brandoutlet.co.id – Bagi sebagian orang, ide yang sangat menggiurkan dan terlihat mudah untuk dilakukan adalah mendirikan suatu usaha, baik itu yang berskala besar maupun usaha kecil-kecilan. Supaya bisnis dapat berkembang, dibutuhkan berbagai strategi marketing dan pengambilan keputusan yang tepat dalam membangun usaha. Dengan demikian, usaha tersebut akan lebih mudah menghasilkan keuntungan, meskipun hanya sebagai bisnis kecil-kecilan.

Yang perlu diketahui adalah bukan hanya perkara penggunaan strategi marketing yang tepat saja yang perlu dipikirkan setiap pebisnis, hal penting lainnya seperti budget yang dimiliki juga harus disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Apabila tidak memiliki budget yang terlalu banyak, Anda dapat mendirikan usaha kecil terlebih dahulu baru kemudian dengan perlahan memperluas skalanya. 

Dalam praktik bisnis, setiap usaha membutuhkan yang namanya pemasaran produk atau dikenal dengan istilah marketing cost atau biaya pemasaran. Marketing cost memang salah satu biaya yang perlu disiapkan untuk membawa produk yang Anda jual ke pasar. Selain itu, harga produk yang nantinya Anda jual di pasaran juga akan dipengaruhi oleh biaya ini.

Berikut ini biaya-biaya yang perlu diperhitungkan dalam marketing cost, yaitu biaya sewa gudang, komisi, gaji salesman, biaya pemeliharaan, iklan produk dan lain sebagainya. Pengeluaran untuk biaya ini akan semakin membesar apabila bisnis yang Anda kelola juga semakin besar. Nah bagaimana dengan marketing cost yang harus dikeluarkan oleh bisnis kecil-kecilan? Apa sebaiknya biaya tersebut dihilangkan atau dapat ditekan ke angka seminimal mungkin?

Jangan ragu memulai bisnis hanya karena terlalu mengkhawatirkan masalah biaya pemasaran tersebut. Pilihan yang dapat Anda lakukan tidaklah terbatas, karena siapapun bisa menjalankan banyak jenis usaha walau hanya mengeluarkan modal kecil saja. Tentunya usaha dengan modal tidak begitu besar dapat dikembangkan jauh lebih baik apabila usaha tersebut menerapkan teknologi internet.

Ya, implementasi teknologi yang canggih seperti sekarang bisa dibilang mengambil peran sangat besar dalam keberlangsungan suatu usaha. Asal bisa memanfaatkan sosial media sebagai pelaksana teknik pemasaran yang tepat, maka produk bisa terjual tanpa harus membuka toko fisik. Tentunya hal ini hanyalah segelintir dari usaha membangun bisnis kecil-kecilan yang harus Anda lakukan jika ingin menekan biaya pemasaran. 

Baca Juga : Perlindungan Hukum Terhadap Nasabah Bank

Mengoptimalkan Strategi Pemasaran dengan Biaya Seminimal Mungkin

Usaha kecil-kecilan seringkali susah berkembang karena sulitnya memperoleh modal, apalagi jika menyangkut kegiatan marketing yang sangat krusial dalam berbisnis. Maka tidak heran jika banyak pebisnis yang masih belum dapat memperluas skala bisnisnya. Untuk itu, setiap dari mereka dituntut untuk lebih kreatif dalam menggunakan teknik pemasaran produk walau biaya yang dianggarkan terbatas.

strategi pemasaran murah bisnis kecil

Diperlukan juga sebuah strategi pemasaran yang tepat untuk menghasilkan keuntungan besar dari kegiatan tersebut. Nah, jika Anda termasuk pebisnis yang memiliki anggaran terbatas, maka optimalkan strategi pemasaran dengan biaya seminimal mungkin berikut ini. 

  • Untuk pembelian dalam jumlah atau jenis tertentu, Anda dapat memberikan potongan harga. Cara lainnya adalah mengirimkan pelanggan a beberapa penawaran produk.
  • Memasang iklan untuk memasarkan produk dengan cara bekerjasama dengan rekan pengusaha Anda. 
  • Memanfaatkan lingkungan sekitar untuk melaksanakan kegiatan pemasaran. Anda dapat lebih dekat dengan calon pelanggan di sekitar lokasi usaha dengan cara publikasi gratis ini. 
  • Tawarkan produk kepada konsumen melalui media gratis. Anda juga dapat membantu konsumen mengenal lebih dalam produk yang dijual. Dalam hal ini, memanfaatkan internet sebagai media publikasi, contohnya sosial media atau website.

Kembangkan Bisnis Kecil-Kecilan dengan Tips dan Trik Jitu Ini

Dalam menyusun strategi pemasaran, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan dan dipelajari oleh setiap individu. Apa saja? Berikut diantaranya:

1. Belajar konsisten

Setiap pebisnis wajib belajar konsisten jika sudah terjun dalam dunia bisnis. Konsistensi dapat membantu setiap aspek marketing terlaksana dengan lebih baik, misalnya dalam hal menciptakan merek dan meningkatkan efektivitasnya, serta membantu meringankan biaya pemasaran produk di pasaran. Pelajari hal ini dengan maksimal, dengan demikian Anda dapat terus meningkatkan level kerja, menemukan ide bisnis baru, secara berkala melakukan perbaikan, menghindari pikiran negatif, serta mudah melakukan evaluasi dengan cara melibatkan orang lain untuk memberi masukan terhadap bisnis yang dijalankan.

2. Membuat Perencanaan Bisnis

Memperoleh banyak pelanggan memang dapat ditempuh dengan berbagai cara, dan hal terpenting dalam langkah tersebut adalah membuat perencanaan bisnis yang matang. Sebelum menjalankan bisnis kecil-kecilan ini, sebaiknya sejak awal Anda sudah menentukan visi misi usaha, cara memasarkan produk, menentukan konsep pemasaran hingga anggaran yang butuh untuk disiapkan. Buatlah perencanaan bisnis yang tepat agar mudah bagi Anda menargetkan keuntungan jangka panjang. 

3. Menerapkan Strategi Branding

Membuat konsumen lebih mudah mengenal produk dan merek dagang Anda dapat dilakukan dengan cara menerapkan strategi branding. Strategi ini sendiri terkadang membutuhkan biaya yang cukup besar, karena ada banyak hal yang perlu disiapkan. Sebut saja pembuatan logo, foto produk yang dihasilkan, media promosi dan masih banyak lagi. 

Nah, demikian beberapa strategi pemasaran murah untuk bisnis kecil-kecilan Anda. Semoga berhasil ketika mempraktikkannya.