brandoutlet.co.id – Dalam dunia kontruksi masa kini, berbagai peralatan dan bahan dapat ditemukan dengan sangat mudah di pasaran. Mulai dari batu bata, semen, hingga perlengkapan dari beton dibuat untuk memudahkan dalam mengerjakan pembangunan. Salah satunya adalah sheet pile, yaitu dinding yang cukup tipis dan vertikal yang digunakan untuk membendung tanah maupun masuknya air pada lubang-lubang galian yang nantinya akan dibangun sesuatu di tempat tersebut. Sheet pile ini dapat dibuat dari berbagai material, mulai dari kayu, baja, hingga sheet pile beton.

Macam-Macam Sheet Pile dan Tempat Pembelian yang Paling Direkomendasikan

Beragam Manfaat Sheet Pile

Apabila Anda bertanya-tanya, mengapa dalam sebuah konstruksi, terutama konstruksi besar di daerah-daerah berair membutuhkan sheet pile? Sebab, dengan memasang sheet pile, air dari daerah sekitar tidak akan masuk ke area pembangunan sehingga pekerja dapat melakukan kontruksi dengan baik. Seperti yang kita tahu, bangunan yang belum selesai akan mudah lapuk jika terus-terusan terpapar air, sehingga bangunan tersebut rapuh dan mudah mengalami kerusakan.

Fungsi lain dari sheet pile adalah untuk menahan benturan-benturan ketika proses pemancangan. Apalagi jika Anda menggunakan sheet pile dari baja maupun beton, biasanya mudah dibongkar pasang dan awet sehingga dapat digunakan berkali-kali tanpa harus membeli sheet pile baru untuk proses pembangunan baru.

Melihat fungsi tersebut, sheet pile pun sering digunakan pada pembangunan tebing jalan raya atau tebing sungai. Sheet pile juga kerap digunakan sebagai penahan tebing galian ketika membuat pondasi-pondasi basement. Tidak lupa, sheet pile juga sangat membantu dalam pengerjaan bangunan di pelabuhan seperti membuat dinding dermaga maupun dok kapal. Pembuatan bendungan juga tidak meninggalkan sheet pile sebagai alat bantu yang dirasa praktis dan kuat.

Hanya saja, meskipun sheet pile sangat berguna untuk berbagai macam konstruksi, sayangnya tidak cocok digunakan pada tanah yang terlalu tinggi. Jika dipaksakan Anda akan butuh banyak sekali sheet pile, dan hal itu berpengaruh pada biaya konstruksi yang terlalu besar. Selain itu, karena akan sulit dipancang pada tanah berbatu, sheet pile juga tidak disarankan digunakan pada tanah yang mengandung banyak batuan.

Macam-Macam Sheet Pile dan Tempat Pembelian yang Paling Direkomendasikan

Bahan pembuat sheet pile dapat bermacam-macam, mulai dari kayu, beton, dan baja. Sheet pile kayu biasanya digunakan untuk menahan tebing galian atau membantu pembangunan sementara. Sheet pile jenis ini juga kurang cocok untuk pembangunan di atas air, karena sifat kayu yang mudah lapuk. Apabila ingin sheet pile yang kuat dan tahan lama, disarankan untuk memakai sheet pile beton atau baja.

Baca juga : Solusi Mobil Aman dari Pencuri: Kaca Film Apache – KacaFilm.co.id

Salah satu tempat yang jual sheet pile beton murah dan bisa menjadi rujukan Anda adalah MegaconPerkasa.com. Anda bisa menghubungi di no telp ☎ (021) 2957 2295 . Selain sheet pile, banyak pula bahan kontruksi yang bisa Anda temukan seperti pagar panel beton, kanstin, pipa beton dan lain sebagainya.