brandoutlet.co.id – Kartu kredit bagi sebagian orang memang sangat diperlukan, di mana memang kartu yang satu ini sering kali dikatakan sangatlah membantu ekonomi masyarakat. Penggunaan kartu kredit di Indonesia sendiri sudah tidak asing lagi, bahkan masyarakat yang menggunakan kartu ini tidaklah sedikit. Terlebih lagi banyak sekali promo yang bisa didapatkan ketika Anda menggunakan kartu ini. 

Tapi terkadang masyarakat menganggap memiliki kartu kredit adalah hal yang sangat mewah, di mana kenyataannya adalah tidak. Hal ini sendiri dikarenakan masyarakat masih belum mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari penggunaan kartu kredit. Di bawah ini sendiri akan dijelaskan secara singkat apa saja kelebihan dan kekurangan dari kartu kredit.

Kelebihan Kartu Kredit 

Untuk poin pertama ada baiknya Anda mengenal kelebihan dari kartu kredit. Di mana  berikut ini adalah kelebihan yang bisa Anda nikmati ketika menggunakan kartu kredit: 

  • Lebih Praktis 

Kelebihan pertama dari penggunaan kartu kredit adalah terbilang lebih praktis daripada kartu debit.

kelebihan dan kekurangan kartu kredit

Hal ini sendiri dikarenakan Anda yang menggunakan kartu kredit hanya cukup menggesekkan kartu tanpa perlu memikirkan berapa minimal nominal yang perlu dibelanjakan. Tidak seperti kartu debit yang terkadang tidak semua merchant memiliki mesinnya. 

  • Promo Berlimpah 

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari kartu kredit adalah Anda dapat menikmati promo yang lebih banyak dibandingkan ketika menggunakan cash atau kartu debit. Kartu kredit sendiri biasanya menyediakan promo seperti poin, diskon, gratis produk dan lain sebagainya. Tentu saja ini menjadi keuntungan yang sangat disukai oleh masyarakat. 

Baca Juga : Melihat Beberapa Bantuan untuk UMKM dari Pemerintah Indonesia

  • Solusi Keadaan Darurat 

Kelebihan lain dari penggunaan kartu kredit adalah dapat dipakai saat keadaan darurat. Contohnya ketika Anda harus membayar tagihan bulanan kapan saja tanpa perlu takut akan keterlambatan. 

  • Bisa Mengevaluasi Pengeluaran 

Penggunaan kartu kredit sendiri biasanya akan tercatat secara jelas pengeluarannya. Di mana ini akan sangat menguntungkan Anda karena dapat melakukan evaluasi terhadap pengeluaran. Disini Anda dapat melihat apa saja pengeluaran yang tidak seharusnya tidak perlu. Selanjutnya bisa menjadi catatan sendiri bahwa bulan berikutnya tidak perlu lagi diulang. 

  • Pengajuan Pinjaman Tanpa Agunan 

Kelebihan lain dari kartu kredit adalah Anda berkesempatan untuk mengajukan pinjaman tanpa agunan. Di mana ini tentu akan sangat membantu Anda yang memang sangat membutuhkan suntikan dana untuk kebutuhan usaha. Kelebihan yang satu ini memang menjadi banyak alasan masyarakat membuka kartu kredit ataupun mendownload aplikasi pinjaman online

Dari kelebihan tersebut tidak heran jika kartu kredit sering dipilih sebagai alternatif pembayaran oleh masyarakat. Tapi Anda juga perlu mengetahui apa saja kekurangan dari kartu kredit ini. 

Kekurangan Kartu Kredit 

Berikut ini adalah kekurangan dari kartu kredit yang juga perlu Anda ketahui: 

  • Minimal Belanja 

Walaupun pada kelebihannya Anda tidak perlu memikirkan berapa nominal belanjaan, akan tetapi penggunaan kartu kredit ada minimal nominal belanja. Semisalnya kartu kredit dapat digunakan apabila belanja di atas 50.000 rupiah atau lebih dari itu. 

Tentu saja ini menjadi kekurangan yang bisa merugikan Anda karena harus menghabiskan nominal tersebut agar bisa berbelanja menggunakan kartu kredit. Jadi sangat diharapkan Anda menggunakan kartu kredit sebijak mungkin. 

  • Lebih Konsumtif 

Kekurangan lain dari menggunakan kartu kredit adalah Anda bisa saja lebih konsumtif. Hal ini sendiri karena adanya kemudahan pembayaran tanpa menggunakan uang cash. Sehingga dapat terjadi pikiran bahwa akan bisa dibayar pada saat penagihan disetiap akhir bulan. Tapi hal ini malah menjadikan diri Anda lebih banyak berbelanja ketimbang menggunakan uang cash. 

  • Adanya Bunga 

Kekurangan dari kartu kredit sendiri adalah menerapkan sistem bunga. Tentu saja ini bisa saja memberatkan Anda, di mana hitungan bunganya sendiri juga tidaklah kecil. Hal tersebut membuat tagihan membengkak apalagi jika pembayaran telat ataupun limit yang digunakan cukup besar. 

  • Aturan yang Diberikan Sangat Ketat 

Kerugian lain dari penggunaan kartu kredit adalah peraturan yang diberikan terlalu ketat, dimana membuat pengguna kartu kredit terkadang tidak merasa nyaman. Aturan-aturan yang biasanya diberikan adalah pembatasan merchant, bunga yang cukup tinggi, tenggat waktu pembayaran dan lain sebagainya. Bahkan debt collector pun siap bertindak jika Anda belum membayar. 

Adanya kekurangan dan kelebihan dari kartu kredit tersebut pun bisa menjadi penilaian Anda. Di mana tidak masalah Anda membuka kartu kredit, hanya saja gunakan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan. Karena banyak sekali masyarakat yang akhirnya malah terlilit hutang karena penggunaan kartu kredit yang berlebihan. 

Pastikan juga kartu kredit yang Anda gunakan memiliki limit di bawah pendapatan bulanan agar tidak terjadi minus. Banyak sekali masyarakat yang teledor dan tidak memperhatikan seberapa besar kemampuan untuk membayar tagihan. Dari adanya penjelasan kelebihan dan kekurangan tersebut maka Anda bisa lebih bijak lagi dalam menggunakan kartu kredit.