brandoutlet.co.id – Buat kalian yang ingin merintis dunia bisnis Jangan sampai bisnis kalian tidak sama sekali mempunyai perencanaan yang cukup matang untuk memulainya. Tidak sedikit dari orang-orang yang merasa ingin untuk terjun pada dunia bisnis. Apalagi, mereka telah menemukan celah yang dapat menghasilkan uang.

Mau Rintis Bisnis, Perhatikan 3 Hal Ini Yang Akan Menuntunmu Untuk Sukses.

Namun, masuk pada dunia bisnis juga tidak dapat sembarangan asal mulai begitu saja.

Tanpa perencanaan matang, bisnis yang dijalankan tersebut nantinya malah akan menjadi berantakan. Terus, bagaimana caranya untuk merencanakan bisnis?

Ligwina Hananto  adalah Founder and CEO QM Financial, Ia mengatakan, ada tiga hal yang harus direncanakan pada saat sebelum memulai bisnis.

Pertama

Yaitu masalah konsumen yang akan diselesaikan. Seseorang yang mau berbisnis untuk menemukan masalah dari konsumen yang akan untuk dicarikan solusinya.

Kedua

Menentukan siapa yang akan menjadi target pasar. Mereka yang akan melakukan bisnis harus dapat menemukan siapa yang nantinya akan menjadi konsumen.

Ketiga

Solusi dari pelaku UKM untuk dapat menyelesaikan permasalahan si konsumen.

Ligwina mengatakan para pelaku UKM kreatif perlu dapat menyampaikan paparan dalam mendapatkan alternatif pada pembiayaan dari perbankan dan juga non perbankan. Pada paparan tersebut, ada 2 hal yang perlu diperhatikan, adalah tim dan traction.

Tim yang akan dibangun itu perlu memiliki CEO yang dapat membaca laporan pada keuangan. Nah laporan keuangan tersebut dapat digunakan untuk strategi dalam mengembangkan usaha.

Sedangkan pada traction adalah ukuran keberhasilan yang dapat dihitung dengan eksponensial. Ukuran tersebut juga dapat menentukan perbankan juga non perbankan dalam menyalurkan pembiayaan pada pelaku UKM. Contohnya, traction jumlah bidang UKM kreatif digital dinilai pada jumlah pelaku pemakai aplikasi.