brandoutlet.co.id – Menjalankan UKM atau usaha kecil menengah memang tidaklah mudah, apalagi jika berkaitan dengan urusan keuangan termasuk di dalamnya adalah modal. Memiliki modal merupakan hal paling utama yang harus disediakan oleh pelaku usaha. Namun, bagi Anda yang memang membutuhkan modal, ada beberapa sumber yang bisa dimanfaatkan salah satunya adalah Kredit Tanpa Agunan atau KTA. 

KTA ini seperti namanya, di mana sebagai peminjam Anda tidak perlu menggunakan jaminan apapun. Hampir semua bank bahkan lembaga pinjaman online yang memberikan program KTA. Tapi tentu saja menggunakan modal KTA online harus benar-benar dikelola dengan baik. Sebelum mengenal tipsnya, sebenarnya apa saja keuntungan dari mengajukan modal KTA online ini. 

Keuntungan Pinjaman KTA Online 

Di zaman serba digital ini sendiri pinjaman online semakin menjamur, dimana lembaga resmi pinjaman online biasanya memberikan program KTA yang sangat membantu. Sebenarnya apa saja keuntungan dari KTA online ini untuk UKM? Mari simak penjelasan berikut ini: 

  • Syarat tidak sulit 

Keuntungan pertama memilih mengajukan KTA online sendiri adalah syarat yang diberikan tidaklah sulit. Biasanya lembaga hanya akan meminta identitas diri, kartu keluarga, dan nomor kartu kredit jika ada. Disini Anda hanya perlu mengisi data yang diminta secara online dan juga menunggu verifikasi bahwa permohonan diterima. 

  • Masa pencairan cepat 

Tidak hanya itu saja keuntungan yang dapat Anda terima ketika berhasil mengajukan KTA. Proses pinjaman modal yang satu ini biasanya sangat cepat dalam melakukan pencairan.

kelola keuangan umkm dengan pinjaman kta online

Paling lama yang diperlukan untuk mencairkan dana pinjaman adalah 1 minggu, bahkan ada beberapa lembaga yang mencairkan dana hanya 3 hari saja. 

  • Hampir semua bank menyediakan KTA 

Keuntungan lainnya adalah Anda tidak perlu sulit mencari lembaga atau bank mana saja yang memiliki program ini. Karena hampir semua bank sekarang memberikan program yang satu ini dengan syarat mudah dan cepat. Namun, Anda perlu melihat bunga yang diterapkan karena setiap bank memiliki ketetapan bunga KTA yang berbeda-beda. 

Melihat keuntungan dari pinjaman modal KTA ini tentu saja sangat menggiurkan karena selama masih WNI maka Anda ada dapat mencoba mengajukannya. Namun, tentu saja Anda tidak boleh gegabah apalagi jika KTA ini digunakan untuk modal usaha kecil menengah Anda. Di mana tentu saja Anda perlu mengetahui tips apa saja yang bisa dilakukan untuk mengelola keuangan usaha. 

Baca Juga : Ini Cara Dapatkan Bantuan UMKM dari Pemerintah di Masa Pandemi

Tips Kelola Keuangan UKM Bermodal KTA Online 

Karena bunga yang diberikan KTA biasanya lebih besar dari peminjaman modal lainnya, maka Anda harus benar-benar mengetahui bagaimana cara mengatur keuangan. Berikut ini ada beberapa tips tentang manajemen finansial agar UKM dapat terus berjalan dan pembayaran pinjaman dapat dilakukan dengan baik. berikut ini adalah tipsnya: 

  • Pisahkan uang pribadi dan usaha 

Tips pertama yang perlu untuk Anda lakukan adalah dengan memisahkan uang pribadi dengan uang dari usaha. Uang usaha yang harus dipisahkan adalah dari untung dan juga modalnya. Dengan memisahkan ini, maka uang tidak akan tercampur dan uang untuk usaha tidak terpakai dengan sembrono. 

Kebanyakan pengusaha pemula biasanya mencampur uang bisnis ini, di mana akhirnya mereka akan bingung dan membuat keuangan menjadi lebih berantakan. Ada baiknya Anda menggunakan dua rekening yang berbeda untuk memudahkan Anda untuk mengatur uang pribadi dan juga uang bisnis. 

  • Catat semua uang yang digunakan 

Setelah memisahkan antara uang pribadi dan uang usaha, selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah mencatat semua uang telah digunakan. Dengan melakukan pencatatan yang terperinci maka Anda akan mengetahui ke mana saja uang modal telah digunakan. 

Anda tidak boleh lupa mencatat pengeluaran paling terkecil, karena ini sangat penting agar perhitungan penggunaan uang dihitung dengan tepat. Sekali lagi, pencatatan yang terperinci akan memudahkan Anda untuk mengatur semua masalah keuangan. 

  • Catat semua uang masuk dan keluar 

Setelah menghitung uang yang telah digunakan, maka selanjutnya Anda harus mencatat uang masuk dan keluar. Bagian ini sendiri sering kali dilupakan oleh pengusaha pemula, padahal dengan mencatat seluruh aktivitas uang dapat memudahkan Anda memisahkan uang modal dan juga keuntungan. 

Buatlah pencatatan yang mudah Anda mengerti atau menggunakan cara yang bisa Anda dapatkan di internet. Dengan mencatat seluruh pemasukan dan pengeluaran maka Anda juga memisahkan mana uang yang menjadi hak Anda dan karyawan. 

  • Siapkan dana darurat 

Tips selanjutnya adalah selalu menyiapkan dana darurat yang Anda sisihkan dari uang modal. Menyisihkan dana untuk keadaan darurat sangatlah penting, karena yang namanya usaha tidak selalu mendapatkan untung besar. Sehingga Anda perlu sekali menyediakan dana ini apalagi jika ada hal buruk yang terjadi ketika usaha sedang dijalankan. 

Itulah tips yang bisa Anda gunakan untuk mengatur keuangan dari modal KTA, di mana hal ini sangatlah penting agar UKM yang dijalankan akan terus berkembang dan tidak bangkrut.