Cara menanam jahe merah, Indonesia adalah sebuah Negara yang memiliki tanah yang begitu subur dan memiliki berbagai jenis tumbuhan, banyak sekali berbagai jenis tumbuhan yang bisa kita tanam baik itu untuk pangan, hias ataupun obat-obatan. Nah kali ini kita akan membahas tentang tanaman yang memiliki begitu banyak khasiat yaitu jahe merah dan bagaimana cara menanam jahe merah. Dengan panduin ini kalian bisa mencoba menanam jahe merah di kebun atupun dekat rumah, langsung saja inilah cara bagaimana menanam jahe merah.

Cara Menanam Jahe Merah

Ada berberapa langkah yang haruskita lakukan untuk menanam jahe merah. Pada kali ini kita akan menggunakan media polybag sebagai tempat untuk menanamnya.

Langkah pertama untuk menanam jahe merah yaitu dengan menyediakan media sebagai tempat untuk menanam jahe merah. Kalian dapat menggunakn polybag yang bisa kalian isi dengan tanah,pasir, dan juga pupuk organic dalam skala perbandingan 1:1:1. Untuk pupuknya sendiri kalian dapat menggunakan pupuk kandang yaitu pupuk yg berasal dari kotoran heawanseperti sapi ataupun kambing. Untuk dapat menggunakan pupuk yang baik sebaiknya kalian menggunakan pupuk yang sudah difermentasikan sebab pupuk yang sudah melalui fermentasi akan lebih mudah diserap oleh  tumbuhan sehingga dapat menghasilkan tanaman yang berkualitas karena dalam pertumbuhan dan perkembangan jahe merah akan lebih cepat.

Langkah kedua kalian bisa sortir atau memilih bibit jahe merah untuk kita tanam.Sebaiknya kalian memilih bibit unggulan agar dapt menghasilkan kualitas jahe merah yang baik. Ciri-ciri dari biboit jahe merah yang unggulyaitu memiliki warna yang cerah, tidak memiliki luka, tidak memiliki penyalkit, dan sudah memiliki umur tua. Dengan begitu bibit akan memberikan hasil yang maksimal pada pertumbuhan dan perkembangan jahe merah. Setelah kita mendapatkan bibit unggul selanjutnya dengan merendamnya apda larutan fungisida,kalian bisa merendamnya kurang lebih 15 menit. Tujuan perendaman pada larutan fungisida yaitu untuk menghilangkan penyait yang ada pada bibit jahe merah tersebut. Karena larutan fungisida dapat mematikan dan membersihkan jamur-jamur pada bibit jahe merah yang dapat membuat penyakit pada jahemerah.

Cara untuk Menanam Jahe Merah

Langkah ketiga yaitu kita sudah bisa melakukan penyemaian  bibit jahe yang sudah direndam tadi. Semaikan terlebih dahulu bibit jahe merah kedalam media yang memiliki kondisi yang lembab dan juga tidak terkena sinar matahari langsung. Tunggu sampai bibit jahe merah bertunas untuk kita pindahkan kemedia yang sudah kalian siapakan.

Langkah keemapt kita bisa menancapkan bibit yang sudah bertunas kedalammedia polybag yang sudah kalian siapakan dengan jumlah bibit sejumlah 3 sampai 4 rimpang. Timbun dengan tanah sedalam 3 sampai 4 cm.

Langkah kelima dengan menyirami tunas dengan air dan tempatkan ke tempat yang tidak terkena sirah matahari langsung karena akan menyebabkan daun jahe merah cepat menguning.

 

Categories: Panduan

shares