brandoutlet.co.id – Saat berlibur ke Malang, maka akan kurang jika pulang tidak membawa oleh oleh khas Malang. Dimana salah satunya adalah keripik apel khas Malang. Dikenal selalu panen apel melimpah, hal tersebut dimanfaatkan oleh para pelaku UKM untuk membuat produk keripik yang menghasilkan omset melimpah. Lantas apa yang menyebabkan bisnis tersebut sukses besar? Yuk simak rahasia sukses UKM keripik apel Malang disini.

Memiliki Modal yang Cukup

Sama seperti saat membangun usaha lain, dalam membangun usaha keripik apel juga perlu dana. Dimana dana yang diperlukan tersebut cukup untuk membiayai berbagai bidang, mulai dari produksi hingga pemasaran produk. Dalam mendapatkan modal usaha, ada berbagai cara yang bisa dilakukan. Mulai dari tabungan pribadi, menjual aset, meminjam kepada teman, hingga pinjaman di bank.

ukm apel malang

Membicarakan pinjaman bank, saat ini sudah ada berbagai jenis pinjaman yang memudahkan para pelaku usaha untuk mendapatkan dana. Salah satunya adalah KUR atau Kredit Usaha Rakyat. KUR sendiri adalah sebuah layanan kredit atau pembiayaan yang ditawarkan oleh pemerintah melalui perbankan atau lembaga pembiayaan lain kepada para usaha mikro kecil, menengah, dan koperasi (UMKMK) atau usaha yang feasible namun belum bankable.

Banyak pelaku UKM keripik apel Malang yang mengaku melakukan pinjaman ke bank untuk mendapatkan modal dalam membangun usaha. Modal tersebut digunakan untuk membeli peralatan serta membeli bahan baku. Para pelaku bisnis juga mengatakan adanya pinjaman tersebut sangat membantu untuk membuat usaha keripik mereka menjadi berkembang menjadi lebih besar dan sukses.

Bermitra Dengan Petani Apel yang Berkualitas

Untuk memproduksi keripik apel yang berkualitas dengan cita rasa yang lezat, maka bahan baku yang dipakai tentunya juga harus berkualitas. Untuk itu, banyak UKM keripik apel Malang yang bekerjasama hanya dengan petani penghasil buah apel berkualitas.  Bahkan tidak jarang para pelaku UKM akan memberikan edukasi kepada petani apel mengenai cara menghasilkan apel terbaik.

Para pelaku UKM akan melakukan penyuluhan kepada para petani petani kecil, yang meliputi penyuluhan menanam pohon apel yang tepat, merawat pohon agar tumbuh subur dan berbuah dengan lebat, serta pemilihan pupuk yang tepat. Dimana salah satu hal yang membuat hasil panen apel berkualitas adalah karena menggunakan pupuk organik. Selain mendapatkan bahan baku terbaik, para pelaku bisnis tentunya juga bisa menambah mitra kerja sebagai pemasok.

Baca Juga : Dampak COVID-19 Terhadap Pelaku UMKM

Menciptakan Produk Keripik Apel Berkualitas

Tidak bisa dipungkiri, bahwa salah satu hal penting yang membuat produk keripik menjadi terkenal dan banyak peminat adalah cita rasanya. Untuk itu, para pelaku UKM selalu berusaha agar bisa menciptakan rasa keripik apel yang lezat dan enak. Lantas bagaimana cara membuat keripik apel yang enak? Tentu saja dengan menggunakan bahan baku yang berkualitas dan diolah dengan cara tepat.

Bahan baku keripik terbaik adalah apel yang masih segar, kemudian diolah dengan baik. Namun hal paling penting dalam proses ini adalah pada saat mengeringkan apel. Keripik apel terkenal karena terbuat dari buah apel langsung tanpa mendapatkan bahan tambahan apapun. Namun meskipun terbuat dari buah langsung, keripik tersebut begitu renyah saat dikunyah. Dimana hal tersebut dikarenakan setelah digoreng keripik di masukkan dalam mesin pengering, sehingga minyaknya benar benar tak bersisa.

Melakukan Promosi Dengan Pemasaran yang Tepat

Promosi memiliki peranan yang penting untuk membuat produk terkenal dan diketahui oleh masyarakat luas. Akan percuma jika memiliki produk dengan cita rasa enak, namun tidak dipromosikan dengan baik. Bukannya malah berkembang, usaha pun akan semakin terpuruk. Oleh karena itu, agar usaha menjadi berkembang bahkan sukses besar jangan ragu ragu untuk melakukan promosi dengan berbagai cara.

ukm keripik apel malang

Promosi bisa dilakukan dengan cara konvensional maupun digital. Banyak para pelaku UKM yang melakukan promosi dimulai dari mulut ke mulut. Selain itu, para pemilik pengolahan keripik tersebut juga membuat brosur dan selebaran agar produknya semakin dikenal oleh masyarakat. Tidak lupa juga melakukan promosi di berbagai tempat wisata di Malang, dengan cara menitipkan produk keripik apel di beberapa pusat oleh oleh.

Sekarang dengan seiring berjalannya waktu, promosi tidak hanya dilakukan dengan cara konvensional tetapi juga secara digital seperti membuat website atau mendaftar e commerce. Tidak hanya itu, media sosial juga menjadi tempat promosi keripik apel yang terbilang cukup efektif. Dengan melakukan berbagai promosi tersebut, maka produk yang sebelumnya belum dikenal oleh masyarakat menjadi dikenal bahkan tidak sedikit yang tertarik untuk membeli.

Para pelaku UKM keripik apel di Malang, memulai usaha dengan merangkak terlebih dahulu. Banyak hal yang pelaku usaha tersebut lewati sebelum memiliki usaha yang sukses dan berkembang seperti saat ini. Bahkan tidak sedikit dari pelaku UKM yang menyerah karena banyak rintangan yang ada, namun tidak sedikit pula yang masih berjuang hingga berhasil. Semoga dengan adanya rahasia sukses ini, dapat menjadi inspirasi Anda.