Di zaman dengan teknologi yang semakin berkembang pesat seperti saat ini, tentu akan banyak perusahaan termasuk bank yang memanfaatkannya. Banyak dari perusahaan keuangan yang membuat aplikasi digital untuk memudahkan para nasabahnya dalam melakukan transaksi finansial. Hal ini juga menjadi kemudahan tersendiri bagi para pelaku usaha, baik pebisnis kecil maupun yang sudah besar.

Bank digital memiliki fitur layanan yang sama dengan bank pada umumnya, calon nasabah dapat melakukan semuanya hanya melalui aplikasi dari bank terkait dan semuanya cukup dilakukan secara daring (dalam jaringan), misalnya :

  • Membuka rekening pribadi
  • Menutup rekening
  • Melakukan transaksi (membayar tagihan, membeli pulsa, dll)
  • Berkomunikasi
  • Mengecek mutasi rekening
  • Investasi
  • Pembayaran e-commerce, dll

Apa saja yang termasuk kategori layanan bank digital :

  • Internet banking, nasabah dapat melakukan transaksi baik tunai maupun non tunai melalui internet banking melalui ponsel smartphone atau laptop pribadi.
  • SMS banking, nasabah dapat melakukan transaksi finansial melalui layanan SMS melalui nomor yang sudah ditentukan oleh bank atau aplikasi yang diberikan dari bank.
  • Mobile banking, memiliki kesamaan dengan SMS banking. Hanya saja mobile banking jauh lebih canggih dan jauh lebih mudah menggunakan mobile banking daripada SMS banking.
  • Phone banking, ini dilakukan dengan cara menelpon ke bank dan meminta bantuan pada petugas bank untuk melakukan transaksi.

Keuntungan menggunakan bank digital bagi pebisnis kecilĀ 

Dengan adanya bank digital, segala hal menjadi mudah dan tidak menghabiskan banyak waktu untuk mengantri. Cukup membuka aplikasi saja segala bisa diselesaikan. Lalu apa keuntungan yang didapat pebisnis kecil dengan adanya bank digital, berikut ini keuntungannya:

  • Efisien

Tentu dengan adanya bank digital, pelaku bisnis sangat terbantu karena melakukan transaksi seperti mentransfer dana akan menjadi lebih efisien. Mereka tidak perlu datang untuk mengantri di bank dan menghabiskan sebagian waktunya disana. Dengan adanya bank digital, semuanya dapat dilakukan dengan mudah dan juga cepat.

  • Lebih aman

Bertransaksi secara digital atau online tentu jauh lebih aman daripada harus keluar dan melakukan transaksi lewat mesin ATM, karena bila sedang tidak beruntung mereka dapat menjadi sasaran kejahatan. Karena saat ini sudah banyak orang yang menggunakan bank digital, tentunya pihak bank sudah memberikan pengamanan ekstra agar dana nasabah tetap aman. Bahkan pihak bank juga sudah banyak yang memberikan proteksi firewall dengan harapan dapat mencegah kejahatan secara cyber.

  • Hemat biaya dan waktu

Melakukan transaksi atau transfer secara digital juga dapat menghemat biaya. Pemilik usaha dan juga pembeli tidak perlu pergi ke bank atau ATM yang jaraknya terkadang jauh dari tempat tinggal. Lalu bagi pelaku usaha yang ingin melakukan pengajuan pinjaman pada bank juga tidak perlu memfotokopi berkas, cukup difoto lalu diunggah saja pada aplikasi yang disediakan.

  • Banyak kemudahan

Selain efisien dalam melakukan transaksi karena cepat dan mudah. Dengan adanya bank digital para pelaku usaha dapat menggunakan fitur yang ada didalam aplikasi untuk membantu mereka mengatur dana yang akan keluar maupun masuk. Tidak lagi membutuhkan buku tabungan untuk melihat transaksi, hanya tinggal mengunduh dan menyimpan di ponsel pribadi.

  • Mudah diakses kapan dan dimana saja

Dengan adanya bank digital yang memang dapat digunakan 24 jam setiap harinya, pelaku bisnis tidak perlu takut saat harus melakukan transaksi sekalipun di malam hari. Karena tujuan dari dibuatnya bank digital adalah untuk memudahkan semua penggunanya kapanpun dan dimanapun mereka berada.

Kekurangan dari bank digital

Dimana ada keuntungan dan kemudahan, tentu ada juga kekurangannya. Tidak terkecuali dengan bank digital, jadi ada baiknya untuk mempersiapkan segalanya dengan baik agar tidak merugi. Berikut adalah kekurangan dari bank digital yang perlu diketahui.

  • Hanya bisa dilakukan jika ada jaringan internet

Ini adalah kelemahan utama dari bank digital, bila ingin mengoperasikan aplikasi tentu memerlukan jaringan internet. Apabila tidak ada jaringan internet, maka nasabah tetap harus pergi ke bank untuk bertransaksi.

  • Terkadang terjadi kebobolan sistem

Walau pihak bank sudah melakukan pengamanan ekstra pada aplikasi, tapi masih ada saja orang-orang tidak bertanggung jawab yang mencoba untuk membobol dan mencuri dana milik para nasabah. Jadi, tetaplah bersikap waspada dengan segala kemungkinan yang bisa terjadi.

  • Boros

Karena terlalu mudah mengakses bank digital, terkadang membuat sebagian orang menjadi boros dan tidak terkendali dalam bertransaksi. Jadi, bijaksanalah dalam menggunakan aplikasi bank digital.

Dengan adanya bank digital semuanya memang menjadi lebih mudah dan tentunya lebih cepat, apalagi melakukan transaksi melalui online dapat mengurangi tingkat kejahatan yang marak terjadi saat menarik atau mentransfer dana melalui ATM. Namun, walau segalanya terlihat mudah. Nasabah, baik pelaku bisnis maupun pembeli tetap harus waspada dengan adanya peretasan yang sering terjadi. Selalu gunakan ponsel atau gadget pribadi saat ingin melakukan transaksi, jangan dengan mudah memberikan akses pada orang lain untuk bertransaksi menggunakan bank digital anda.

Download: Aplikasi Bank Digital Senyumku