brandoutlet.co.id – Usaha kecil menengah atau yang lebih dikenal dengan sebutan UKM sekarang sedang ramai-ramainya dilirik oleh masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, bisa dibilang hampir 60% pertumbuhan ekonomi Indonesia saat ini dipengaruhi oleh kelompok usaha tersebut. UKM sudah banyak berkontribusi dalam memperbaiki kondisi ekonomi masyarakat, maka tidak heran jika banyak orang yang mulai mencoba menjalankan bisnis modal kecil ini. 

UKM ternyata tidak hanya mengambil peran penting dalam perekonomian, tetapi juga membantu Indonesia menghadapi krisis global dan memperkuatnya. Meskipun tidak mudah bagi setiap UKM bersaing di pasar global, karena negara lain juga mengeluarkan produk dengan daya jual yang tidak kalah unggul. Maka dari itu, dibutuhkan sebuah strategi yang tepat untuk menyiasati persaingan di pasar global agar UKM miliki Anda berkembang lebih baik.  

Memilih Platform E-commerce sebagai Sarana Ekspansi Bisnis

Untuk melakukan ekspansi bisnis di pasar global, Anda perlu dengan tepat memilih platform e-commerce yang akan dimanfaatkan. Platform e-commerce saat ini juga sudah sangat banyak pilihannya, mulai dari yang berbayar hingga yang gratis sudah tersedia dan bisa diakses dengan mudah. Dalam memilih sarana ekspansi bisnis tersebut, Anda perlu mempertimbangkan beberapa faktor penting. Mulai dari menyesuaikan alat dan fitur yang dibutuhkan, modal yang dimiliki, hingga penggunaan teknologi saat ini. 

Untuk membantu Anda bersaing di pasar global, telah kami sediakan beberapa informasi mengenai pilihan platform e-commerce terbaik di Indonesia yang bisa dijadikan sebagai sarana ekspansi bisnis UKM. Pada dasarnya, setiap platform e-commerce di bawah ini memiliki kesamaan dalam hal memberikan kesempatan kepada para UKM yang ingin berkembang dan lebih baik ketika melakukan ekspansi. Meskipun fitur yang ditawarkan berbeda-beda, Anda tetap dapat memanfaatkan teknologi tersebut untuk menghasilkan keuntungan lebih besar. Nah, simak berikut ini penjelasan tentang beberapa platform e-commerce terbaik sebagai sarana ekspansi bisnis UKM yang Anda jalankan.

1. Wix

Untuk UKM yang baru saja membuka toko online, Anda dapat menjadikan Wix sebagai platform e-commerce paling tepat yang bisa membantu ekspansi bisnis di pasar global. Pengaturannya sangat mudah dengan berbagai pilihan tema, jadi para pengguna dapat merasa nyaman mengembangkan toko online di dunia maya. Jika tertarik menggunakan platform e-commerce ini, segera siapkan sejumlah dana. Tenang saja, harga platform ini tidak jauh berbeda dengan kebanyakan platform e-commerce lainnya, dan bahkan Anda bisa mendapatkan harga lebih murah untuk fitur serupa.

Baca Juga : Strategi Pemasaran Murah Untuk Bisnis Kecil-Kecilan

2. Shopify

Bisa dibilang saat ini platform e-commerce Shopify masuk dalam peringkat platform yang paling banyak digunakan di dunia. Dengan tawaran fitur yang memudahkan UKM untuk membuka toko online secara mandiri, tidak heran hampir semua kalangan bisnis baik menengah maupun yang berskala kecil sangat memfavoritkannya.

strategi ekspansi bisnis ukm

Shopify tidak terlalu banyak menyediakan pilihan kustomisasi toko online, namun platform e-commerce ini sangat tepat dipilih oleh pemilik bisnis kecil dan menengah.

3. WooCommerce

Anda bisa membuat toko online dari blog WordPress menggunakan plugin ini. WooCommerce memang tidak seperti platform e-commerce lainnya, akan tetapi fitur yang ditawarkan juga tidak kalah penting dalam membantu UKM memiliki toko online yang menyediakan fitur keranjang belanja serta pembayaran yang aman. WooCommerce menawarkan berbagai kemudahan kepada para pengguna secara gratis, jadi tidak ada salahnya mencoba plugin ini di website berbasis WordPress yang Anda miliki. 

Strategi Ekspansi Bisnis UKM Indonesia di Pasar Global

Dalam menghadapi pasar global, setiap UKM juga perlu menerapkan strategi ekspansi bisnis berikut ini:

1. Menentukan Produk

Sebelum bisnis berjalan, alangkah baiknya jika Anda tidak menentukan produk yang dihasilkan UKM secara sembarang. Langkah memulai bisnis yang benar adalah dengan melakukan riset produk terlebih dahulu, dengan demikian mudah bagi Anda mengetahui jenis produk apa saja yang dibutuhkan konsumen saat ini dan beberapa waktu mendatang. Anda juga dapat membidik peluang pasar lebih besar jika melakukan riset terhadap selera konsumen. Jika ingin mendapat loyalitas konsumen, pastikan bisnis Anda selalu menghasilkan produk-produk berkualitas yang memiliki daya saing dan daya jual tinggi di pasar global.

2. Menghitung Harga Jual Produk

Hitung semua biaya yang dikeluarkan pada saat memproduksi produk dengan teliti. Lakukan hal ini supaya Anda dapat menghindari kerugian saat menentukan harga jual produk tersebut. Berikut cara menentukannya:

  • Menjadikan jumlah permintaan konsumen sebagai dasar penentuan harga.
  • Riset harga produk kompetitor sebelum menentukan harga.
  • Hitung biaya produksi dan keuntungan produk sebagai dasar penentuan harga.

3. Memasarkan Produk dan Beriklan

Jika ingin memiliki keuntungan besar, para konsumen harus mengenal produk yang Anda jual di platform e-commerce tersebut. Promosi sangat penting dilakukan, terutama untuk produk-produk baru. Supaya tepat sasaran, Anda dapat melakukan riset terhadap konsumen yang membeli produk serupa. Baru kemudian tentukan media promosi, antara offline dan online yang banyak digandrungi saat ini. 

Hanya itu saja yang dapat kami sampaikan terkait pilihan platform e-commerce untuk ekspansi bisnis UKM berikut dengan strategi pemasarannya. Selamat mencoba!