Kementrian Koperasi baru-baru ini telah mengumumkan untuk mengadakan program pelatihan usaha yang diperuntukan untuk para pelaku UKM. Bekerja sama dengan Smesco Indonesia, Kemenkop akan mengundang 50 pelaku usaha yang dipilih setelah memenuhi syarat dan ketentuan yang ditetapkan. Namun, hanya ada dua bidang usaha yang akan dibuka yaitu fashion serta Food & Beverages. 

Bagi Anda yang memiliki usaha di salah satu bidang tersebut, bisa mencoba untuk mendaftar. Karena nantinya dari 50 pelaku usaha yang sudah diterima akan diseleksi lagi menjadi 20 pelaku usaha. Di mana setelahnya mereka akan berangkat ke Jakarta dan mengikuti pelatihan langsung dari para ahli. 

Syarat Mengikuti Pelatihan Usaha Kemenkop 

Untuk Anda yang tertarik mengikuti pelatihan dari Kementerian Koperasi, berikut ini adalah syarat yang diperlukan: 

1. Fashion 

Bagi Anda yang berkecimpung di industri fashion, maka pelatihan yang diberikan adalah seputar pengetahuan dasar dan pengembangan dalam keterampilan usaha dan berfokus di beberapa topic seperti berikut: 

  • Melakukan riset pasar, mencari inspirasi, pengenalan bahan baku dan cara meramalkan tren. 
  • Cara merumuskan konsep. 
  • Cara membuat gambar atau ilustrasi fashion. 
  • Mengajarkan teknik dalam manipulasi kain. 
  • Cara membuat gambar kerja secara sederhana. 
  • Cara mengedit koleksi final.

Adapun beberapa syarat dan ketentuan untuk bisa mengikuti pelatihan di bidang fashion ini, seperti berikut: 

  • Berusia minimal 19 tahun dan maksimal 45 tahun. 
  • Mempunyai bisnis di bidang fashion minimal 1 tahun. 
  • Mengirimkan portofolio, minimal 3 koleksi. 

Untuk mendapatkan info lebih lanjut tentang pendaftaran dan syarat lainnya dapat langsung Anda cek di smesco.go.id. 

2. Food & Beverages 

Untuk Anda yang berkecimpung di industri makanan dan minuman atau Food & Beverages, maka akan diberikan materi tentang pengetahuan dasar serta keterampilan usaha. Fokus akan topik yang diberikan adalah sebagai berikut: 

  • Cara mengenali tren makanan serta minuman di masa yang akan datang. 
  • Cara merangkai berbagai ide bisnis. 
  • Cara menemukan produk yang sekiranya sesuai dengan pasar atau market. 
  • Membuat rancangan model bisnis. 

Bila Anda ingin mendaftar berikut ini adalah syarat dan ketentuannya: 

  • Minimal usia adalah 20 tahun hingga 45 tahun. 
  • Warga Negara Indonesia 
  • Mengisi formulir pendaftaran serta memberikan profil bisnis yang dimiliki. 

Sama seperti pada bidang fashion, jika Anda membutuhkan informasi lebih lanjut bisa mengunjungi situs smesco.go.id. 

Manfaat Mengikuti Pelatihan Usaha dari Kementerian Koperasi 

Mengikuti pelatihan usaha akan memberikan banyak manfaat untuk Anda. Apalagi program ini direncanakan oleh pemerintah yang sudah pasti tidak ada biaya yang akan dikenakan. Selain itu, masih ada manfaat lain yang dapat Anda peroleh seperti berikut ini: 

2. Keterampilan akan meningkat 

Dari materi yang akan diberikan sudah dapat dipastikan bahwa Anda akan memperoleh ilmu baru untuk bisa meningkatkan keterampilan yang sudah dimiliki. Menjadi pelaku usaha tidak boleh memiliki satu keterampilan saja, karena seiring berjalannya waktu akan ada perubahan yang mau tidak mau harus diikuti. 

Dengan mengikuti pelatihan usaha dari Kemenkop ini, Anda akan diajarkan berbagai keterampilan baru agar usaha bisa semakin berkembang. Terlebih, materi diberikan oleh orang-orang yang telah berpengalaman dalam dunia bisnis. Sehingga dari pelatihan ini diharapkan Anda akan semakin terampil dan menjadi pebisnis yang handal. 

3. Meningkatkan inovasi serta kreativitas 

Manfaat lainnya dari pelatihan ini adalah Anda bisa menjadi semakin inovatif serta kreatif. Kedua hal tersebut sangatlah penting dalam pengembangan usaha. Menciptakan ide-ide brilian untuk bisa memajukan bisnis sangatlah penting. Dengan pelatihan usaha yang diberikan oleh Kemenkop, maka Anda diharapkan bisa terus berinovasi dan lebih kreatif untuk meningkatkan daya tarik usaha yang dijalankan. 

4. Bisa lebih bijak ketika ada masalah 

Menjadi pebisnis tidaklah mudah, apalagi ketika ada masalah sedang menjalankan bisnis. Ketika ada masalah, Anda tidak bisa mengambil keputusan tanpa memikirkan akibatnya. Menjadi bijak ketika menghadapi masalah sangat diperlukan. Hal ini akan membantu Anda untuk mendapatkan solusi yang tepat. 

Dari pelatihan usaha ini, maka Anda akan diajarkan untuk tetap bijak dalam menghadapi masalah. Bagaimana cara untuk mendapatkan solusi yang tepat, sehingga pengembangan usaha pun tidak akan mengalami hambatan yang berarti. 

Karena dalam pelatihan ini, Anda akan bertemu dengan pebisnis yang sudah berpengalaman. Jadi, sudah pasti pengalaman mereka dapat membantu Anda agar mampu menghadapi rintangan ketika menjalankan bisnis. 

Itulah penjelasan syarat pelatihan usaha yang diadakan oleh Kementerian Koperasi beserta dengan manfaat yang akan didapatkan. Mengikuti pelatihan ini juga bisa membantu Anda untuk mendapatkan investor. Tidak menutup kemungkinan bahwa ahli bisnis yang memberikan materi akan tertarik dengan ide bisnis yang Anda jalankan. Jadi, segeralah mendaftar karena kuota yang disediakan sangatlah terbatas.

Categories: Edukasi