brandoutlet.co.id – Indonesia merupakan negara kepulauan dengan hasil laut yang melimpah. Tidak hanya ikan, tangkapan udang pun juga sama melimpahnya. Potensi tersebut pastinya akan sangat menguntungkan jika dijadikan bisnis, salah satunya adalah bisnis kerupuk udang. Untuk orang Indonesia makan tidak akan nikmat jika tidak ada kerupuk. Sehingga peluang bisnis satu ini masih lah terbuka lebar. Sebelum itu, ada baiknya jika Anda tahu lebih dulu tips memulai usaha keripik udang yang enak ini.

Tips Sukses Dalam Memulai Bisnis Usaha Kerupuk Udang yang Enak

  1. Niat dan Yakin

Berbisnis kerupuk udang bisa dikatakan gampang gampang susah, namun hal tersebut tergantung sesuai pandangan dari masing masing individu pelaku bisnis.

usaha kerupuk udang

Tetapi perlu diketahui, yang paling penting adalah memiliki niat dan kemampuan untuk terus belajar, serta memiliki keinginan terus mengembangkan usaha. Untuk itu, buatlah rencana yang matang sebelum benar benar memulai bisnis. Pasalnya jika tak ada planning yang tepat, bisa saja mengalami kegagalan.

  1. Lokasi dan Prospek

Sebelum memulai bisnis, maka ada baiknya mencari lokasi yang strategis terlebih dahulu. Selalu perhatikan lingkungan tempat tinggal, apakah sudah cukup strategi untuk memulai usaha. Selain itu, juga lihatlah ekonomi masyarakat sekitar. Sebab perekonomian juga memiliki pengaruh terhadap hasil pemasaran produk nantinya. Untuk itu, ada baiknya melakukan survey lokasi terlebih dahulu. Apakah di tempat tersebut memiliki prospek yang bagus untuk memulai bisnis atau tidak.

  1. Modal

Modal adalah elemen paling penting saat memulai bisnis. Dimana modal tersebut tidaklah hanya dana semata, tetapi juga harus modal skill atau kemampuan, modal pengetahuan, modal relasi dan jaringan, modal materi, serta modal niat dan keberanian untuk memulai usaha. Bahkan pelaku bisnis juga harus memiliki keberanian untuk menerima kenyataan yang paling buruk, yakni kegagalan. Namun meski begitu, modal dana tetaplah yang harus diperhatikan dan disiapkan dengan matang.

  1. Bahan

Selain dana, hal yang penting untuk diperhatikan adalah ketersediaan bahan baku. Pasalnya saat bahan baku di sekitar lingkungan usaha sangat sulit didapatkan ataupun memiliki harga yang begitu mahal, tentu saja sangat merugikan. Sehingga Anda perlu membuat rencana untuk mengantisipasi saat kebutuhan bahan baku banyak serta banyak konsumen yang membeli kerupuk udang.

Baca Juga : Rahasia Sukses UKM Keripik Apel Malang

  1. Belajar Dari Orang yang Berpengalaman

Membuat kerupuk udang memang terbilang mudah, namun ada hal penting yang harus dipenuhi agar laku di pasaran. Yaitu kerupuk haruslah enak, gurih, lezat, dan juga nikmat. Yang artinya, hal yang membuat kerupuk laku adalah cita rasa yang sudah Anda ciptakan. Lalu apa yang harus dilakukan? Cobalah untuk belajar dari orang yang lebih berpengalaman dalam membuat kerupuk udang, sebab hal tersebut memiliki pengaruh pada hasil cita rasa kerupuk nantinya.

Selain belajar dari orang yang berpengalaman, jangan pernah menyerah dalam melakukan trial and error. Dalam menciptakan sebuah produk, tidak sedikit pengusaha sukses yang mengalami kegagalan lebih dulu, tidak hanya sekali atau dua kali tetapi berkali kali. Namun mereka tidak pernah lelah untuk mencoba kembali, hingga mendapatkan produk yang sesuai. Sehingga saat cita rasa kerupuk yang Anda produksi terasa belum sesuai, jangan menyerah terlebih dahulu sebelum mendapatkan rasa yang enak.

  1. Promosi dan Pemasaran

Saat akan memulai bisnis, maka jangan lupa melakukan promosi. Pasalnya hal tersebut akanĀ  memengaruhi hasil laba yang nantinya akan diperoleh. Sehingga saat produk dipasarkan dengan baik dan segmen pasar semakin luas, maka laba yang didapatkan pun akan semakin besar. Promosi tersebut dapat dilakukan secara offline maupun online, semakin sering promosi dilakukan maka semakin banyak juga orang yang tahu dengan produk Anda.

promosi bisnis kerupuk udang

Ada banyak cara promosi offline yang bisa dilakukan seperti membuat banner, stiker, serta brosur yang kemudian dibagikan di jalan, rumah, atau tempat strategis lain. Sedangkan promosi online dapat dilakukan dengan membuat website serta toko online, kemudian memasarkan produk di website serta media sosial. Tentunya promosi tersebut dilakukan dengan teknik yang tepat dan telah dimatangkan.

  1. Memiliki Brand atau Merek Pribadi

Untuk mendukung promosi bisnis, brand atau merek memiliki peranan yang sangat penting. Untuk itu, ada baiknya membuat merek yang mudah diingat oleh masyarakat luas sehingga produk kerupuk udang milik Anda akan semakin disukai. Selain itu, jangan lupa membuat kemasan menjadi menarik agar banyak orang merasa penasaran kemudian tertarik mencoba. Namun tentu saja, hal tersebut tergantung dengan cita rasa produk kerupuk udang.

Itulah beberapa tips yang perlu diketahui dalam memulai bisnis kerupuk udang. Perlu diingat, yang paling penting dari bisnis kerupuk ini adalah cita rasa dari kerupuk itu sendiri. Saat kerupuk terasa enak, maka pembeli akan selalu berdatangan. Meskipun begitu, jangan menyepelekan aspek yang lain. Semoga ulasan ini dapat membantu dan selamat mencoba bisnis kerupuk udang.