brandoutlet.co.id – Ketika modal untuk membangun usaha masih kurang, maka salah satu cara yang dapat dilakukan adalah mengajukan pinjaman. Di saat bank menolak pengajuan tersebut, pinjaman online menjadi solusi yang paling cepat. Meskipun memiliki banyak kelebihan dengan penawaran yang menggiurkan, namun ada baiknya memilih pinjaman modal yang aman dan terpercaya. Berikut tips memilih pinjaman modal usaha yang aman dan terpercaya secara online yang perlu Anda ketahui.

Tips Dalam Memilih Pinjaman Modal Bisnis yang Aman dan Terpercaya Secara Online

  1. Terdaftar OJK

OJK atau Otoritas Jasa Keuangan merupakan sebuah lembaga dengan fungsi, tugas, serta wewenang dalam pengaturan, pengawasan, pemeriksaan, dan penyidikan terhadap keseluruhan kegiatan sektor jasa keuangan. Dimana pinjaman online merupakan salah satu produk yang juga turut dalam pengawasan OJK. Sehingga dalam memilih pinjaman yang terpercaya dan aman adalah dengan memperhatikan nama perusahaan pinjaman terlebih dahulu.

terdaftar di OJK

Dimana dapat dilakukan dengan cara mengecek terlebih dahulu apakah penyedia telah terdaftar di OJK. Pasalnya OJK memiliki daftar khusus penyedia pinjaman online terpercaya dan aman. Jadi ketika menemukan penyedia pinjaman online belum terdaftar di OJK, maka patut untuk mencurigai keamanan perusahaan itu. Untuk itu, sebaiknya dihindari dan jangan sampai melakukan pinjaman online pada penyedia tersebut.

  1. Persyaratan yang Masuk Akal

Selain terdaftar di OJK, pinjaman online yang aman dan terpercaya biasanya akan memiliki persyaratan yang mudah namun tetap masuk akal. Biasanya persyaratan yang paling diperlukan adalah foto copy e-KTP calon debitur, kemudian dilengkapi dengan NPWP, bukti transaksi rekening bank selama 3 bulan terakhir, bukti riwayat kredit sebelumnya (jika calon debitur pernah meminjam dana sebelumnya), serta SIUP bagi calon debitur yang merupakan pengusaha.

Namun banyak orang yang menyepelekan tips satu ini, padahal mengetahui persyaratan adalah hal yang sangat penting. Pasalnya ada beberapa penyedia pinjaman online yang memberikan persyaratan mudah ataupun tidak masuk akal. Sehingga ada baiknya Anda sebagai calon debitur tidak tergiur dengan iming iming syarat mudah, sebab ada kemungkinan jika penyedia pinjaman tersebut ilegal dan tidak aman.

Baca Juga : Tips Memulai Usaha Kerupuk Udang yang Enak

  1. Transparan Dengan Besaran Bunga yang Diberikan

Anda perlu tahu, pinjaman online yang terpercaya dan aman akan sangat terbuka terkait dengan proses pengajuan pinjaman yang jelas, serta transparan dengan besaran harga. Tidak hanya itu, pihak penyedia pinjaman juga akan menjelaskan mengenai waktu atau tempo pembayaran, hingga beberapa hal yang bisa mengakibatkan pengambilan aset maupun cara penagihan pada debitur.

Dengan adanya transparansi, calon debitur akan mengetahui berapa besaran tagihan setelah bunga. Selain itu, juga akan tahu jika ada bunga yang tiba tiba mengalami kenaikan dalam waktu tertentu. Penyedia pinjaman online yang terpercaya serta aman akan memiliki prosedur peminjaman dan penagihan yang baik, sehingga tidak akan mengganggu privasi nasabah dan orang orang terdekatnya.

Pasalnya data pribadi seperti daftar kontak di ponsel, tidak sembarangan akan dihubungi oleh pihak penyedia pinjaman untuk menagih hutang. Seperti yang diketahui, sudah banyak kasus dimana banyak penyedia pinjaman online yang mengakses data kontak telepon ponsel, riwayat panggilan ponsel, serta data pribadi lainnya milik nasabah. Tentu saja tindakan tersebut sangat mengganggu.

  1. Memiliki Situs Resmi

Agar tidak salah memilih pinjaman, maka ada baiknya pastikan terlebih dahulu bahwa perusahaan tersebut juga memiliki situs resmi. Biasanya situs tersebut akan sedikit informatif, karena selain menampilkan jenis produk pinjaman juga akan ada kontak serta alamat perusahaan yang jelas dan sudah pasti bisa dikunjungi oleh calon debitur. Dimana dengan adanya hal tersebut sudah bisa dipastikan bahwa penyedia pinjaman aman juga terpercaya.

memiliki situs resmi dan alamat yang jelas

Jika Anda menemukan adanya penyedia pinjaman yang tidak memiliki situs, maka patut curiga dan sebaiknya dihindari. Kemudian jika menemukan pinjaman online memiliki situs, namun tidak terdaftar di OJK juga perlu dicurigai. Pasalnya ada sebagian penyedia ilegal yang juga menyediakan situs untuk membuat calon nasabah percaya. Namun perlu diketahui bahwa sebagian situs tersebut tidak dicantumkan alamat yang jelas, sebab mereka ingin sembunyi dengan sangat baik.

  1. Memiliki Kontak yang Jelas

Tips penting yang perlu Anda ketahui selanjutnya adalah keharusan mengetahui kontak perusahaan dari penyedia pinjaman online. Yang dimulai dari nomor customer service, nomor kantor pusat, dan nomor nomor penting lainnya. Saat Anda menemukan penyedia pinjaman yang mencantumkan nomor nomor penting tersebut, maka ada baiknya tidak jadi mengajukan pinjaman dan ganti perusahaan lain.

Itulah beberapa tips penting yang perlu Anda ketahui saat memilih perusahaan penyedia pinjaman usaha yang aman dan terpercaya secara online. Penyedia pinjaman secara online memang ada banyak, namun tidak sedikitĀ  dari perusahaan tersebut yang ilegal. Dan akibatnya, sering kali terjadi penipuan seperti bunga yang tiba tiba melambung tinggi hingga menyebabkan penyitaan aset karena debitur tidak sanggup membayar. Jadi, ada baiknya berhati hati dalam memilih.