brandoutlet.co.id – Bila anda berencana ingin membuat blog yang berkualitas dan menarik minat pengunjung maka sebaiknya memperhatikan beberapa hal penting salah satunya domain. Membeli domain tidak semudah yang dibayangkan oleh kebanyakan orang.

Hal-Hal yang Perlu Anda Ketahui Sebeleum Beli Domain Murah untuk Blog

Sebab anda perlu memperhatikan nama domain dari segi panjang kata, SEO, mudah diingat sampai legalitas penyedia domain tersebut. Kebanyakan pemilik blog tentu mencari domain yang harganya murah namun tetap berkualitas. Tak perlu khawatir karena berikut akan dijelaskan beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum beli domain murah untuk blog anda.

  1. Ketersediaan
    Sebelum memutuskan beli domain murah maka anda harus memastikan ketersediaan domain tersebut dan belum dipakai oleh perusahaan lain. Hal ini bertujuan agar nama domain yang anda pilih untuk blog tidak sama dengan blog lain. Bila anda mendaftarkan nama domain yang sudah dipakai maka bisa menimbulkan tuntutan karena nama domain tersebut sudah dimiliki pihak lain secara sah. Untuk memastikan nama domain tersebut maka silakan cek melalui google.
  2. Domain adalah Brand
    Pastikan memilih nama domain yang sesuai dengan brand atau tema blog anda. Hindari pula menggunakan nama domain yang mengandung karakter atau angka karena akan mempersulit pengunjung saat mencari blog anda. Bila hanya mengetikkan nama domain berupa huruf maka lebih mudah dan praktis.
  3. Eksistensi Domain
    Dalam hal ini yang dimaksud adalah akhiran dari nama domain seperti .com, id, .co.id dan lain sebagainya. Pakailah akhiran domain yang sudah populer dan sesuai kegunaan sehingga akan semakin meningkatkan rasa percaya pengunjung terhadap blog anda.
  4. Nama Lebih Pendek Lebih Baik
    Sangat disarankan saat anda akan membeli domain sebaiknya pilih nama domain yang singkat, mudah untuk diingat serta bisa mewakili konten blog anda. Dengan begitu pengunjung bisa lebih mudah mencari nama blog anda.
  5. Provider yang Terpercaya
    Pastikan membeli domain harga murah melalui provider resmi yang sudah terdaftar pada Internet Corporation for Assigned Names and Numbers (ICANN). Bila anda salah memilih provider maka akan menyulitkan anda saat memindahkan domain ke penyedia lain.
  6. Domain Lama
    Bila anda ingin membeli domain yang sudah terdaftar maka silakan periksa terlebih dahulu sejarah domain tersebut. Pastikan nama domain tidak digunakan untuk hal-hal yang melanggar hukum, sesuai dengan tujuan blog anda serta mempunyai trafik yang bagus.
  7. Who Is Id Protection
    Pastikan saat anda membeli domain, pihak provider memberikan layanan domain privacy protection. Melalui layanan tersebut segala data pribadi yang anda masukkan saat mendaftar akan terjaga kerahasiannya. Dengan begitu anda bisa terhindar dari email spam, hacking dan hal-hal yang merugikan lainnya.

Baca juga : 5 Rekomendasi Penyedia Layanan Web Hosting Terbaik Di Indonesia

Itulah tadi beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum membeli domain murah. Dengan memperhatikan penjelasan di atas maka saat membuat blog anda bisa merencanakan pembuatan nama domain yang bagus sehingga memudahkan pencarian blog anda di mesin pencari.