brandoutlet.co.id – Aplikasi chat atau messenger adalah satu dari beberapa platform yang sering digunakan oleh para pengguna smartphone. Aplikasi tersebut seperti LINE, Whatsapp, BBM dan lainnya. Mereka hadir menggeser keberadaan dari fitur berpesan yang telah tertanam pada ponsel tersebut. Sebab aplikasi chat tersebut dapat digunakan tidak saja untuk mengirim teks, tetapi juga tipe dari file lain, seperti gambar, video atau link website.

aplikasi chatting selain Sebagai alat berpesan, juga digunakan dalam kegiatan pemasaran. Seperti LINE, platform ini selain digunakan untuk chatting juga dapat dimanfaatkan dalam kegiatan bisnis, pemasaran, menerima order, hingga berinteraksi dengan para konsumen. Ada juga aplikasi Lain yang serupa yang digunakan dalam keperluan berbisnis. Berikut kami rangkumuntuk bisnis yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku UKM.

  1. LINE

Aplikasi ini diluncurkan pertama kali di pertengahan tahun 2011, dikembangkan oleh perusahaan Jepang NHL Corporation.  Line memungkinkan para penggunaanya untuk saling berkirim pesan teks, panggilan suara, pesan suara, mengirim video, gambar hingga panggilan video. Aplikasi ini bahkan di klaim aplikasi chat terbaik dan terlaris pada 42 Negara.

  1. WhatsApp

Sama seperti aplikasi chat lainnya Anda dapat menggunakan untuk berbagi file berupa teks, gambar, video, panggilan suara,  panggilan video, pesan suara,. Aplikasi ini selain di Indonesia juga sangat populer di Meksiko, Brasil serta negara tetangga Malaysia.

  1. Jongla

Jongka merupakan aplikasi pesan cepat berbasis di Negara Filandia. Aplikisi ini baru resmi masuk ke pasar Indonesia di tahun 2014. Sejak pertama diluncurkan hingga saat ini aplikasi tersebut telah diunduh oleh sekitar 2.5 juta kali. Para penggunan aplikasi ini tersebar pada beberapa negara, seperti Brazil, Turki, India, Meksiko, Thailand dan Indonesia.

Baca juga : 6 Faktor Utama Agar Merek Tetap Berkembang di Pasaran

  1. Viber

Viber merupakan platform pesan instan. Aplikasi ini dapat dikatakan paling lengkap dibandingkan aplikasi-aplikasi chat lain yang telah ada. Seluruh fitur kirim pesan semua tersedia pada Viber, Dengan menggunakan aplikasi Viber bahkan penggunanya dapat mengirimkan uang melalui Western Union juga rekening bank. Aplikasi ini pertama kali diluncurkan tahun 2010.

aplikasi chat viber

  1. Facebook Messenger

Platform buatan Mark zukerberg dengan timnya ini adalah media sosial yang memberikan banyak inovasi baru, khususnya pada sektor bisnis. Sesudah sebelumnya Facebook memperkenalkan marketplace, Facebook juga kini meluncurkan aplikasi pesan instan yaitu Facebook Messenger. Aplikasi chat tersebut tidak hanya digunakan oleh personal, namun juga untuk korporasi, pelaku usaha kecil serta menengah.