brandoutlet.co.id – Manusia merupakan makhluk yang paling komplek di muka bumi. Ketika Anda membahas mengenai anatomi tubuh manusia, Anda akan menemukan rahasia dari bagian tubuh manusia tersebut. Tidak hanya memiliki bagian tubuh yang sulit dipahami, tubuh manusia juga memiliki sistem saraf yang cukup rumit.

Salah satu sistem saraf pada manusia yang memiliki peranan cukup penting bagi tubuh adalah sistem saraf pusat. Berbicara mengenai pengertian sistem saraf pusat, sistem saraf pusat merupakan pusatnya sistem saraf yang berfungsi menerima dan mengirimkan informasi ke bagian sistem saraf perifer.

Sistem saraf pusat sendiri meliputi bagian otak dan bagian sumsum tulang belakang. Kedua bagian tubuh ini merupakan organ lunak yang memiliki peranan sangat penting sehingga harus dilindungi dengan baik. Baik sumsum tulang belakang dan otak memiliki tiga materi esensial yang berupa:

  • Substansi grissea yang merupakan badan sel pembentuk bagian materi berwarna kelabu
  • Substansi alba merupakan serabut saraf pembentu sumsum tulang belakang dan otak yang berwarna putih
  • Sel neuroglia merupakan jaringan ikat yang berada pada sel saraf

Pengertian Sistem Saraf Pusat Beserta dengan Bagiannya

Otak yang merupakan salah satu bagian tubuh yang dipenuhi dengan sistem saraf pusat terbagi menjadi 5 bagian utama, seperti otak besar ( serebrum ), otak kecil ( serebelum ), otak tengah ( mesensefalon ), jembatan varol dan sumsum sambung atau medulla oblongata. Berikut penjelasan lengkap mengenai kelima bagian otak tersebut:

  1. Otak besar atau serebrum

Serebrum bekeja dalam mengatur aktifitas mental seperti ingatan atau memori, kepandaian atau intelegensi, pertimbangan dan kesadaran. Serebrum sendiri menjadi sumber dari segala jenis kegiatan atau gerakan tubuh secara sadar. Bagian korteks serebrum yang berwarna kelabu merupakan bagian otak yang bertugas untuk menerima rangsangan. Bagian ini bertugas untuk menyimpan memori, belajar bahasa dan membuat kesimpulan.

  1. Otak tengah atau mesensefalon

Mesensefalon berada di antara jembatan varol dengan otak kecil atau serebelum. Pada bagian dengan mesensefalon terdapat kalenjar hipofisis dan talamus yang bekerja mengatur kalenjar endokrin. Bagian atas mesensefalon adalah lobus optikus yang bertugas dalam mengatur refleks gerak mata dan menjadi pusat pendengaran.

  1. Otak kecil atau serebelum

Fungsi otak kecil adalah mengkoordinasi pergerakan otot, mengatur keseimbangan tubuh dan menjaga posisi tubuh. Jika otak kecil menerima rangsangan yang berbahaya, otak kecil tidak akan melakukan pergerakan secara normal.

  1. Sumsum sambung atau medulla oblongata

Medula oblongata bertugas untuk menghantarkan inpuls yang berasal dari medula spinalis dan akan menghantarkannya ke otak. Kinerja dari medulla oblongata sendiri nantinya akan memberikan pengaruh kepada sekresi kelenjar pencernaan, kecepatan bernapas, detak jantung, pergerakan alat pencernaan dan tekanan darah.

  1. Jembatan varol

Jembatan varol merupakan bagian otak yang bertugas untuk menghubungkan serebelum bagian kiri dan serebelum bagian kanan. Jembatan varol juga bertugas untuk menghubungkan serebru dengan sumsum tulang belakang.

Pembahasan mengenai sistem saraf pusat kurang lengkap rasanya jika belum membahas mengenai sumsum tulang belakang. Seperti penjelasan sebelumnya, sumsum tulang belakang merupakan bagian tubuh yang terdiri dari sistem saraf pusat selain otak. Sumsum tulang belakang merupakan susuan serabut saraf yang berbentuk silinder dan terhubung ke bagian otak. Untuk menemukan sumsum tulang belakang, bagian tengah punggung yang memanjang merupakan bagian tubuh yang dipenuhi dengan sumsung tulang belakang.

Sistem saraf tulang belakang berperan dalam melanjutkan informasi dari organ menuju otak. Sistem saraf pada sumsum tulang belakang sendiri memiliki 2 jalur yang berbeda. Di bagian penampang sumsum tulang belakang yang terletak di luar, warna putih merupakan warna yang mendominasi sedangkan untuk bagian dalam sumsum tulang belakang memiliki warna kelabu dan memiliki bentuk yang mirip dengan bentuk kupu-kupu. Di bagian sumsum tulang belakang, kita akan menemukan tandk dorsal yang bertugas menerima impuls dan menghantarkannya menuju saraf motorik. Karena terbilang cukup rumit, pembahasan mengenai sumsum tulang belakang harus diperhatikan dengan seksama guna mendapatkan informasi yang dibutuhkan.

Karena sumsum tulang belakang memiliki tugas yang cukup penting bagi tubuh, sudah menjadi hal wajib bagi kita untuk menjaga kesehatan kedua bagian tubuh tersebut. Cara terbaik dan termudah yang dapat kita lakukan adalah mengkonsumsi vitamin yang dibutuhkan oleh otak maupun sumsum tulang belakang. Vitamin B komplek merupakan jenis vitamin yang baik bagi kesehatan sumsum tulang belakang dan otak karena mampu memperbaiki kerusakan pada sel saraf. Neurobion adalah salah satu produk vitamin B komplek yang dijual di pasaran secara bebas dan mengandung vitamin B komplek yang dibutuhkan oleh sel saraf. Tidak hanya dapat memperbaiki sel saraf yang rusak, kandungan vitamin B pada Neurobion juga dapat membantu pematangan sel saraf dan menjaga sel saraf agar selalu berada dalam keadaan yang utuh.