brandoutlet.co.id – Prudential merupakan salah satu perusahaan asuransi kesehatan dan jiwa yang sudah berdiri sejak tahun 1995 dengan nama PT Prudential Life Asurance atau yang sering disebut Prudential Indonesia. Prudential menyediakan berbagai layanan untuk menjamin kesehatan masyarakat Indonesia melalui jaminan asuransi. Apakah Anda juga salah satu nasabah dari Prudential? Bingung bagaimana cara klaim asuransi Prudential? Pahami dulu syarat dan ketentuan klaim asuransi Prudential berikut ini:

Klaim Rawat Inap

  • Jika Anda disarankan untuk melakukan rawat inap, maka sebaiknya Anda melakukan rawat inap di rumah sakit yang sudah bekerja sama dengan Prudential. Daftar rumah sakit yang menjadi rekanan Prudential dapat dilihat di situs resmi Prudential Indonesia. Anda juga bisa menghubungi pelayanan medis 24 jam untuk memperoleh informasi daftar rumah sakit yang menjadi rekanan Prudential. Gunakan nomor polis Anda untuk diinformasikan kepada petugas medis terkait.
  • Klaim lebih mudah dilakukan jika Anda sudah menghubungi medis 24 jam sebelum Anda melakukan rawat inap. Nomor telepon medis bisa Anda lihat dri belakang Kartu Peserta Anda. Sehingga pihak Prudential lebih cepat untuk melakukan verifikasi data.
  • Kurang dari 1×24 jam Anda harus menunjukkan kartu peserta dan KTP Anda kepada petugas administrasi rumah sakit. Pastikan data di KTP sana dengan yang di kartu peserta.
  • Seluruh biaya perawatan akan ditanggung oleh Prudential. Jika biaya perawatan melebihi batas maksimal sesuai yang tertera di Polis Anda, maka biaya tersebut harus dibayar oleh peserta sebelum meninggalkan rumah sakit.

Klaim Rawat Jalan

  • Klaim asuransi untuk rawat jalan disesuaikan dengan produk asuransi yang Anda miliki dan ketentuan dari Rumah Sakit dimana Anda menjalani rawat jalan. Klaim asuransi rawat jalan diperuntukkan untuk kondisi darurat seperti kecelakaan.
  • Jika Anda mendapatkan penanganan di Unit Gawat Darurat (UGD) di Rumah Sakit Rekanan, segera tunjukkan kartu peserta Anda untuk diverifikasi. Sehingga Anda tidak perlu membayar biaya masuk UGD dan rawat jalan.
  • Jika biaya rawat jalan Anda tidak dapat ditanggung dengan non-tunai, maka Anda bisa mengajukan klaim reimbursement kepada Prudential. Syarat dan kentetuan untuk melakukan reimbursement bisa dilihat melalui website Prudential.

Jika Anda sudah memenuhi syarat dan ketentuan untuk mengajukan klaim asuransi Prudential seperti yang sudah disebutkan diatas, selanjutnya Anda tinggal melengkapi berkas-berkasnya. Berkas tersebut diantaranya:

  1. Formulir klaim rawat inap
  2. Surat Keterangan Dokter (SKD)
  3. Kuitansi/ tanda terima beserta rincian biaya perawatan
  4. Salinan seluruh hasil pemeriksaan
  5. Salinan Kartu Identitas Diri

Seperti itulah bagaimana cara klaim asuransi Prudential, sebagai catatan, jika Anda melakukan rawat inap atau rawat jalan melalui Rumah Sakit yang sudah bekerja sama dengan Prudential, alur klaim akan lebih mudah dan bahkan Anda hanya perlu menyiapkan Kartu Kepersetaan saja.

 

Baca juga : Cara Menanam Tanaman Kangkung Hidroponik