Pernahkah Anda memiliki ide yang menyala terang di pikiran Anda, tetapi Anda tidak tahu bagaimana memulainya? Sebagian besar pengusaha memiliki. Frustrasi ini bisa sangat penting untuk OEM pemula – Produsen Peralatan Asli yang telah mengembangkan beberapa ide penemuan, gadget atau mesin dan sedang mencari rute terbaik untuk beralih dari tahap ide ke produksi massal.

  1. Identifikasi titik penjualan ide produk Anda sebelum memulai bisnis Anda.

Anda harus bertanya pada diri sendiri “pertanyaan mengapa” besar tentang produk Anda dan merumuskan teori atau konsep dari jawaban Anda. Mengapa Anda ingin menerapkan ide ini? Apa yang ditambahkan ke target pelanggan Anda?

Dengan kata lain, apa nilai jual Anda? Anda tidak dapat menjawab salah satu dari pertanyaan ini tanpa studi pasar yang masuk akal dan masalah apa yang mereka miliki yang dapat Anda pecahkan. Mengidentifikasi nilai diferensiasi Anda ke pasar adalah awal yang baik untuk implementasi, karena itu akan berperan dalam cara Anda memproduksi dan memproduksi massal produk Anda.

  1. Membuat model CAD 3D (desain dengan bantuan komputer).

Bagi sebagian besar OEM, menyelesaikan pembuatan model CAD 3D yang berguna untuk produk Anda adalah setengah dari perjuangan. Ada sejumlah besar perangkat lunak luar biasa yang dapat Anda gunakan untuk mendesain model, sehingga pilihan yang Anda buat akan tergantung pada produk yang Anda buat.

Jika Anda tidak memiliki staf profesional untuk menangani hal ini, Anda dapat mengontraknya untuk memastikan ide Anda terwakili dengan baik. Kesalahan atau kesalahan representasi apa pun yang ada dalam model Anda akan muncul dalam prototipe Anda, jadi Anda harus teliti.

  1. Buat prototipe.

Ada beberapa bisnis yang langsung menuju produksi tanpa membuat prototipe, karena mereka yakin desain mereka sukses. Sebagian besar dari mereka jatuh. Prototyping adalah beban yang harus Anda tanggung jika Anda ingin memastikan bahwa produk Anda anti bocor pada saat memasuki pasar.

Baca juga : 8 Tips Media Sosial untuk Bisnis Kecil

  1. Uji produk Anda secara radikal.

Untuk mengikuti langkah ini, Anda harus memastikan bahwa Anda telah mengikuti langkah 3 pada surat itu dan membangun Minimum Viable Product (MVP). Dalam kata-kata Eric Ries, seorang wirausahawan yang berbasis di Silicon Valley dan penulis The Lean Startup, “Produk minimum yang layak adalah bentuk paling sederhana dari ide Anda bahwa Anda benar-benar dapat menjual sebagai produk.”

  1. Tweak produk Anda.

Ini adalah titik di mana beberapa orang menyerah pada produk mereka sama sekali, tetapi jika ide Anda selamat dari tahap pengujian, mungkin ada beberapa hal yang perlu Anda tweak berdasarkan umpan balik. Inilah saatnya untuk menerapkan perubahan tersebut pada model dan prototipe Anda.

  1. Buat situs web pengujian.

Idenya adalah untuk mendapatkan umpan balik lebih lanjut dan menyiapkan pasar untuk produk Anda. Setelah kata keluar tentang produk Anda, Anda dapat membuat situs web sederhana di mana orang dapat memperoleh informasi tentang produk Anda. Tautkan situs web Anda ke platform media sosial yang relevan untuk memantau kemajuan. Anda biasanya dapat mengetahui apakah suatu produk akan mendapatkan daya tarik dengan jumlah klik-tayang pada iklan.

  1. Waktu untuk memproduksi massal.

Anda memiliki banyak keputusan untuk diambil saat ini. Pertama, Anda perlu memutuskan apakah Anda dapat menangani manufaktur sendiri. Jika startup Anda telah cukup didanai ke titik di mana Anda dapat mengembangkan lini produksi Anda sendiri, maka itu luar biasa. Namun, jika Anda tidak memiliki sarana keuangan, ada beberapa rute lain yang dapat Anda ambil.