Banyak pelaku bisnis, baik UMKM maupun bisnis besar yang mengakui apabila terjadi penurunan yang signifikan pada pemasukan mereka. Bahkan tidak sedikit pula yang akhirnya harus gulung tikar atau terpaksa menutup usahanya. Namun, sebagai seorang pebisnis, tentunya tidak boleh menyerah. Walaupun pandemi tengah merebak seperti saat ini, bukan berarti tidak ada peluang untuk tetap membuka usaha.

Peluang usaha mikro ditengah pandemi

Ditengah pandemi seperti ini, tentunya ada beberapa peluang usaha yang tetap menjanjikan. Setidaknya dapat Anda lakukan sendiri dan tidak membutuhkan banyak tenaga kerja. Selain itu usaha-usaha ini memiliki hasil yang cukup untuk memenuhi kebutuhan harian Anda.

  • Toko aksesoris dan makanan hewan.

Dikarenakan pandemi pasti akan banyak sekali yang lebih memilih untuk tinggal bahkan melakukan pekerjaan mereka dari rumah. Tidak jarang kegiatan monoton seperti itu akan membuat seseorang dilanda rasa bosan dan pastinya mulai mencari hobi baru, misalnya memelihara hewan.

Bila Anda memiliki minat pada hewan peliharaan, tidak ada salahnya untuk membuka sebuah usaha yang berhubungan dengan hal tersebut. Seperti yang diketahui, dalam memelihara hewan tidaklah selalu mengenai pemberian makan tapi juga kebutuhan lainnya.

Manfaatkan keadaan sekarang, misal berjualan online dan menawarkan jasa antar barang. Banyak sekali pemilik hewan saat ini memilih untuk membeli makanan atau kebutuhan peliharaan mereka melalui online, karena dianggap lebih aman. Bila dirasa pembeli berasal dari luar kota, Anda bisa mengirimkan pesanan tersebut menggunakan jasa ojek online atau ekspedisi.

  • Kebutuhan pokok harian

Membuka usaha sembako juga memiliki keunggulan tersendiri, karena pada umumnya semua orang pasti membutuhkan bahan makanan. Tidak melulu mereka akan membeli makanan siap saji. Dengan berjualan sembako (sembilan bahan pokok), seperti beras, telur, minyak, tepung, gula, sayur, daging dan lain sebagainya.

Anda bisa menjual produk tersebut secara paket, agar terlihat lebih murah dan menarik minat pembeli. Kebutuhan pokok ini juga bisa dijual dengan cara online, melalui media sosial atau e-commerce. Tapi Anda tetap harus memastikan jika barang atau produk tersebut memiliki kualitas yang baik.

  • Penulis lepas

Belakangan menjadi penulis lepas juga banyak sekali peminatnya, Anda bisa memilih ingin menulis seperti apa atau dikategori apa? Contohnya menjadi penulis artikel majalah remaja, berita, hewan, atau cerita fantasi, bahkan membuat karya pribadi dan diterbitkan menjadi sebuah buku. Apalagi pekerjaan ini dapat Anda kerjakan dari rumah.

Pekerjaan sebagai penulis lepas, memiliki penghasilan yang cukup besar apabila dilakukan secara konsisten dan mau belajar bagaimana cara menulis yang baik. Apalagi jika Anda bekerja sama dengan media yang telah memiliki nama, tentunya teknik penulisan juga menjadi poin penting.

Modal yang dibutuhkan untuk menjadi seorang penulis juga tidaklah besar, cukup dengan sebuah smartphone dan jaringan internet yang stabil. Anda bisa memulai usaha jasa ini, tentunya akan lebih baik jika memiliki fasilitas komputer atau laptop. Tapi hal tersebut akan dapat berkembang sesuai dengan hasil yang dicapai.

  • Jasa desain grafis

Memiliki keahlian dibidang desain grafis? Manfaat kemampuan tersebut dengan membuka jasa desain grafis. Anda dapat menawarkan kepada para pelaku usaha kecil untuk membuat desain logo, banner usaha, stiker atau hal lain yang berhubungan dengan desain grafis.

Ide bisnis yang satu ini memiliki banyak keunggulan, salah satunya Anda tidak perlu bertemu langsung dengan konsumen. Cukup berkomunikasi via WhatsApp atau inbok Facebook dan media sosial lainnya. Bila sudah deal pun, pembayaran dapat dilakukan dengan cara mentransfer ke rekening, e-wallet atau digital bank yang Anda miliki.

Modal utama yang harus dimiliki selain skill mendesain tentu harus memiliki komputer, laptop atau notebook. Bisa juga dengan smartphone, namun ponsel Anda tentunya harus sudah mumpuni untuk diisi dengan aplikasi pembuat desain.

  • Kuliner

Membuka usaha kuliner juga dapat menjadi pilihan tepat, modal dibidang kuliner termasuk fleksibel. Jadi, tidak perlu memiliki dana besar bila ingin memulai usaha yang satu ini. Hal terpenting adalah niat, lalu lakukan sebuah riset pasar, makanan, minuman atau jenis jajanan seperti apa yang saat ini sedang disukai oleh banyak orang.

Jenis makanan atau minuman yang saat ini sedang diminati adalah berbagai jenis gorengan, makanan pedas, minuman blander, roti bakar dan masih banyak lagi. Bila sudah menentukan apa yang akan dijual, untuk pemasarannya bisa menggunakan cara door to door atau secara online. Anda juga bisa bekerja sama dengan perusahaan ojek online dalam pengirimannya.

Itulah tadi 5 (lima) rekomendasi usaha di tengah pandemi yang memiliki peluang besar untuk dapat bertahan dan membantu perekonomian Anda. Hal utama yang harus diperhatikan adalah niat, tidak mudah menyerah dan komitmen dalam memperkenalkan usaha tersebut ke khalayak ramai. Anda dapat meminta batuan dari saudara, kerabat atau teman untuk mempromosikan bisnis Anda.