brandoutlet.co.id – Modal usaha merupakan salah satu kunci pengembangan usaha UMKM di Indonesia. Tanpa adanya modal, dapat dipastikan usaha yang kita bangun akan sulit untuk tumbuh dan berkembang, walaupun sebenarnya modal bukanlah satu-satunya cara atau kunci kesuksesan sebuah usaha. Kita sering lupa atau tidak mengetahui bahwa ada banyak cara atau alternative mendapatkan pinjaman atau modal untuk usaha. 

Modal Usaha

Modal usaha adalah dana atau uang yang digunakan untuk melakukan transaksi jual beli yang bertujuan untuk menghasilkan keuntungan dalam bentuk kekayaan dan sebagainya. Modal usaha adalah pemberian dana pinjaman kepada orang atau pelaku usaha yang sedang membutuhkan modal dalam upayanya membentuk sebuah usaha atau sedang dalam pengembangan usaha/bisnis dalam periode waktu tertentu.

modal untuk usaha umkm

Memiliki usaha yang berhasil dan sukses adalah impian setiap orang, namun tidak semua orang memiliki akses kepada modal usaha yang mudah didapat. Di era digital seperti sekarang, hanya dengan sebuah smartphone atau laptop, kita bisa dengan mudah mengajukan pinjaman modal usaha dari berbagai fintek atau pinjaman online, dan kita dapat mengaksesnya kapanpun dan dimanapun.

Berikut beberapa fintek atau aplikasi pinjaman online yang bisa menjadi pilihan permodalan UMKM;

  • Tunaiku

 

Daftar aplikasi pinjaman online yang bisa menjadi pilihan permodalan UMKM  yang pertama adalah Tunaiku. Tunaiku merupakan penyedia pinjaman online OJK atau fintek tanpa jaminan di bawah naungan Bank Amar. 

Tunaiku memberikan kita pinjaman yang bisa dijadikan modal usaha dengan platform mulai dari angka Rp 2 juta, hingga platform yang cukup tinggi di angka Rp 20 juta yang bisa dicicil mulai dari 6 bulan sampai dengan 20 bulan, tanpa agunan. 

Tunaiku juga sudah masuk ke dalam jajarak Fintek atau aplikasi pinjaman online di bawah naungan Otoritas Jasa Keuangan. Membuat kita merasa lebih yakin, tenang dan aman saat akan mengajukan pinjaman modal usaha,

Aplikasi fintek atau pinjaman online Tunaiku memiliki kelebihan dalam proses pengajuan dan pencairan  dana yang tergolong cepat, mudah dan sederhana. Batas usia untuk dapat mengajukan proses pinjaman di Tunaiku mulai dari umur 21 tahun hingga umur 55 tahun, dengan syarat memiliki KTP (Kartu Tanda Penduduk). 

Dengan bunga 3% per bulan, Tunaiku dirasa tidak terlalu memberatkan, sedangkan untuk denda keterlambatan sebesar 0.16% per hari. Untuk area layanan, Tunaiku sudah tersebar di banyak kota besar di Indonesia, seperti di Jabodetabek, Surabaya, Bandung, Semarang, Daerah Istimewa Yogyakarta,  Sidoarjo, Gresik, Denpasar, Medan, Palembang, Pekanbaru, Makassar dan beberapa kota lainya.

Baca Juga : Membangun Bisnis Kecil dengan Pinjaman Tanpa Agunan Online

  • Kredit Pintar

 

Daftar aplikasi pinjaman online yang bisa menjadi pilihan permodalan UMKM berikutnya adalah Kredit Pintar. Pinjaman online / Fintek berbasis aplikasi ini cukup mudah digunakan saat kita melakukan proses pengajuan dana untuk modal usaha. Proses pengajuan pinjaman/dana usaha bisa dimulai dengan mendaftarkan akun di aplikasi Kredit Pintar, dan selanjutnya mengisi data diri, nomor rekening, menyertakan dokumen seperti KTP serta foto diri atau selfie, dan menunggu proses verifikasi. 

Usia minimal untuk dapat mengajukan pinjaman/modal usaha di Kredit Pintar yaitu 18 tahun, dengan jumlah pinjaman mulai dari Rp 500 ribu sampai dengan Rp 8 juta, dengan pilihan cicilan atau tenor mulai dari 2 bulan sampai 12 bulan. Syarat mengajukan modal usaha / pinjaman dana di Kredit pintar cukup dengan KTP dan mempunyai penghasilan yang tetap. Layanan pinjaman online Kredit Pintar juga sudah tersedia di berbagai kota di Indonesia.

  • Julo

 

Daftar aplikasi penyedia pinjaman online yang bisa menjadi pilihan permodalan UMKM untuk nomor tiga adalah Julo. Aplikasi Fintek penyedia pinjaman yang satu ini menawarkan pinjaman tanpa jaminan dengan beberapa varian atau jenis produk kredit. Mulai dari Julo Mini, dengan jumlah pinjaman sebesar Rp 1 juta dengan tenor 30 hari. 

pinjaman online untuk modal umkm

Julo Cicilan, dengan jumlah pinjaman sebesar Rp 8 juta dengan tenor mulai dari 3 bulan sampai dengan 6 bulan. Dan yang terakhir adalah Julo Agunan, kredit dengan jaminan berupa BPKB kendaran, Sertifikat tanah, Sertifikat Rumah atau Sertifikat Apartemen. Produk pinjaman di atas bisa disesuaikan dengan bentuk dan besar usaha yang ingin kita mulai.

Proses pengajuan pinjaman modal usaha dimulai dengan mengisi data di aplikasi, setelah itu Julo akan menampilkan rekomendasi  plafond pinjaman, bunga, dan tenor masa pinjaman. Kemudian kita diminta untuk menentukan jumlah pinjaman yang didapat dari hasil credit scoring aplikasi tersebut.

  • Modalku

 

Modalku adalah Fintek atau aplikasi pinjaman online yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan. Pinjaman dana di Modalku sesuai dengan bentuk usaha kecil dan juga usaha menengah. Dengan wilayah operasional di berbagai kota di Indonesia, seperti Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, dan Surabaya.

Modalku menawarkan dua jenis variasi pinjaman modal usaha. Yang pertama yaitu produk pembiayaan modal usaha dengan nilai pinjaman mulai dari Rp 50 Juta hingga Rp 2 Miliar dengan tenor mulai dari 3 bulan sampai 24 Bulan, dengan proses pengajuan selama kurang lebih empat hari kerja. Dan produk yang kedua adalah Pembiayaan Invoice, dengan plafon pinjaman sampai Rp 2 Miliar dengan tenor sampai 90 hari, tanpa jaminan.