brandoutlet.co.id – Kita sebagai orang yang tinggal dan menjalani kehidupan di Indonesia tentu dalam aktivitas sehari-hari kita tidak lepas dari berbagai layanan dan juga barang dari hasil kreasi para pelaku UMKM. Dimulai dari bermacam jajanan atau kue atau makanan ringan, sampai kebutuhan pokok yang disediakan di minimarket atau di warung yang berada di dekat rumah. 

Bahkan di era digital seperti ini, beberapa pelaku usaha UMKM tidak perlu memiliki sebuah gerai atau toko untuk bisa memasarkan produk atau barang jualanya, melalui internet. Usaha kecil yang tersebar di sekitar kita ini mempunyai kontribusi yang sangat besar dan krusial bagi perekonomian kita secara makro.

Ada berbagai macam acara yang dapat dilakukan untuk para pelaku usaha UMKM bisa meningkatkan omzet dan pendapatan nya. Salah satunya yaitu dengan cara mengikuti program pembinaan yang diselenggarakan oleh pemerintah.

Keuntungan – Keuntungan UMKM Binaan BUMN

Pemerintah tidak tinggal diam dalam membantu para pelaku UMKM untuk mempercepat gerak para pelaku usaha dalam mengembangkan usaha dan bisnis mereka. Bermacam-macam cara dilakukan seperti memberikan dukungan dari segi regulasi, perpajakan, proses perizinan, dan perluasan jangkauan akses pasar atau disebut ekspansi. Berikut beberapa keuntungan menjadi UMKM binaan kementerian dan BUMN.

  • Keikutsertaan dalam Pameran

Badan usaha milik negara (BUMN) saat ini semakin rajin melakukan berbagai pembinaan kepada para pelaku UMKM. Selain memberikan pelatihan usaha, mereka juga sering mengajak atau mengikutsertakan kepada para mitra binaan dalam berbagai ajang pameran. 

Keuntungan Menjadi UMKM Binaan BUMN

Sebagai mitra BUMN, para pelaku usaha tidak dipungut biaya dalam keikutsertaanya di pameran, termasuk untuk sewa tempat atau booth pameran. Keikutsertaan dalam pameran berskala nasional maupun internasional akan sangat berdampak bagi para pelaku usaha, karena mampu menambah atau memperluas jangkauan pasar bagi produk UMKM itu sendiri.

  • Percepatan Perizinan

Pada era digital dan revolusi industri 4.0 seperti sekarang, kecepatan menjadi salah satu syarat utama untuk dapat memenangkan dalam persaingan usaha. Pemerintah dapat memahami arti kecepatan dalam perluasan jangkauan UMKM terutama di bagian proses perizinan. Bagi para pelaku usaha UMKM binaan pemerintah, tentu dalam proses perizinan awal atau dalam proses ekspansi memperluas jangkauan pasar.

Selain itu dapat dipermudah dan dibantu pada proses perizinan nya, Dalam mendukung perkembangan UMKM, pemerintah juga sudah meningkatkan atau mempercepat perizinan dengan meluncurkan program single submission, sistem perizinan yang terintegrasi secara elektronik. Terobosan seperti ini dirasa sangat penting, karena di era seperti sekarang sudah tidak relevan jika para pelaku usaha harus mengurus izin selama berminggu-minggu.

  • Pembinaan Usaha

Bentuk dukungan pemerintah lainya kepada para UMKM binaan yaitu dalam bentuk pelatihan atau pembinaan bagi para pelaku usaha. Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan usaha kecil agar dapat menjadi mandiri dan maju.

Program pelatihan ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan kemampuan para peluka usaha supaya menjadi lebih tangguh dan mandiri, program ini secara tidak langsung juga sebagai bentuk pemberdayaan sosial di masyarakat. 

Baca Juga : Bantuan UMKM dari Pemerintah di Tengah Pandemi Covid-19

  • Perluasan Pasar

Pemerintah melalui berbagai kementerian dan BUMN memberikan dukungan penuh kepada para pelaku usaha UMKM binaan untuk bisa melebarkan jangkauan pasar mereka, atau ekspansi pasar. Hal ini bertujuan agar para pelaku UMKM bisa mendapat kesempatan untuk bersaing dengan berbagai produk sejenis yang ada di pasaran selama ini. Hal ini menunjukkan keberpihakan pemerintah dalam hal usaha memajukan UMKM sebagai salah satu tulang punggung perekonomian di Indonesia. 

  • Meningkatkan Produktivitas

Tidak sedikit para pelaku UMKM yang sebelumnya adalah para pelaku usaha yang berdiri sendiri. Akan tetapi, melalui pembinaan UMKM oleh pemerintah diharapkan kepada para pelaku usaha tersebut dapat mampu meningkatkan produktivitasnya dengan meningkatkan keterampilan proses produksi.

Diharapkan melalui meningkatnya keterampilan dalam proses produksi ini mampu meningkatkan juga produktivitasnya. Usaha lain yaitu meningkatkan kemampuan manajerial, dalam hal ini diharapkan mampu meningkatkan pemecahan permasalah yang mana akan berdampak juga pada tingkat produksi.

Syarat Menjadi UMKM Mitra Binaan Kementerian dan BUMN

  1. Memiliki hasil penjualan tahunan tidak lebih dari Rp 1 Miliar
  2. Usaha yang dimiliki oleh Warga Negara Indonesia (WNI), dengan ditunjukkan mempunya dokumen seperti KTP/SIM/Paspor
  3. Usaha berdiri sendiri, bukan merupakan anak suatu perusahaan atau juga bukan cabang suatu perusahaan yang dimiliki atau berafiliasi baik langsung maupun tidak langsung dengan usaha menengah dan besar
  4. Berbentuk usaha perseorangan
  5. Telah menjalankan kegiatan usaha minimal satu tahun serta mempunyai suatu potensi dan prospek usahanya agar bisa dikembangkan
  6. Di dalam usahanya terdapat pencatatan atau pembukuan yang rutin dan tertib
  7. Membuat dan menyampaikan laporan atas perkembangan usaha kepada pemerintah atau BUMN.

Semoga dengan adanya pembinaan UMKM bagi para pelaku usaha dan masyarakat mampu memberikan jawaban atas kebutuhan akan lapangan pekerjaan dan diharapkan mampu meningkatkan mutu dan kesejahteraan masyarakat.