brandoutlet.co.id – Pemerintah RI sangat memperhatikan perkembangan dan kemajuan dari usaha kecil menengah. Berbagai program bantuan pun mulai dilaksanakan untuk mendorong para pemilik UKM lebih maju dan lebih mampu melakukan ekspansi terhadap bisnisnya. Seperti yang terjadi pada tahun 2020 lalu, sudah banyak sekali UKM yang diikutkan dalam program banpres (bantuan presiden). 

Sayangnya saat ini perekonomian Indonesia sedang melemah akibat masa pandemi Covid-19 yang berlarut-larut, hal serupa juga terjadi pada negara-negara di dunia lainnya. Kondisi ini tentunya sangat mempengaruhi daya beli masyarakat yang juga ikut turun akibat terbatasnya kegiatan. Mau tidak mau, para pemilik usaha kecil menengah harus menemukan cara baru dalam menjual produk atau jasanya selama kondisi tersebut. 

Untuk merealisasikan strategi penjualan baru dan memastikannya mampu berjalan dengan baik, pemerintah tentu menyediakan tambahan modal segar dalam bentuk BLT (Bantuan Langsung Tunai) kepada para UKM ini. Seperti yang telah terlaksana pada bulan Desember 2020 lalu, dimana sejumlah UKM yang memenuhi syarat akan diberi pendanaan modal dari program banpres.

Total BLT yang diterima masing-masing pemilik usaha kecil menengah dari program ini ditaksir mencapai Rp. 2.400.000. Sayangnya belum semua wilayah di Indonesia dimasukkan dalam program bantuan presiden. Pemerintah RI lebih mengutamakan wilayah Indonesia Timur seperti NTT, Maluku dan Kalimantan. Tentunya para UKM juga tidak semudah itu lolos dalam proses seleksi pemberian BLT yang sangat ketat ini. 

Sekarang Anda tidak perlu lagi bergantung kepada program bantuan tersebut, karena dana segar yang dibutuhkan untuk permodalan usaha bisa diperoleh dari kredit pinjaman online. Menggunakan kredit pinjaman online sebagai modal usaha dapat membantu Anda menjalankan strategi penjualan baru dan memastikannya berjalan lebih baik. Anda juga punya cukup modal untuk menemukan ide bisnis lain, yang sekiranya dapat berkembang di situasi sulit seperti pandemi Covid-19 ini. 

Ingin mengajukan kredit untuk bisnis kecil menengah Anda? Berikut ada beberapa rekomendasi pilihan kredit pinjaman cepat cair yang cocok digunakan sebagai modal usaha. Silahkan tentukan sendiri. 

Jenis-Jenis Kredit UKM sebagai Sumber Permodalan

Berikut ini masing-masing penjelasan dari jenis-jenis kredit UKM sebagai sumber permodalan:

1. Berdasarkan Kegunaan

Ada 2 jenis penggolongan kredit UKM berdasarkan kegunaanya, yaitu sebagai modal kerja dan investasi. Jika ingin mendapatkan sumber permodalan usaha, Anda dapat memilih kredit modal kerja yang memiliki jangka waktu minimal 1 tahun. Kredit jenis ini banyak ditawarkan oleh leasing maupun bank yang khusus menyediakan program bantuan pinjaman kepada pemilik usaha kecil menengah. 

kredit ukm sumber permodalan

Selain itu, juga tersedia kredit jenis investasi dengan fasilitas-fasilitas yang dapat membantu pemilik UKM mengembangkn bisnisnya. Jenis kredit ini lebih cocok dimanfaatkan oleh bisnis yang sudah berjalan dalam kurun waktu lama. Pihak kreditur juga biasanya memberikan jangka waktu kredit yang bisa disesuaikan pihak peminjam secara fleksibel. 

Baca Juga : Pilihan E-Commerce yang Bisa Dipilih Untuk Ekspansi Bisnis

2. Berdasarkan Jaminan

Kredit berdasarkan jaminan digolongkan menjadi dua jenis, yaitu kredit jaminan dan kredit tanpa agunan. Masing-masing jenis kredit jaminan ini memiliki kekurangan dan kelebihan. Untuk kredit jaminan, para pemilik UKM baru bisa mendapat permodalan setelah menjamin aset-asetnya ke pihak pemberi pinjaman. Aset yang dijadikan barang jaminan juga harus memiliki nilai setara dengan jumlah kredit yang diajukan, seperti tanah, kendaraan, rumah dan lain sebagainya. Untungnya jenis kredit ini memberikan keringanan berupa bunga cicilan rendah dan jangka waktu pengembalian yang panjang. 

Sedangkan untuk kredit tanpa agunan (KTA) memiliki sistem pinjaman yang berbeda 180 derajat dari jenis satunya. Anda bisa bebas mengajukan pinjaman tanpa harus takut aset akan disita pihak kreditur, sebab tidak ada aset berharga yang menjadi syarat awal mengajukan pinjaman di sini. 

5 Pilihan Kredit Untuk UKM, Bisa Online dan Cepat Cair

1. Kredivo

Platform pinjaman ini bisa jadi alternatif terbaik jika usaha kecil menengah Anda tidak lolos seleksi BLT senilai Rp. 2.400.000. Jadi, besarnya nilai kredit nanti akan ditentukan oleh profil finansial si peminjam. Total dana pinjaman yang bisa diperoleh dalam bentuk uang tunai disini mencapai Rp. 30.000.000, dengan bunga perbulan 2,6% dan pilihan masa tenor 30 hari – 6 bulan.

2. JULO

Selain Kredivo, platfom pinjamanan berbasis online bernama JULO juga dapat jadi alternatif terbaik. Anda bisa mengajukan nilai kredit mulai dari Rp. 500.000 – Rp. 8.000.000 dalam sekali pinjaman. Untuk bunganya sendiri perhari akan dikenakan 0,33%.

3. Uang Teman

Uang Teman adalah produk kredit pinjaman tanpa agunan yang dapat memberi modal usaha hingga Rp. 3.000.000. Kredit ini cocok untuk bisnis kecil-kecilan, karena selain bunganya yang hanya 0,8% per hari, Anda juga dapat lebih cepat mengembalikan pinjaman dalam kurun waktu 30 hari.

4. Kredit Pintar

Dapatkan modal usaha mulai dari Rp. 500.0000 – Rp. 2.000.000 dalam kurun waktu kurang dari 24 jam. Kredit Pintar juga akan membebaskan Anda memilih masa pengembalian pinjaman, maksimal paling lama 3 bulan dengan bunga per harinya 0,56%.

5. Tunaiku

Para pemilik usaha kecil menengah dapat mengajukan pinjaman dana hingga Rp. 20.000.000 di aplikasi Tunaiku yang cepat cair. Sangat cocok dijadikan sebagai sumber permodalan ekspansi bisnis karena pilihan masa tenornya yang cukup panjang.