Pernah mendengar tentang teks eksplanasi? Bagi siswa mungkin pernah mendengar atau bahkan pernah mendapatkan tugas untuk membuat teks eksplanasi. Jenis teks ini bermakna sebagai teks penjelas. Kata eksplanasi sendiri diserap dari istilah bahasa inggris yaitu ‘explanation’ yang berarti penjelas. Sehingga secara singkat teks eksplanasi merupakan jenis teks yang digunakan untuk hal-hal yang berkaitan dengan fenomena di sekitar kita. Misalnya seperti untuk menjelaskan fenomena sosial budaya, bencana alam, atau lainnya.

Contoh Teks Eksplanasi, Ketahui Ciri-Ciri Teks Eksplanasi Ini

Fungsi Teks Eksplanasi

Sebagaimana yang dijelaskan dari pengertian teks eksplanasi, maka fungsi teks ini yaitu sebagai kalimat yang digunakan untuk menjelaskan suatu kejadian atau peristiwa yang sudah berlangsung. Tujuannya agar lebih mudah dipahami oleh siapapun yang membaca teks tersebut.

Ciri-Ciri Teks Eksplanasi

Untuk mengenali sebuah teks eksplanasi, berikut ada beberapa ciri-ciri teks eksplanasi:

  • Secara struktur, teks eksplanasi minimal harus terdiri dari pernyataan umum tentang suatu topik yang disertai dengan penjelasan detail dengan menunjukkan proses sebab akibat.
  • Teks eksplanasi dimulai dari pernyataan yang bersifat umum, lalu kemudian diikuti dengan penjelasan detail tentang pernyataan umum tersebut.
  • Pernyatan umum dari suatu teks eksplanasi perlu syarat agar terjadi sebagaimana yang dinyatakan dari pernyataan umum. Persyaratan ini biasanya dijelaskan di bagian penjelas.
  • Teks eksplanasi biasanya membhasa tentang fenomena-fenomena yang memang terjadi atau fakta di lingkungan. Topik yang diangkat berkaitan dengan bencana alam, fenomena sosial, budaya dan lain sebagainya.
  • Teks eksplanasi termasuk jenis teks ilmiah, sehingga pembahasan fenomena di dalam teks eksplanasi juga disampaikan dengan pertanggungjawaban kebenarannya untuk diterima nalar pembaca.
  • Informasi yang disampaikan bersifat informatis sekaligus rasional.

Contoh Teks Eksplanasi

Berikut ada sedikit contoh teks eksplanasi tentang gempa bumi yang harus memenuhi tiga unsur utama teks eksplanasi, yaitu pernyataan umum, deretan penjelasan dan interpretasi.

Pernyataan Umum

Negara Indonesia menjadi negara yang dilewati dua jalur pegunungan di dunia. Sehingga di negara ini ditemukan deretan gunung berapi yang cukup banyak di berbagai wilayahnya. Akibatnya bencana gempa bumi sering terjadi di Indonesia.

Baca juga : Aplikasi Chat atau Messenger untuk Jualan Online

Deretan Penjelasan

Gempa bumi terjadi karena adanya aktivitas magma di perut bumi. Aktivitas ini biasanya terjadi sebelum gunung berapi meletus. Mengingat Indonesia menjadi negara yang dilewati oleh dua jalur pegunungan di dunia, sehingga tak heran jika sering terjadi gempa bumi di Indonesia.

Interpretasi

Indonesia menjadi negara yang rawan terhadap bencana gempa bumi. Sehingga perlu adanya upaya untuk mengantisipasi sekaligus persiapan jika sewaktu-waktu gempa bumi terjadi.

Demikian itulah sedikit penjelasan tentang teks eksplanasi berserta fungsi, ciri-ciri dan contoh teks eksplanasi. Untuk lebih jelas dan lengkapnya, silakan kunjungi https://www.dosenpendidikan.com/. Semoga info ini bermanfaat untuk Anda semua.