Kemudahan dalam mengakses internet kini sudah dirasa hamper menyeluruh di tiap lapisan masyarakat, hal ini tentu juga disadari oleh pemerintah. Bahwa masyarakat di Indonesia secara umum kini mulai menggunakan internet hamper di tiap aktivitas nya, seperti bepergian dengan ojek atau taksi online, pesan makanan secara online, tenaga pencuci online, dan masih sangat banyak lagi aktivitas sehari-hari yang tidak terlepas dari koneksi internet.

Melihat perkembangan ini pada masyarakat, pemerintah pun tidak tinggal diam dan langsung mengambill tindakan berupa mencoba beradaptasi dengan keadaan tersebut dengan cara membuat pelayanan-pelayanan pada masyarakat menjadi online seperti pembuatan Surat Izin Usaha Perdagangan atau lebih biasa kita sebut SIUP yang akan kita bahas pada artikel kali ini.

Inilah Cara Untuk Daftar SIUP Online

Cara Untuk Daftar SIUP Online

Ada beberapa langkah mudah yang perlu kamu ketahui dan jalankan jika kamu ingin membuat SIUP secara online atau biasa disebut Online Single Submission (OSS), berikut tahapan nya :

  1. Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mendaftar dengan cara membuat akun secara online di situs BPTSP DKI Jakarta dengan menggunakan alamat email perusahaan. Kemudian siistem secara otomatis akan mengirimkan pemberitahuan bagi pemohon baru agar melakukan verifikasi berkas-berkas ke PTSP terdekat supaya akun yang tadi dibuat dapat diaktifkan. Beberapa berkas yang dibutuhkan dalam proses ini adalah NPWP perusahaan, KTP serta NPWP atas nama direktur dan Surat kuasa bila dikuasakan.
  2. Kedua, kamu sebagai pemohon harus melakukan input dan upload atau unggah berkas persyaratan untuk mendaftar SIUP tidak lebih dari satu jam, dan apabila dalam proses ini melebihi waktu satu jam yang ditentukan, maka proses input dan upload ini harus diulang dari awal. Untuk itu persiapkan segala berkas dengan rapi, beserta hasil scan tiap-tiap dokumen nya, dan jangan lupa pastikan koneksi internet kamu stabil. Adapun yang harus di-scan adalah berkas berupa SKDP, SK Kemenkumham, akta pendirian, dan foto direktur perusahaan.
  3. Terakhir, kamu sebagai pemohon akan diberikan informasi mengenai jadwal pengambilan beserta dokumen yakni formulir registrasi SIUP, serta surat tanda registrasinya. Kemudian lewat situsnya pun akanĀ  diberitahuan estimasi tempo pengambilan SIUP dan TDP di PTSP . Berkas-berkas yang tadi diberikan pun nantinya harus ditandatangani untuk kemudian diserahkan saat kamu mengambil SIUP dan TDP, dan pastikan juga ketika ingin mengambil SIUP dan TDP kamu sudah menyiapkan fotocopy akta notaris, SK kemenkumham, softcopy dari pas foto penanggung jawab perusahaanmu, serta pernyataan kedudukan badan usaha.

Inilah Bagaimana Cara Untuk Daftar SIUP Online

Nah, itulah ulasan singkat nan sederhana dari kami mengenai cara daftar SIUP online, kiranya ulasan kami dapat membantu kamu semua yang sedang dan atau baru ingin memulai sebuah usaha secara legal. Saran juga bagi kalian yang sudah membuka usaha dan ingin melebarkan sayap secara online, kamu bisa menggunakan jasa SEO agar website perusahaanmu selalu ada di peringkat atas pencarian google pada kata kunci pencarian yang kamu inginkan. Semoga bermanfaat.

Categories: Panduan

shares