Apa yang pertama kali Anda ingat dari sebuah produk? Tentu merek nya kan. Ya, merek atau kata lainnya brand merupakan sebuah identitas dari sebuah produk atau jasa di dalam suatu perniagaan. Bahkan terkadang karena terlalu fanatiknya pada sebuah merek, seseorang bisa sangat bergantung dan bisa dipastikan tidak akan pindah ke merek lain meskipun dari sisi harga lebih murah. Namun tahukah Anda bagaimana tahapan mendaftar dan memiliki sebuah merek seperti J.CO, CocaCola, McDonald dan merek lainnya? Berikut ini tahapan untuk mendaftarkan merek sebuah produk atau jasa :

  1. Pencarian Nama Merek

Pencarian nama merek dengan cara searching adalah hal yang pertama kali harus Anda lakukan jika akan mendaftarkan merek. Sebagaimana dikutip dari situs Ditjen HKI perihal pendaftaran merek, tahapan ini bertujuan agar calon pendaftar mengetahui apakah sudah ada merek dan produk yang memiliki kesamaan dengan merek dan produk Anda sehingga bisa meminimalisir resiko tertolak.

Cara mendaftarkan merek untuk usaha kecil

  1. Mengisi Kelengkapan Persyaratan Pengajuan

Masih dari situs yang sama, setelah pencarian nama merek maka proses selanjutnya Anda diharuskan mendownload persyaratan kelengkapannya, mengisi dengan lengkap data-data yang diminta serta ditanda tangani oleh Anda selaku pendaftar atau pemohon.

  1. Mendapatkan Tanggal Penerimaan dan Pengumunan Berita Merek

Setelah Anda mengajukan kelengkapan persyaratan, maka selanjutnya Anda akan mendapatkan tanggal penerimaan dan selambat-lambatnya 15 hari selepas Tanggal Penerimaan maka permohonan Anda masuk dan diumumkan dalam Berita Merek. Lamanya sampai pengumuman sekitar 2 bulan, dan di masa ini juga diberikan kesempatan untuk memberikan ajuan keberatan jika merek Anda tidak bisa didaftarkan.

  1. Pemeriksaan Substantif

Jika sudah melewati masa pengumuman selama 30 hari atau melewati batas akhir ajuan keberatanmaka selanjutnya merek Anda memasuki masa Pemeriksaan Substantif. Yaitu tahapan dimana merek Anda ditentukan apakah bisa didaftarkan atau tidak dan keputusannya selambat-lambatnya 150 hari dari dimulainya Pemeriksaan Substantif itu sendiri.

  1. Penerbitan Sertifikat Pendaftaran Merek

Jika dalam proses sebelumnya yaitu Pemeriksaan Substantif merek Anda ditolak maka Anda selaku pemohon atau pendaftar berhak mengajukan banding ke Komisi Banding Merek. Dan jika merek Anda disetujui dan diterima untuk kemudian didaftar maka selanjutnya DJKI memiliki kewajiban untuk menerbitkan Sertifikat Pendaftaran Merek dalam waktu 15 hari sejak tanggal Pendaftaran Merek.

Cara untuk mendaftarkan merek untuk usaha kecil

Itu tadi tahapan yang harus Anda lalui jika ingin mendaftarkan merek barang atau jasa, memang terlihat rumit namun akan lebih mudah jika langsung dijalankan sendiri. Dan perlu diingatkan juga untuk menghindari dari jasa calo atau perantara yang berniat membantu dengan menawarkan harga tertentu, karena dengan Anda memilih memproses sendiri berarti sudah memutus mata rantai praktek percaloan yang banyak merugikan.

 

Categories: Panduan

shares