Pada masa pandemi seperti ini pasti menjadi masa yang sangat sulit bagi para pengusaha terutama pengusaha kecil. Dengan perubahan yang terjadi dikarenakan pandemi, memaksa para pengusaha  untuk terus berinovasi agar tetap survive dan berkembang di masa pandemi yang sulit.

Dibutuhkan modal untuk terus menggerakkan usaha agar tetap produktif. Tapi karena pandemi covid 19 melanda, daya beli dari masyarakat makin menurun sehingga modal bisa semakin menipis untuk terus menunjang keberlangsungan usaha. Disini diperlukan suntikan dana agar usaha yang kita jalankan bisa terus berjalan dan berkembang dengan baik. 

Untuk mendapatkan tambahan modal agar usaha yang kita lakukan bisa tetap survive di masa pandemic ini, kita bisa memanfaatkan pinjaman kredit usaha rakyat yang banyak ditawarkan. Salah satu bank yang menawarkan kredit usaha rakyat dengan bunga yang cukup kompetitif adalah bank BRI.

Bank milik pemerintah ini mempunyai beberapa penawaran program kredit yang cukup menarik yang bisa kita pilih untuk menjadi tambahan modal bagi usaha yang sedang kita lakukan. Program-program kredit yang ditawarkan oleh bank BRI tersebut antara lain:

Pinjaman Mikro

Pada program kredit ini ada dua pilihan yang mungkin bisa kita pilih, yaitu:

  • Kredit Usaha Rakyat

Kredit Usaha Rakyat atau KUR ini diperuntukkan kepada para pelaku usaha mikro, usaha kecil dan juga koperasi untuk menunjang pengembangan kapasitas usaha san mendorong pertumbuhan ekonomi mikro agar bisa menaikkan daya saing bagi para pelaku usaha. Pada KUR sendiri masih terbagi lagi menjadi 3 jenis KUR yaitu:

  • KUR Mikro
  • KUR TKI
  • KUR Kecil 
  • Kupedes

Kupedes adalah program kredit yang ditujukan untuk semua sektor ekonomi, baik itu individu maupun kelompok dengan memenuhi semua persyaratan dan ketentuan yang sudah ditetapkan.

Pinjaman Retail

Program pinjaman retail ini ditujukan untuk kredit modal kerja dan juga investasi. Untuk program kredit jenis ini tidak ada batasan maksimal jumlah yang diajukan tapi akan disesuaikan dengan kemampuan dari si peminjam itu sendiri.

Dari beberapa program pinjaman yang ditawarkan oleh bank BRI, program pinjaman KUR cukup menarik untuk menjadi pilihan bagi kita para pengusaha kecil karena bunganya yang kompetitif dan juga tenor yang bervariatif.  Lalu bagaimana cara untuk mengajukan pinjaman KUR di bank BRI? Apa saja syarat dan ketentuannya?

Cara mengajukan pinjaman kredit Usaha Rakyat BRI untuk pengusaha kecil

Untuk mengajukan pinjaman kredit usaha rakyat BRI ada ketentuan dan juga syarat-syarat yabg harus dipenuhi oleh calon debitur. Apa saja syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi? Mari kita simak syarat dan ketentuannya.

Ketentuan umum pengajuan pinjaman Kredit Usaha Rakyat di BRI

  • Warga nbegara Indonesia
  • Memiliki usaha yang sudah berjalan minimal selama 6 bulan
  • Usaha yang dijalankan sudah terdaftar dalam salah satu e-commerce dan atau sudah tftar dalam salah satu penyedia jasa antar
  • Memiliki legalitas usaha
  • Tidak sedang memiliki hutang atau kredit pembiayaan di BRI atau jasa perbaknan lainnya.

Syarat untuk mengajukan pinjaman Kredit Usaha Rakyat di BRI 

  • Mengisi formulir pengajuan yang sudah disediakan oleh pihak bank
  • Identitas  diri berupa kartu tanda pengenal elektronik (E-KTP) dan juga Kartu Keluarga (C1)
  • Surat ijin usaha atau surat keterangan usaha yang diterbitkan oleh e-commerce ataupun dari pihak penyedia jasa ride hailing.
  • Surat legal yang akan diagunkan

Setelah memenuhi semua ketentuan syarat dan juga ketentuan, kita bisa mengajukan permohonan  pinjaman kredit usaha rakyat secara online maupun offline. Untuk pengajuan permohonan pinjaman secra online, kita bisa masuk ke halaman website https://kur.bri.co.id/ lalu login apabila sudah mempunyai akun bri atau melakukan pendaftaran terbih dahulu.setelah melakukan login, kita akan dibawa masuk ke halaman syarat dan ketentuan. Baca dengan detail dan seksama semua syarat dan ketentuan yang ada. Setelah yakin untuk mengajukan pinjaman, tekan tombol setuju & ajukan pinjaman dan jangan lupa untuk mengisi captcha yang sesuai. Setelahnya kita akan diminta untuk mengisi forrmulir. Isi  formulir dengan data yang tepat lalu jangan lupa untuk membaca disclaimer yang ada di bagian bawah. Setelah semua terisi kita bisa mengirim pengajuan permohonan pinjaman kredit usaha rakyat.

Untuk pengajuan permohonan secara offline kita bisa dating ke bank BRI terdekat dengan membawa semua syarat yang sudah ditentukan. Di bank kita akan diarahkan oleh petugas untuk mengisi formulir dan akan mendapatkan semua penjelasan tentang syarat dan ketentuan pengajuan pinjaman kredit usaha rakyat. Setelah semua syarat lengkap dan formulir sudah diisi, petugas akan memverifikasi dan kita tinggal menunggu proses wawancara dan survey.

Setelah pengajuan permohonan pinjaman kredit usaha rakyat dilakukan baik secara online maupun offline, petugas dari bank BRI akan datang untuk melakukan wawancara dan juga survey untuk mempertimbangkan kelayakan sebagai pertimbangan apakah kitta laayak untuk mendapatkan pinjaman kredit usaha rakyat atau tidak. Biasanya proses ini memakan waktu satu minggu dan apabila permohonan kredit disetujui, dana akan segera masuk ke rekeningmu dan bisa menjadi suntikan modal untuk usaha yang sedang kita jalankan.

Itulah cara yang bisa kita lakukan untuk mengajukan pinjaman kredit usaha rakyat di bank BRI agar bisa mendapat tambahan modal untuk terus menggerakkan usaha yang sedang kita geluti.

Categories: Dunia Usaha