brandoutlet.co.id – Masyarakat sangat berharap melalui berbagai lembaga pemerintah agar para pelaku usaha dan umkm dapat memperoleh bantuan pinjaman usaha, karena hal ini sebagai suatu bentuk dukungan bagi perkembangan kegiatan usaha yang ada di masyarakat atau juga bagi para masyarakat yang baru ingin memulai suatu usaha.

Sebagai penyelenggara pemerintahan nasional, lembaga pemerintah mempunyai kewajiban untuk memberikan kontribusi bagi kesejahteraan banyak orang atau masyarakatnya. Yang dirasa menjadi salah satu cara yang paling ideal adalah pendukung kegiatan usaha yang ada di Indonesia dengan memberikan bantuan pinjaman usaha dalam berbagai bentuk dan layanan.

Di tengah pandemi yang masih berlangsung sampai sekarang dan kondisi ekonomi nasional yang belum terlalu pulih seperti sedia kali, membuat Anda harus selalu mempertimbangkan dan berusaha kembali bagaimana agar tetap terus bisa memenuhi kebutuhan saat ini. Memulai suatu usaha atau bisnis bisa menjadi solusi di tengah kesulitan saat ini. Namun, untuk memulai sebuah usaha tentunya membutuhkan modal awal agar Anda segera bisa menjalankan usaha atau bisnis tersebut.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, para pelaku usaha atau calon pelaku usaha dapat merasa lega karena pada pertengah tahun lalu pemerintah telah mengalokasikan bantuan presiden produktif atau biasa disebut bantuan pemerintah untuk usaha mikro untuk usaha kecil atau mikro. Nilai bantuan usaha tersebut senilai 2,4 juta yang diharapkan mampu membantu masyarakat lebih produktif. Bantuan tersebut merupakan salah satu bentuk bantuan dari pemerintah. Namun masih ada lagi jenis bantuan pinjaman usaha dari pemerintah yang bisa Anda manfaatkan.

Keuntungan Mendapatkan Pinjaman Usaha

Pinjaman modal usaha merupakan salah satu bentuk kemudahan dalam memulai usaha yang sangat diminati oleh masyarakat terutama para pelaku usaha. Saat ini, banyak sekali orang yang bersemangat untuk memulai bisnis sendiri biarpun masih ditengah pandemi yang melanda Indonesia.

cara mendapatkan pinjaman usaha pemerintah

Guna mendukung trend semangat berwirausaha ini, pemerintah juga telah menyediakan sederet produk pinjaman usaha yang bisa digunakan oleh masyarakat. Hal ini dirasa akan sangat menguntungkan dan memudahkan para calon pelaku usaha, sehingga mereka bisa segera memulai usahanya untuk mendapatkan keuntungan atau penghasilan. Selain itu dengan banyaknya usaha yang dilakukan oleh pemerintah, maka hal ini juga dapat mengurangi angka pengangguran yang ada di Indonesia.

Cara Mendapatkan Pinjaman Usaha dari Pemerintah

Setidaknya 3 cara yang bisa Anda manfaatkan melalui berbagai jeis produk pinjaman usaha yang sangat cocok untuk Anda yang kesulitan memperoleh modal. Berikut beberapa cara mendapatkan pinjaman usaha dari pemerintah.

· Melalui Program KUR (Kredit Usaha Rakyat)

Cara mendapatkan pinjaman usaha yang paling banyak digunakan oleh masyarakat adalah program KUR kepanjangan dari Kredit Usaha Rakyat. KUR sendiri merupakan salah satu program dari pemerintah yang sudah terselenggara cukup lama dan sudah digunakan oleh banyak masyarakat yang ingin memulai sebuah usaha.

Pemerintah sendiri lewat program KUR sebenarnya mempunyai tujuan yang sangat bagus. Dengan adanya KUR diharapkan bisa menurunkan angka pengangguran dan mampu meningkatkan kondisi ekonomi nasional. Selain itu, melalui program ini pemerintah juga ingin mendorong jiwa berwirausaha masyarakat.

Program  KUR dari pemerintah ini juga mendapat dukungan dari berbagai Bank yang ada di Indonesia. Pemerintah memberikan subsidi suku bunga pada program KUR ini dengan tujuan masyarakat akan merasa beban pinjaman menjadi lebih ringan jika dibandingkan dengan produk pinjaman yang lain.

Baca Juga : 5 Situs Jual Beli Online Terbaik untuk Bisnis Kecil-Kecilan

· Melalui Program Kredit Ultra Mikro

Cara mendapatkan pinjaman usaha dari pemerintah yang berikutnya adalah program Kredit Ultra Mikro. Produk pinjaman ini ditujukan untuk para pelaku usaha atau umumnya masyarakat yang menjalankan bisnis ultra mikro atau bisnis skala kecil. Program pinjaman ini memiliki batas pinjaman maksimal yang bisa Anda dapatkan sebanyak 10 juta. Tingkat bunga yang dibebankan kepada Anda hanya 2 persen sampai dengan 4%, sehingga dirasa cukup ringan.

Namun, cukup banyak syarat yang dibutuhkan untuk mendapat pinjaman usaha Kredit Ultra Mikro ini. Salah satu syarat yang harus Anda lakukan adalah tidak dapat memperoleh kredit cepat jenis lain, seperti Program Kredit Usaha Mikro yang telah disebutkan di atas. Hal ini dikarenakan agar masyarakat tidak terbebani dengan angsuran yang harus dibayarkan.

· Melalui Program dari Berbagai Lembaga Pemerintah

Selain mengajukan pinjaman kredit dari bank konvensional, sebenarnya terdapat banyak cara untuk mendapat pinjaman usaha dari pemerintah. Guna mendorong jiwa berwirausaha masyarakat di Indonesia, pemerintah biasanya menyusun rencana tertentu untuk menyediakan pinjaman usaha yang bisa dimanfaatkan oleh banyak orang.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan pinjaman usaha dari pemerintah, Anda bisa dengan aktif mencari informasi mengenai berbagai program yang dilakukan pemerintah melalui berbagai lembaga seperti Kementrian Sosial, Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif dan Lembaga-Lembaga pemerintahan lainya.