Mempunyai usaha yang produktif pasti menjadi  idaman setiap orang. Butuh kerja keras dan juga keuletan untuk menuju sukses dalam membangun sebuah usaha. Hanya saja ketika akan memulai sebuah usaha, kita sering terbentur dengan kurangnya modal yang membuat usaha kita sulit untuk berkembang. 

Ada banyak cara untuk mendapatkan suntikan modal  untuk mengembagkan usaha kita. Salah satu caranya adalah dengan mengajukan KUR. KUR atau kredit usaha rakyat ini adalah program dari pemerintah untuk mendukung umkm dalam menjalankan usaha masyarakat agar semakin maju. Dukungan suntikan modal diberikan kepada usaha-usaha kecil yang produktif untuk meningkatkan kapasitas usaha dan mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih baik serta bertambahnya penyerapan untuk tenaga kerja yang akan membuat geliat ekonomi akan menjadi lebih baik. 

Dalam usaha mendukung program dari pemerintah dalam membantu UMKM, ada beberapa bank yang menawarkan Program KUR yang bisa menjadi pilihan untuk mencaripinjaman suntikan modal. Salah satu bank yang menawarkan program KUR untuk UMKM  adalah Bank Mandiri. Bank Mandiri menyediakan tiga jenis program KUR yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan untuk usaha kita. Program KUR yang ditawarkan oleh bank Mandiri antara lain:

  • KUR Mikro

KUR Mikro adalah salah satu program pinjaman yang paling diminati dari Bank Mandiri. Nominal pinjaman yang ditawarkan bisa mencapai angka maksimal 25 juta rupiah. Kelebihan dari KUR Mikro ini adalah suku bunganya yang rendah sehingga tidak memberatkan bagi para debitur yang mengajukan KUR Mikro.

Untuk program pinjaman KUR Mikro, tenor yang ditawarkan adalah 1 sampai 3 tahun dengan peruntukan modal kerja dan maksimal 5 tahun apabila dipeuntukkan sebagai investasi. 

  • KUR TKI

KUR TKI adalah program pinjaman yang ditawarkan oleh Bank Mandiri yang dikhususkan untuk para calon tenaga kerja Indonesia yang akan mempersiapkan keberangkatan untuk bekerja di luar negeri. Jumlah pinjaman maksimal yang ditawarkan sama dengan KUR MIkro yaitu 25 juta rupiah. 

Tenor yang ditawarkan pada program KUR TKI ini adalah maksimal tiga tahun atau sesuai dengan kontrak kerja yang disepakati dan tidak melebihi tiga tahun.

  • KUR Kecil

KUR kecil atau sering juga disebut KUR Ritel adalah program pinjaman modal kerja atau investasi yang ditawarkan oleh Bank Mandiri dengan nominal pinjaman diatas 25 juta rupiah dengan batas maksimal hingga 500 juta rupiah. 

Untuk program KUR Kecil atau KUR Retail ini, tenor yang ditawarkan hingga 4 tahun untuk modal kerja dan maksimal 5 tahun bila diperuntukkan sebagai investasi.

Cara mendapatkan modal dari Kredit Usaha Rakyat (KUR) Mandiri

Ada beberapa ketentuan dan syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan modal dari KUR Mandiri. Ketentuan untuk pengajuan pinjaman pada KUR Mandiri adalah sebagai berikut:

Ketentuan Umum pengajuan Kredit Usaha Rakyat 

  1. Calon pemohon pinjaman KUR adalah warga Negara Indonesia.
  2. Usia minimal saat mengajukan KUR adalah 21 tahun atau sudah menikah. Sedangkan pada KUR TKI usia minimal pengajuan KUR adalah 18 tahun.
  3. Memiliki usaha yang sudah berjalan minimal 6 bulan dan juga sudah mengantongi surat izin usaha.
  4. Tidak sedang memiliki kredit/hutang pembiayaan di bank Mandiri ataupun jasa perbankan yang lain. 

Adapun syarat yang harus dilengkapi untuk pengajuan Kredit Usaha Rakyat Mandiri adalah sebagai berikut:

  1. Mengisi formulir pengajuan KUR
  2. identitas diri berupa:
  • fotokopi kartu tanda penduduk elektronik (E-KTP)
  • fotokopi Kartu Keluarga (C1)
  • fotokopi surat nikah ataupun cerai bagi mereka yang sudah menikah atau bercerai
  • foto diri 
  1. Surat legalitas usaha atau surat ijin usaha yang diterbitkan oleh pemerintah
  2. Fotokopi bukti legalitas agunan 
  3. Pada KUR TKI melampirkan 
  • surat bukti penempatan kerja dari perusahaan penyalur tenaga kerja.
  • Surat bukti kesepakatan dengan pengguna tenaga kerja
  1. Untuk Kredit Usaha Mikro, calon debitur setuju untuk mengagunkan usahanya dan juga menyiapkan agunan tambahan apabila diperlukan.
  2. Melampirkan Fotokopi NPWP apabila kredit yang diajukan lebihb dari 50 juta rupiah.

Setelah semua syarat dan ketentuan dilengkapi, akan ada wawancara seputar usaha yang kita jalankan dan juga survey kelayakan yang dilakukan oleh pihak bank untuk pertimbangan persetujuan kredit yang kita ajukan. Proses persetujuan tersebut biasanya memakan waktu sekitar 7 hari kerja. Apabila pengajuan kredit kita disetujui, maka dana segar akan segera cair untuk menjadi suntikan modal pada usaha kita. 

Itulah cara yang harus ditempuh untuk mendapatkan modal dari KUR Mandiri. Dengan pengajuan pinjaman di KUR Mandiri, kita bisa mendapat suntikan dana segar yang bisa sebagai modal untuk mengembangkan usaha kita agar semakin produktif dan berkembang agar mampu bersaing untuk menggeliatkan ekonomi Indonesia.