengusaha atau pelaku bisnis berpengalaman, mereka pasti sangat peka terhadap hal ini, dan diberi perhatian khusus karena demi menjaga eksistensi serta membantu dalam hal pemasaran produk.

Kenapa bisa membantu pemasaran ? sebab pada desain produk, tercantum sejumlah informasi seperti jenis produk, expire date, label produk, merek bisnis, kandung gizi didalamnya hingga alamat dan juga keterangan produsen.

tips memilih produk kemasan minuman kekinian

Selain itu bisa meningkatkan kualitas produk itu sendiri dan juga brand awareness, sebab sudah semakin dikenal dan juga dipercaya banyak konsumen. 

Desain unik dan juga menarik pastinya menerapkan faktor-faktor penting yang dapat mempengaruhi kesuksesan sebuah bisnis. Maka dari itu, terdapat tips yang jitu untuk di coba pada produk usaha yang kamu miliki. 

  • Memilih Warna yang Pas

Pemilihan warna untuk sebuah produk kemasan, apalagi minuman tentu sangat penting, banyak orang tertarik dalam sebuah produk yang berawal dari warna. Mungkin kamu perlu mengetahui makna atau arti dari sebuah warna di sebuah kemasan, seperti :

  • Kuning yang berarti energi dan kebahagiaan
  • Merah yang berarti kekuatan, hasrat, cinta dan juga keberanian
  • Hijau yang berarti alam, dan kesegaran.
  • Ungu yang berarti royalty, maisteri dank kreatif
  • Oranye yang berarti kehangatan, senang dan tekad
  • Merah Muda yang berarti rama dan feminitas

Baca Juga : Langkah-Langkah Mendirikan Sebuah CV

  • Memilih Bentuk Kemasan yang Cocok dengan Desain

Kamu mungkin sudah pernah melihat atau sedikit memperhatikan kemasan dari produk maskulin yang cenderung mempunyai bentuk kota dan persegi panjang, sementara untuk produk feminim cenderung dengan bentuk melengkung, dan ternyata hal tersebut bukan sebuah kebetulan, namun seolah menjadi hal yang sudah digariskan. Tentu hal tersebut juga berlaku untuk kemasan minuman kekinian. 

Dari bentuk produk maskulin dan juga feminin diatas nyatanya mempunyai pesan psikologi di dalam setiap bentuk kemasan tersebut, untuk itu tentu kamu juga dapat membuat desain untuk kemasan produk minuman kamu sesuai dengan target pasar.

Meski begitu, kamu jangan terlalu memikirkan lebih dalam soal bentuk kemasan tersebut, namun lupa dengan kenikmatan dari isinya. Maka dari itu pilihlah bentuk yang wajar namun sesuai dengan desain serta produk yang kamu tawarkan pada pembeli.

  • Membuat Desain yang Mudah Dimengerti

Calon pelanggan tentu harus mengerti tentang produk yang kamu miliki dengan cepat. Kamu cuma mempunyai kesempatan beberapa detik saja untuk membuat para calon pelanggan atau pembeli bisa mengerti produk yang kamu jual ketika pertama kali dilihat.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan seperti memakai desain yang sederhana namun jelas dan menarik, teknik ini tentu sangat manjur untuk para calon konsumen memahami produk yang kamu miliki ketika melihat desain dari kemasan usaha kamu dalam hitungan detik.

  • Menggunakan Kata-Kata Sederhana

Di Dalam desain pada kemasan sebuah produk, kamu akan menemukan berbagai keterangan seperti identitas barang, komposisi makan dll. Selain itu kamu juga bisa menambahkan sebuah tulisan seperti kalimat slogan, nama brand, tagline dll. 

Karena hal tersebut dibuat untuk membuat kemasan semakin menarik tentu kamu juga harus menghindari penggunaan kata yang berlebihan, atau kalimat  yang tidak begitu penting dan justru membuat para konsumen bingung.

Gunakanlah kalimat sederhana, gampang diingat akan tetapi mampu mewakilkan isi dan tujuan dari produk usaha kamu. Dengan menyadari kegunaan mendesain produk usaha minuman kekinian dengan menarik, tentu akan mendatangkan keuntungan sebuah bisa bisnis semakin besar.