brandoutlet.co.id – Setiap orang pasti pernah meminjam uang atau berhutang. Kegiatan ini cukup wajar dan sering dilakukan masyarakat kita, apalagi orang-orang dengan kondisi ekonomi rendah. Hutang bisa dilakukan karena benar-benar tidak memiliki uang sama sekali untuk mencukupi kebutuhan atau juga bisa untuk memenuhi gaya hidup seseorang. 

Jadi dapat kita simpulkan bahwa hutang memiliki arti yang berbeda 180 derajat dari aset, sebab semakin banyak seseorang berhutang maka hal tersebut memperlihatkan bahwa tingkat kekayaan yang dimiliki orang tersebut semakin kecil. Apakah dalam hal ini Anda termasuk salah satu diantara orang-orang yang memiliki aset lebih sedikit dibandingkan hutang? 

Sebenarnya, kebiasan hutang bukanlah sesuatu yang bersifat negatif. Karena seperti yang diketahui bersama, hutang dikategorikan menjadi dua macam yaitu hutang konsumtif dan produktif. Hutang konsumtif merupakan hutang yang digunakan seseorang hanya untuk memenuhi gaya hidupnya saja, seperti berbelanja, liburan, atau dipakai untuk hal-hal yang bersifat konsumtif. Sedangkan hutang produktif adalah kebalikannya, karena hutang ini dilakukan untuk mendatangkan manfaat finansial lebih besar. Sebut saja untuk pembiayaan kegiatan usaha atau bisnis dan lain sebagainya. 

Meskipun demikian, sebaiknya sebelum berhutang Anda telah mempertimbangkan apakah di kemudian hari mampu membayar pinjaman tersebut tepat waktu. Jika tidak dipikirkan dengan baik, hal ini dapat membawa Anda pada posisi yang sulit. Namun jika sudah sangat yakin bisa membayar pinjaman tersebut, selanjutnya Anda dapat memilih dengan tepat lembaga keuangan mana yang bisa memberikan pinjaman dengan syarat mudah dan bunga rendah. 

Nah, berikut ini ada beberapa cara dan tips agar cepat lunas dari hutang yang menumpuk. Para peminjam modal usaha dari lembaga keuangan manapun dapat mempelajarinya, karena tips berikut akan membantu Anda menyelesaikan masalah hutang dengan cepat. 

1. Susun Daftar Hutang yang Dimiliki

Menyusun daftar hutang merupakan cara pertama melunasi hutang modal usaha dengan cepat, cara ini dapat Anda coba sebagai permulaan. Setelah daftar selesai dibuat, Anda akan lebih mudah nantinya menentukan skala prioritas. Tulis semua hutang yang dimiliki sesuai dengan prioritas atau yang harus segera dilunasi. Jangan lupa menyertakan besaran suku bunga untuk memudahkan Anda mengetahui jumlah uang yang akan dikumpulkan untuk dapat melunasi hutang tersebut. 

2. Buatlah Skala Prioritas Terhadap Pembayaran

Pastinya membuat skala prioritas pembayaran adalah langkah selanjutnya dalam tips cepat melunasi pinjaman modal usaha. Maka dari itu, Anda dapat mengurutkan utang dengan jumlah kecil lebih dulu dalam daftar yang dibuat.

tips cepat lunas pinjaman modal usaha

Baru kemudian melunasi hutang dengan bunga cicilan paling tinggi dari daftar tersebut. Setelah itu, Anda dapat melunasi satu persatu pinjaman dengan bunga paling rendah. Saat mengajukan pinjaman cukup besar, Anda dapat mengambil bunga cicilan paling stabil agar tidak sulit melunasinya. 

Baca Juga : Ini Dia 5 UKM Indonesia yang Tembus Pasar Global

3. Kaji Aset yang Dimiliki

Coba kaji aset yang Anda miliki setelah mengetahui rasio pinjaman yang dilakukan sudah lebih dari 30%. Karena yang namanya pinjaman wajib hukumnya dibayar lunas, supaya di kemudian hari tidak menjumpai masalah besar. Untuk itu, kamu dapat mengkaji ulang aset yang dimiliki dan mencoba menjual beberapa diantaranya. Hasil dari menjual aset dapat digunakan untuk melunasi pinjaman yang sudah jatuh tempo. Beberapa aset yang memiliki nilai jual diantaranya ada mobil atau motor, karena kendaraan tersebut memiliki nilai jual cukup tinggi untuk membantu Anda segera keluar dari masalah hutang. 

4. Jangan Berhutang Hanya untuk Melunasi Hutang

Jangan pernah mencoba meminjam uang kembali jika alasannya untuk melunasi pinjaman sebelumnya. Terlebih lagi bagi Anda yang suka sekali menggunakan kartu kredit untuk berbelanja. Pastikan terlebih dahulu Anda sudah menyelesaikan kewajiban membayar hutang sebelumnya. Jangan sampai menerapkan gaya hidup konsumtif yang membuat Anda gali lobang tutup lobang untuk melunasi pinjaman. Jadi, sebaiknya hindari membuat hutang baru agar tidak menambah tanggungan.

5. Disiplin Membayar Pinjaman

Setiap kali meminjam uang pada teman atau lembaga keuangan tertentu, pastikan untuk selalu mendisiplinkan diri membayar pinjaman. Dalam rangka melunasi hutang, setiap individu harus menerapkan cara ini dengan konsisten dan maksimal. Dengan demikian, pinjaman atau hutang yang dimiliki dapat dilunasi dengan lancar, sebab Anda sudah memiliki niat yang kuat untuk bisa cepat terbebas dari pinjaman.

Jika ingin berjalan lancar, pastikan telah mengelola dengan baik pengeluaran setiap bulannya. Utamakan berhemat dan sisihkan penghasilan untuk ditabung. Ingat, jangan berhutang lebih dari rasio 30%. 

6. Pikirkan Matang-matang Sebelum Meminjam Uang

Sebetulnya, Anda memegang kendali penuh ketika memutuskan untuk mengajukan pinjaman atau tidak. Karena semua kembali kepada diri masing-masing, oleh karena itu pikirkan matang-matang sebelum meminjam uang atau berhutang. Bertanyalah pada diri Anda, apakah barang atau keinginan tersebut memang dibutuhkan sehingga harus meminjam uang? Ingat bahwa ada konsekuensi yang diterima nanti saat membayar tagihan pinjaman. Berhutang sih bebas-bebas saja, asalkan besar pinjaman tersebut tidak lebih dari rasio 30% penghasilan perbulan.

Demikian tentang tips agar cepat lunas dari pinjaman modal usaha. Semoga dapat dimengerti dan diterapkan dengan baik saat dibutuhkan. 

Visit: Digital Banking Senyumku