Surat Izin Usaha Perdagangan atau SIUP merupakan surat izin yang diberikan oleh pemerintah untuk para pelaku usaha perdagangan sebagai bukti jika usaha yang dijalankan adalah sah atau legal dan diakui oleh pemerintah. Sesuai dengan namanya SIUP dapat diberikan kepada perseorangan maupun PT, CV, BUMN, Koperasi dan sebagainya. Surat izin ini tidak hanya untuk usaha berskala besar, namun dapat juga digunakan untuk usaha mikro dan menengah.

Manfaat SIUP untuk UMKM

Walau nyatanya tidak semua pemiliki usaha akan langsung mendaftarkan atau membuat surat izin usaha dengan berbagai alasan. Padahal, bila para pemilik tersebut membuat SIUP akan banyak sekali manfaat yang akan mereka dapatkan. Manfaat tersebut tidak hanya dari segi hukum, namun juga bermanfaat bagi pengembangan usaha yang dimilikinya. Manfaat-manfaat apa sajakah yang akan didapatkan oleh pengusaha UKM yang memiliki SIUP?

1. Lebih aman dan nyaman

Dengan memiliki izin usaha secara legal, akan lebih aman dan nyaman bagi para pelaku usaha dagang dalam menjalankan usaha mereka. Mereka tidak akan mendapatkan penggusuran atau pun ancaman-ancaman lain yang sering dialami oleh para pedagang yang tidak memiliki izin usaha.

2. Mengikuti peraturan yang berlaku

Dengan memiliki izin usaha secara legal, itu membuktikan bila usaha dagang tersebut memiliki kredibilitas yang bagus dan baik karena sudah mengikuti peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah. Hal tersebut juga dapat meningkatkan rasa percaya konsumen terhadap produk dagang yang mereka miliki.

3. Mudah mendapatkan pinjaman modal 

Dengan memiliki izin usaha secara legal, mereka yang membutuhkan tambahan modal dan ingin mengajukan pinjaman pada lembaga perbankan seperti koperasi ataupun bank, akan mendapatkan kemudahan pencairan dana sesuai dengan ketentuan yang berlaku. 

4. Membantu pemerintah dalam pendataan pajak

Dengan memiliki izin usaha secara legal, pemilik usaha telah membantu pemerintah tentang pendataan usaha yang memiliki izin resmi dan untuk pendataan administrasi pajak. Biasanya dalam satu SIUP, pemilik usaha juga dapat memiliki beberapa usaha dagang yang lain.

5. Mudah menyelesaikan masalah internal 

Bilamana usaha dagang tersebut merupakan usaha bersama atau kepemilikannya lebih dari seorang, memiliki atau membuat surat izin adalah hal yang wajib. Karena didalam surat izin atau akta usaha tersebut nantinya akan dijelaskan mengenai jenis badan usaha CV atau PT dan siapa saja penanggung jawab, serta berapa persen dari para pemodal atau pengelola akan mendapatkan bagiannya. Hal ini tentu akan membantu, saat usaha dagang tersebut mengalami masalah internal.

6. Mudah mengembangkan dan memperluas usaha 

Dengan memiliki izin usaha secara legal, juga dapat membantu para pemilik usaha dagang dalam memperluas atau mengembangkan usaha mereka. Misalnya, ingin melakukan kerjasama dengan suatu brand yang sudah lebih dikenal oleh masyarakat, biasanya pihak dari brand tersebut akan meminta bukti bila usaha tersebut memang sudah legal.

Jenis-Jenis SIUP yang Wajib Diketahui 

Selain manfaat dari memiliki SIUP bagi pengusaha UKM, tidak ada salahnya untuk mengenal jenis-jenis SIUP yang biasanya diberikan oleh pemerintah kepada pemilik usaha, karena ternyata setiap SIUP itu dikeluarkan berdasarkan besarnya modal atau kekayaan yang dimiliki oleh pemilik usaha.

  1. SIUP Mikro, merupakan izin usaha yang diberikan kepada pemilik usaha dagang usaha atau bisnisnya termasuk dalam usaha mikro atau sangat kecil. SIUP mikro ini hanya diperuntukkan bagi pengusaha dengan kekayaan bersih yang tidak melebihi dari Rp. 50.000.000,- tidak termasuk didalamnya bangunan dan tanah tempat usaha.
  2. SIUP Kecil, merupakan izin usaha yang diberikan kepada pemilik usaha dagang usaha atau bisnisnya termasuk dalam usaha kecil. SIUP kecil ini hanya diperuntukkan bagi pengusaha dengan kekayaan bersih mulai dari Rp. 50.000.000,- hingga Rp. 500.000.000,- tidak termasuk didalamnya bangunan dan tanah tempat usaha.
  3. SIUP Menengah, merupakan izin usaha yang diberikan kepada pemilik usaha dagang usaha atau bisnisnya termasuk dalam usaha menengah. SIUP Besar ini hanya diperuntukkan bagi pengusaha dengan kekayaan bersih sebesar Rp. 500.000.000,- sampai dengan Rp 10 Miliar tidak termasuk didalamnya bangunan dan tanah tempat usaha.
  4. SIUP Besar, merupakan izin usaha yang diberikan oleh pemerintah kepada pemilik usaha dagang usaha atau bisnisnya yang masuk dalam kategori usaha skala besar. SIUP Besar ini hanya diperuntukkan bagi pengusaha dengan kekayaan bersih sebesar Rp 10 Miliar.

Dalam pengurusan SIUP mikro, kecil dan menengah biasanya akan ditanda tangani dan diterbitkan oleh Kepala Kantor Perindustrian dan Perdagangan Tingkat II. Sedangkan SIUP untuk usaha besar akan ditanda tangani dan diterbitkan oleh Kepala Kantor Perindustrian dan Perdagangan Tingkat I. Keduanya dikeluarkan dan ditanda tangani atas nama menteri.

SIUP berlaku selama perusahaan atau usaha dagang tersebut beroperasi dan wajib mendaftarkan ulang usaha yang dimiliki setiap 5 tahun sekali, namun sejak tahun 2017 pemberlakuan untuk memperpanjang SIUP telah dihapuskan dengan syarat tidak adanya perubahan dalam menjalankan kegiatan usaha tersebut.

 

Categories: Dunia Usaha