brandoutlet.co.id – Pemerintah negara Indonesia berusaha untuk membangun perekonomian rakyat terus berjalan meski pada masa Covid-19 ini. Lewat beberapa kementerian terkait, pemerintah rela mengeluarkan uang bantuan untuk disalurkan kepada masyarakat yang terkena dampak virus corona.

Dari beberapa kementerian terdapat salah satu yang ditunjuk pemerintah untuk mengatur dan menyalurkan dana bantuan ke masyarakat yakni Kementerian UMKM. Program bantuan yang direalisasikan adalah BPUM (Bantuan Produktif Usaha Mikro dari Kementerian UMKM lewat program bantuan langsung tunai atau BLT UMKM untuk menyalurkan dana bantuan bagai pengusaha UKM.

Program tersebut akhirnya diperpanjang  sampai tahun 2021 oleh Kementerian UMKM sendiri. Program bantuan dana yang akan ditujukan ke para penggiat usaha mikro tersebut atau biasa dikenal dengan bantuan langsung tunai (BLT) UMKM, member bantuan dana sekitar 2,4 juta untuk dijadikan modal usaha.

Pihak kementerian bekerjasama oleh perusahaan perbankan yakni bank BRI untuk penyaluran program bantuan tersebut. Penjelasan dari Supardi selaku direktur mikro bank BRI bahwa bank BRI akan membantu menyalurkan dana BPUM 2021 sampai 31 Januari 2021.

Maka dari itu, untuk masyarakat yang mempunyai usaha mikro, dapat langsung mendaftarkan diri agar bisa memperoleh bantuan dana dari program BLT BPUM sebesar 2,4 juta.

bantuan produktif usaha mikro

Untuk masyarakat yang ingin melakukan pendaftaran menjadi salah satu peserta penerimaan BPUM, dapat melihat beberapa syarat serta cara untuk mendaftarkan diri di BLT UMKM.

Bagi yang ingin mendapat dana bantuan, perhatikan cara dan syaratnya dibawah ini :

  1. Syarat Bantuan Dana UMKM

  • Merupakan warga negara asli Indonesia (WNI)
  • Memiliki NIK atau Nomor Induk Kependudukan
  • Mempunyai kegiatan usaha mikro lewat surat usulan untuk calon penerima serta pengusul dari BPUM dan lampiran surat menjadi satu kesatuan
  • Profesinya bukan pegawai BUMD, BUMN, anggota Polri/TNI atau bahkan ASN
  • Statusnya sedang tidak menerima suatu kredit atau pendanaan dari perusahaan perbankan
  • Bagi para pelaku pengusaha mikro yang memiliki alamat KTP berbeda dengan lokasi usaha bisa melampirkan SKU atau Surat Keterangan Usaha

Jika dilihat dua syarat terakhir yang ada di atas mengenai SKU, kamu bisa mengunjungi situs resmi dari program tersebut.

Baca Juga : Tips Agar Cepat Lunas dari Pinjaman Modal Usaha

  1. Mendaftar untuk Bantuan Dana UMKM

Cara untuk mendaftarkan diri agar bisa memperoleh bantuan UMKM ini dapat kamu ketahui pada tahap prosedur untuk pengajuan calon peserta penerima BPUM pada petunjuk pelaksanaan program BPUM. Simak caranya dibawah ini :

  • Calon peserta penerima dana bantuan langsung diusulkan oleh BPUM
  • Pihak pengusul memberikan data usulan nama calon penerima bantuan ke menteri, Deputi yang bertanggung jawab terhadap program BPUM dengan cara langsung ataupun bertahap. Hal ini terdiri dari :
    • Nama Lengkap
    • NIK
    • Bidang Usaha
    • Alamat Lengkap sesuai KTP
    • Nomor Telepon
  • Pihak pengusul untuk penerima dana bantuan BPUM adalah :
    • Pihak koperasi yang telah disahkan oleh badan hukum
    • Instansi yang bertanggung jawab terhadap UKM dan koperasi
    • Lembaga atau kementerian
    • Perusahaan bank serta perusahaan pendanaan yang sudah terdaftar resmi di OJK

Siap-Siap Mengembalikan Uang Bantuan Bagi yang Tidak Mempunyai Kegiatan Usaha

Program bantuan BPUM yang diselenggarakan oleh pemerintah akan terkonfirmasi lewat SMS dari pihak bank BRI sekitar 2,4 juta dan merupakan anggaran dari APBN, Tapi, jika yang menerima dana bantuan ini tidak mempunyai kegiatan usaha sama sekali maka perlu siap-siap untuk nantinya diminta mengembalikan dana bantuan yang telah diambil.

Penerima bantuan BLT atau BPUM ini tidak masuk ke dalam berkas pengusulan dan bahkan data yang ada sebagai peserta penerima bantuan tapi tidak mempunyai kegiatan atau jenis usaha sama sekali nantinya akan langsung diminta untuk melakukan pengembalian uang tunai yang sudah diterima.

Bagi masyarakat yang memperoleh bantuan dari pemerintah melalui program BPUM namun tidak mempunyai usaha maka bersiap untuk diminta mengembalikan dana tersebut, di lapangan akan diturunkan tim survey untuk mengecek langsung kondisi yang ada, jika nanti survey mengetahui bahwa salah seorang penerima tidak mempunyai kegiatan usaha maka wajib untuk mengembalikan bantuan dana tersebut.

Dengan begitu, penyampaian aturan dan persyaratan yang ada harus menjadi perhatian khusus bagi seluruh masyarakat yang ingin bersaing mendapatkan bantuan dana tersebut, agar upaya yang dilakukan tidak sia-sia dan bantuan yang tersalurkan pun bisa bermanfaat sesuai dengan tujuan dari adanya program bantuan dana dari pemerintah tersebut.

Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau biasa dikenal dengan dana BLT UMKM ini sangat membantu masyarakat khususnya untuk mendorong laju perekonomian yang sedang tersendat karena kondisi pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum memperlihatkan harapannya untuk hilang dari muka bumi. Dengan begitu program bantuan yang diusung oleh pemerintah dapat terealisasi dengan baik agar bisa mengurangi beban rakyatnya yang turut merasakan dampak karena virus korona.