brandoutlet.co.id – Hampir setahun menghadapi pandemi covid 19, ada banyak sektor yang mengalami dampak langsung dari terjadinya pandemi tersebut. Beberapa kegiatan yang ada di masyarakat mengalami kerugian dan dampak yang luar biasa. Bahkan hal ini sangat berat dirasakan oleh pelaku UMKM, karena terkena imbasnya secara langsung.

Melihat permasalahan ini, pemerintah Indonesia terus berupaya dan memberikan beberapa bantuan untuk pelaku UMKM dalam menghidupkan kembali roda ekonomi yang sempat terputus dan tertunda. Ada beberapa cara dan tindakan yang dilakukan pemerintah untuk menghidupkan kembali kegiatan ekonomi, termasuk memberikan bantuan dana untuk UMKM.

Daftar Bantuan Untuk UMKM

Ada beberapa program dan bantuan yang telah dikucurkan oleh pemerintah untuk membantu usaha mikro, kecil, menengah (UMKM di Indonesia agar dapat bankit dan survive. Ada beberapa kegiatan atau bantuan yang diberikan untuk membantu permasalahan tersebut. Berikut ini daftar bantuan yang diberikan kepada UMKM, yaitu :

Program Bantuan Langsung Tunai (BLT) UMKM

Setelah kurang lebih 8 bulan berperang dengan pandemi, keadaan ekonomi belum memperlihatkan titik cerahnya dan masih terus merabah sampai waktu yang belum ditentukan. Melihat ketidakpastian ini pemerintah terus berupaya untuk memberikan yang terbaik terhadap warga negaranya agar tetap bisa bergerak dan berinovasi di tengah kesedihan.

bantuan umkm dari pemerintah

Melihat hal ini Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop) memberikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada seluruh UMKM yang membutuhkan di seluruh Indonesia yang tidak mampu survive dan bertahan. Untuk jumlahnya setiap UMKM yang menerima akan mendapatkan bantuan sebesar 2,4 juta rupiah sekali pencairan. Tentunya ini sangat membantu untuk kembali survive dan bangkit.

Program ini lebih ke program presiden secara langsung. Namun ada beberapa program lainnya yang terus dikembangkan oleh pemerintah dan ini menjadi solusi untuk tetap mempertahankan proses daya beli dan terbentuk kembali jual beli.

Baca Juga : Aplikasi Pinjaman Online Untuk Pengembangan UMKM

Restruksi Hutang 

Selanjutnya pemerintah memberikan kegiatan restruksi atau pengurangan bunga bank untuk UMKM yang terdampak covid 19. Dalam restruksi tersebut Anda dapat mengajukan permohonan penundaan pembayaran kredit atau cicilan, meminta modal bantuan untuk buka usaha lewat KUR, dan insentif dalam bidang pajak.

Pada program ini pemerintah Indonesia terus berupaya untuk memberikan keluasan kepada pihak UMKM untuk dapat bertahan di tengah pandemi sekarang ini. Dalam hal ini Anda harus benar-benar memperhatikannya dan mengambil kesempatan yang ada agar bisa bangkit dan terus survive di tengah ketidakpastian sekarang ini.

Karena pemerintah pun terus berupaya memberikan yang terbaik dan maksimal, sehingga meminta beberapa UMKM yang belum untuk segera mengurus dan mengajukan permintaan pinjaman modal dan penundaan pinjaman.

Belanja Produk UMKM 

Dalam hal ini pemerintah terus memberikan kesempatan dan peluang supaya UMKM di dalam negeri untuk terus bangkit dan berkembang. Ada beberapa usaha dan bantuan yang diberikan untuk dapat mempertahankan UMKM agar tetap bertahan dan survive. Dalam tahap ini pemerintah memberikan demand kepada UMKM agar bisa memanfaatkan produk yang ada.

Adanya pembelian secara langsung dari pemerintah Indonesia membuat beberapa hal yang dibutuhkan dan diharapkan oleh UMKM dapat segera terealisasi. Dalam hal in pemetintah telah menyiapkan modal yang besar untuk melakukan proses pembelanjaan produk UMKM. Total dana yang telah disiapkan mencapai 735 triliun.

Tidak hanya itu saja, pemerintah terus melakukan berbagai koordinasi dan sosialisasi kepada masyarakat untuk saling membantu dan melibatkan masyarakat membeli produk UMKM. karena tindakan tersebut dapat membantu dan menghasilkan berbagai keuntungan dan dapat menggerakan roda perekonomian yang ada.

Bantuan Swasta

Untuk mendorong dan memberikan bantuan kepada UMKM, perusahaan multinasional Unilever Indonesia memberikan bantuan dan dukungan sebesar 200 miliar untuk membantu UMKM. Hal ini ditujukan supaya UMKM dapat bangkit dan menggerakan ekonomi daerah yang kian terpuruk akibat covid 19.

Adanya dukungan ini membuat beberapa warga dan pelaku usaha UMKM dapat memulai untuk kembali bergerak dan mencoba bertahan. Karena UMKM termasuk salah satu yang terkena imbas dan dampaknya dari adanya pandemi Covid 19 ini. Tentunya pihak swasta pun memberikan dukungannya agar dapat bertahan dan survive bersama-sama.

Digitalisasi UMKM 

Tidak hanya program pemberian dana secara langsung atau melalui program BLT. Namun Pemerintah Indonesia memberikan berbagai cara supaya dapat bangkit dan jualan. Salah satunya mengajak beberapa UMKM untuk aktif dan kembali mengoptimalkan internet dan digital untuk melakukan berbagai penjualannya.

Melalui program tersebut UMKM diharapkan dapat bangkit dan bisa kembali bersaing untuk mendapatkan pasar yang diinginkan. Dengan adanya program digitalisasi ini, pemerintah akan dapat membentuk dan mengajak UMKM bisa go international dan tidak lagi fokus pada market dalam negeri, namun merambah ke pasar luar negeri. Selain itu ada juga layanan pinjaman online OJK seperti Tunaiku yang bisa menjadi pilihan untuk bantuan UMKM dengan proses yang cepat serta persyaratan mudah.

Semoga beberapa tindakan dan gerakan tersebut memberikan banyak manfaat dan membuat UMKM kembali pulih dan bangkit.