Modal merupakan hal terpenting yang harus disiapkan para pengusaha yang akan memulai bisnisnya, tidak terkecuali pemilik Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Sumber modal usaha ini juga beragam, bisa dari tabungan pribadi ataupun dari dana pinjaman. Saat ini hampir semua lembaga keuangan telah menyediakan program khusus untuk para nasabah yang ingin memperoleh modal usaha.

Pinjaman online salah satunya, ini merupakan fasilitas bantuan pinjaman modal atau pembiayaan usaha yang bisa berasal dari lembaga keuangan konvensional, syariah, ataupun fintech (financial technology). Melalui fasilitas ini para pemilik usaha kecil dan menengah dapat mengumpulkan dana untuk memulai bisnisnya.

Meminjam Uang di Pinjaman Online? Apa Saja Manfaatnya?

Dukungan modal untuk pengusaha UKM terus disuntikan oleh lembaga keuangan dan pemerintah. Seperti yang kita tahu, bisnis UKM sendiri telah menjadi penyumbang devisa negara terbesar sehingga memiliki peran penting dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Wajar bila pemerintah maupun lembaga keuangan semakin serius memberikan pembiayaan kepada UKM-UKM ini.

Seperti pinjaman online yang semakin santer terdengar setelah perekonomian Indonesia diguncang pandemi Covid-19 tahun 2020. Ini adalah pinjaman yang diberikan kepada pemilik usaha kecil dan menengah yang memenuhi kriteria dengan batasan kekayaan tertentu berdasarkan hasil penjualan tahunan. Pinjaman ini juga diajukan secara online melalui aplikasi ponsel, sehingga para nasabah tidak perlu bertemu langsung dengan pihak pemberi pinjaman.

Dalam beberapa tahun terakhir, pinjaman online tumbuh pesat di Indonesia dan sangat diterima oleh masyarakat. Apalagi saat ini kebutuhan akan pinjaman semakin tinggi di masyarakat, baik untuk konsumsi, dana tunai, maupun usaha, sehingga mereka membutuhkan askes kredit yang mudah diperoleh. Dengan inovasi teknologi keuangan bernama pinjaman online, masyarakat dapat lebih cepat dan mudah mengajukan pembiayaan modal usaha tanpa harus bertatap muka.  

Berikut beberapa manfaat yang ditawarkan pinjaman online kepada UMKM:

1. Proses yang Mudah dan Cepat

Persyaratan pinjaman online tidak serumit pinjaman konvensional, dimana para nasabah hanya diminta untuk menyertakan foto selfie dan KTP saja. Sedangkan untuk dokumen lain yang dibutuhkan pihak pinjaman online adalah bukti slip gaji, fotokopi buku tabungan, memiliki penghasilan tetap, dan telah memenuhi syarat batasan usia.

Proses persetujuan pinjaman online juga terbilang singkat dibandingkan bank. Biasanya tidak sampai 3 hari, bahkan ada yang selesai dalam waktu 1×24 jam.

2. Fleksibel

Karena seluruh proses pengajuan pinjaman hingga pencairan dana dilakukan secara online, nasabah bisa lebih fleksibel menentukan waktu dan tempatnya. Jadi bagi pemilik UKM yang ingin mengajukan pinjaman tidak perlu bertatap muka karena bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja melalui smartphone.

3. Tenor Panjang dan Plafon Besar

Pilihan tenor dan plafon yang ditawarkan kepada pemilik UKM juga bervariasi. Anda bisa memilih pinjaman plafon besar dengan tenor panjang jika ingin menggunakan dana tersebut untuk keperluan usaha.

4. Tanpa Agunan atau Jaminan

Pinjaman online tidak menjadikan agunan atau jaminan sebagai syarat yang harus dipenuhi pemilik UKM. Artinya, Anda bisa memperoleh pembiayaan tanpa harus menyerahkan aset sebagai jaminan.

5. Membuka Peluang Memperluas Jaringan Bisnis

Untuk memperluas bisnis, salah satu hal yang harus dilakukan adalah mendapatkan modal usaha besar. Anda bisa memanfaatkan pinjaman online untuk memperluas jaringan bisnis melalui promosi, brand awareness dan lain sebagainya. Tentu ini semua membutuhkan modal, apalagi jika Anda ingin menggunakan tenaga profesional supaya meraih hasil maksimal. Jaringan bisnis yang meluas juga akan menghasilkan keuntungan besar.

Butuh Dana? Ajukan Pinjaman Online Sekarang

Seperti yang sudah disampaikan, modal usaha merupakan hal yang amat sangat penting dalam pengembangan bisnis UKM. Memang tidak mudah bagi siapapun untuk mengembangkan usaha yang dijalaninya, butuh kerja keras dan juga modal. Jika saat ini Anda membutuhkan tambahan modal untuk UKM, maka dapat mengajukan pinjaman online.  Berikut ini langkah-langkahnya:

  1.       Pilih aplikasi pinjaman online terpercaya yang terdaftar di OJK.
  2.       Siapkan KTP dan nomor rekening bank.
  3.       Isi formulir pinjaman uang online dengan benar.
  4.       Pahami syarat dan ketentuan, jika setuju silahkan isi pernyataan persetujuan.
  5.       Tunggu sampai proses pengajuan diterima, setelahnya uang akan ditransfer ke rekening Anda.

Sah-sah saja mengajukan pinjaman online untuk keperluan UKM, asalkan Anda bertanggung jawab melunasinya. Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah bunga pinjaman online, sebaiknya perhatikan hal ini sejak awal karena cukup kritikal bagi calon peminjam. Bunga pinjaman online memang lebih besar dari pinjaman konvensional, tapi masih di angka wajar.

Tips Mengajukan Pinjaman Online untuk UKM Supaya Aman

  •       Pinjam sesuai kebutuhan dan kemampuan.
  •       Jangan menunggak cicilan, hindari denda keterlambatan yang terus membengkak. Anda bisa memasang pengingat di ponsel supaya tidak lupa membayar.
  •       Tidak menggunakan uang pinjaman UKM untuk kebutuhan bersifat konsumtif.
  •       Hindari gali lubang tutup lubang, bayarlah cicilan setelah menerima gaji.
  •       Pahami kontrak perjanjian supaya tidak terkena masalah di kemudian hari.

Nah, itulah beberapa manfaat meminjam uang di pinjaman online bagi UKM serta tips mengajukan pinjaman supaya aman. Semoga artikel ini membantu Anda, ya.

Categories: Dunia Usaha