brandoutlet.co.id – Untuk orang yang biasa bergulat pada dunia bisnis tentu sudah mengetahui betapa pentingnya dalam membangun jaringan di masyarakat luas. Jaringan yang luas juga menjadi salah satu sebuah tolok ukur untuk kesuksesan sebuah bisnis atau perusahaan.

7 Trik Memperluas Jaringan Untuk Kesuksesan Bisnis

Apabila kalian masih bertanya-tanya apa keuntungan memiliki banyak jaringan, jawabannya adalah dengan bertambahnya jaringan berarti bertambahnya pintu atau koneksi pada bidang bisnis kalian, bertambahnya rekan dalam bertukar pikiran terhubung perkembangan dan kemajuan usaha masa kini, menambah peluang dalam mengembangkan diri, memperbanyak pengetahuan, dan memberikan kepercayaan diri kalian untuk berbisnis dan bekerja.

Berikut 7 trik memperluas jaringan untuk kesuksesan bisnis :

1. Bergabung bersama organisasi professional

Apabila kalian membutuhkan tempat untuk memperluas jaringan secara signifikan, kalian bisa bergabung bersama organisasi professional. Ketika kalian bergabung bersama organisasi profesional tertentu, kalian coba membangun relasi bersama anggota-anggota organisasi lainnya, kalian dapat mencari orang lain dengan ketertarikan yang sama dengan kalain, bisa saja ke depannya dia menjadi partner pada bisnis kalian.

2. Menghadiri acara-acara sosial

Kalian coba hadiri acara-acara sosial contohnya kegiatan amal, ulang tahun kantor, atau acara olahraga. Walaupun terkesan santai, kegiatan itu bisa menolng kalian untuk membangun jaringan serta relasi. Manfaatkanlah moment tersebut untuk berbincang-bincang bersama orang lain, jika kalian beruntung, Kalian dapat menemukan rekan bisnis yang baru.

3. Mengikuti acara seminar

Dengan mengikuti acara seminar, kalian dapat memiliki kesempatan dalam menjalin relasi bersama orang-orang baru serta memiliki minat sama dengan kalian. Jangan ragu dalam menggali keahlian juga pengetahuan dari teman kenalan baru kalian.

  1. Bergaul bersama komunitas lain

Tidak ada salahnya apabila kalian mencoba dalam menjalin relasi bersama komunitas yang mempunyai kesukaan yang berbeda dengan kalian. Apabila kalian menyadari, mereka yang mempunyai pemikiran berbeda dengan kalian tentu mempunyai perspektif yang berbeda, hal tersebut sangat penting dalam memperkaya kreativitas, pola piker, dan ide-ide kalian.

Baca juga : Mau Rintis Bisnis? Perhatikan 3 Hal Ini Yang Akan Menuntunmu Untuk Sukses

  1. Memanfaatkan internet

Apabila kalian menganggap internet hanya untuk sekadar hobi semata, kalian salah! Dengan teknologi sekarang ini kalian dapat membuat profil bisnis kalian di internet. Manfaatkan media sosial dengan berorientasi pada bisnis atau karier seperti LinkedIn, tambahkan orang-orang yang kaliain telah kenal sebelumnya, bisa jadi dapat mengarahkan dan memperluas jaringan kalian. Buatlah juga profil kalian dengan menarik, lugas, dan jelas dalam mempromosikan pengalaman karier kalian. Percayalah, kalian bisa dengan mudah memperoleh rekan dengan bidang  yang sama di sana.

  1. Tentukan target pasaran

Faktor krusial dalam menjamin jaringan kerja kalian semakin meningkat salah satunya dengan menentukan target. Dengan menentukan target mana yang harus dikejar selama waktu tertentu, kalian akan terpacu dalam memperluas jaringan usaha kalian lebih luas lagi.

  1. Membangun komunikasi

Salah satu poin pentung yaitu membangun komunikasi yang baik pada rekan bisnis kalian. Jangan malas melakukan basa-basi sebagai bentuk awal komunikasi, seperti tentang hobi, profesi, ataupun keluarga. Dan yang terpenting, kalian membangun komunikasi dengan  sabar dalam menjaga hubungan baik pada rekan kalian.

Dari poin-poin yang di atas, semakin jelas kenapa memperluas jaringan begitu penting untuk dilakukan. Bagi kalian yang belum memulainya, cobalah untuk memulainya dengan perlahan-lahan, ke depannya niscaya jaringan bisnis kalian semakin meluas.