Mesin pencarian selalu meningkatkan algoritma secara bertahap untuk menyempurnakan fungsi penelusuran, sehingga banyak sekali cara yang sebelumnya bisa digunakan untuk memaksimalkan search engine optimization, kini sudah harus ditinggalkan.

mitos dunia SEO

Apabila anda masih menggunakan cara lama untuk algoritma baru, maka cenderung menghambat penambahan jumlah pengunjung situs. Misalkan saja seperti membangun afiliasi dengan Google. Beberapa ahli di bidang SEO melakukan klaim jika cara tersebut tidak sepenuhnya benar. Mitos tentang cara meningkatkan traffic dalam waktu singkat adalah sebagai berikut.

  1. Kata kunci bukan poin utama lagi

Sejak adanya Google Hummingbird, sistem pencarian berubah menjadi era baru yang akan memberi keuntungan untuk end user. Apabila keyword masih dimunculkan dalam halaman awal Google, bisa diartikan jika kata kunci tersebut masih penting. Menurut kepala tim WebSpam Google, Hummingbird mempengaruhi 90 % pencarian.

Sementara menurut pendiri Moz, prosentase peringkat dengan target keyword hanya 15 % saja. Jadi, apabila anda ingin mengupayakan search engine optimization pindahkan fokus dari konten ke penawaran unik.

  1. Situs XML berperan menaikkan rating situs

Fungsi XML lebih mengarah pada pembangunan website crawl-able bukan meningkatkan SEO pada halaman pencarian. XML Sitemap akan mengupdate setiap postingan baru maupun hal yang telah diedit pada sebuah postingan yang selanjutnya akan disampaikan kepada mesin pencarian.

Dalam sebuah eksperimen yang dilakukan oleh Casey Henry menyebutkan jika Google membutuhkan kurang lebih 14 menit untuk mengindeks postingan baru. Meskipun XML sitemap bisa membantu mesin penelusuran untuk menemukan dan mengindeks halaman baru dengan waktu lebih singkat tetapi tetap tidak mempengaruhi peningkatan ranking.

Baca juga : Strategi Pemasaran Adalah Cara Bagaimana Meningkatkan Penjualan Produk

  1. Penggunaan Meta tag

Webmaster menggunakan meta tag untuk mengirim informasi tentang website yang mereka buat kepada search engine. Tag meta mampu memberi info kepada semua klien pada setiap sistem yang dipahami. Biasanya ditambahkan di bagian head HTML.

Ada beberapa pendapat tentang fungsi tag meta dalam upaya search engine optimization. Salah satunya adalah pendapat Matt Cutts yang menyatakan jika Google memberikan peringkat halaman bukan dari kata kunci meta tag. Namun, penggunaan tag ini masih dibilang wajar dan relevan untuk sebuah pemberitahuan lebih cepat.

Meta tag dikatakan dapat menarik minat search engine dan menghasilkan lebih banyak klik dari visitor. Untuk membuat deskripsi meta yang baik anda perlu mempelajari caranya dengan baik. Seperti misalnya tidak menulis deskripsi super panjang.

Ketiga cara tersebut sempat menjadi andalan webmaster untuk mencapai  search engine optimization, tetapi mesin penelusuran mengambangkan beberapa algoritma dan merilis pembaruan sehingga perlu penyesuaian. Anda perlu mengupdate informasi terbaru tentang perubahan algoritma dan dampaknya sehingga bisa lebih mudah mencari cara lain untuk optimasi situs.