brandoutlet.co.id – skuter dengan tenaga listrik harus dirawat dengan baik agar tetap memiliki performa tinggi. Berikut tips merawat skuter listrik wajib anda ketahui.

Sepeda listrik saat ini sudah begitu banyak digunakan oleh masyarakat. Bahkan, perkembangan dari sepeda ini berjalan dengan begitu cepat. Skuter listrik menawarkan penggunaan yang lebih efisien dengan fasilitas lengkap. Dua sisi fungsi baik untuk berkendara manual maupun otomatis dapat dilakukan. Penting, bagi anda untuk melakukan perawatan dengan benar. Yuk, ketahui tips merawat skuter listrik agar nyaman dan aman digunakan.

Skuter listrik

Penggunaan sepeda listrik saat ini diklaim sudah sangat populer. Bahkan, lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan sepeda motor. Hanya saja,untuk kecepatannya memang tidak bisa terlalu tinggi Meskipun begitu, sudah sangat membantu dalam berbagai macam kebutuhan. Perawatan dari skuter harus dilakukan dengan benar agar berkualitas. Bagaimana cara merawat skuter listrik yang benar? Baca terus artikel berikut ini.

Tips Merawat Skuter Listrik Agar Tetap Berkualitas

Banyak sekali hal yang perlu dilakukan dalam perawatan skuter listrik agar nyaman digunakan. Inilah beberapa tips tersebut:

1.       Pastikan Kondisi Baterai Terpenuhi

Tidak banyak yang menyadarinya bahwa baterai dari sepeda ini harus tetap memiliki daya. Mengapa demikian? Karena, jika terus menerus dalam kondisi kosong dapat menyebabkan kerusakan pada baterai. Terutama, dapat membuat baterai menjadi drop.

Kondisi baterai yang bagus yaitu memiliki daya kurang lebih 50% dari daya tampungnya. Jika sudah lebih dari angka tersebut, maka sangat disarankan untuk segera melakukan pengisian daya. Terlebih, jangan pernah meninggalkan dalam kondisi baterai kosong. Jika rusak,anda harus menggantinya dengan yang baru.

2.       Cek Pada Bagian Rem

Tidak kalah pentingnya, bagi anda untuk selalu memperhatikan bagian rem. Karena, rem yang tidak berfungsi dengan baik justru dapat mengurangi kinerja dari skuter. Bahkan, dapat melakukan pemborosan pada daya baterai anda.

Kapan waktu terbaik untuk melakukan cek rem? Yaitu 1 bulan sekali. Bahkan, sangat disarankan untuk dapat melakukan pergantian maksimal 3 bulan sekali.Karena, kenyamanan dan keamanan berkendara merupakan hal yang penting.

3.       Pengisian Daya Baterai Tidak Berlebihan

Perlu anda ingat, bahwa daya baterai yang diisi harus sesuai pada ketentuannya. Karena, jika berlebihan dapat merusak kinerja dari baterai tersebut. Bahkan, bisa menyebabkan baterai menjadi mati total. Padahal, harga baterai sepeda listrik sendiri cukup mahal.

Untuk waktu maksimal melakukan pengisian kurang lebih 4 jam dengan asumsi baterai 36V. Jika anda memiliki baterai yang lebih atau kurang dari angka tersebut maka dapat disesuaikan. Pastikan, bahwa pengisian baterai selalu dalam kondisi baik.

4.       Hindari Tanjakan

Sepeda listrik memang sangat berbeda dengan motor. Untuk itu, sangat penting untuk menghindari tanjakan. Bagaimana jika ingin melalui tanjakan? Solusi terbaiknya yaitu dengan mendorong skuter untuk sementara.

Karena, jika dipaksakan akan dapat merusak mesin skuter. Dimana, skuter memiliki daya kecepatan yang tidak terlalu tinggi. Bahkan, beberapa skuter hanya dapat menempuh kecepatan 20 Km/jam saja.

5.       Bersihkan Secara Berkala

Setelah menggunakannya secara rutin, alangkah baiknya untuk melakukan pembersihan. Dimana, pembersihan berguna dalam menghilangkan kotoran ataupun oil yang bisa saja menempel di skuter.

Baca juga : Jual Sheet Pile Beton Jabodetabek Harga Termurah 2019 di MegaconPerkasa.com ☎ (021) 2957 2295

Membersihkan skuter tidak harus dilakukan secara sering, hanya saja minimal 1 minggu sekali. Selain itu, jika skuter dalam kondisi yang berdebu juga akan kurang nyaman saat digunakan. Jadi, bersihkan dengan rutin ya !

Begitulah tips merawat skuter listrik yang benar. Dalam perawatannya jelas harus menggunakan prosedur yang sesuai. Selain itu, penggunaan skuter listrik otomatis juga tidak boleh secara berlebihan. Semoga bermanfaat !