brandoutlet.co.id – Di Indonesia sendiri perkembangan usaha mikro kecil menengah atau UMKM memiliki kemajuan dan perkembangan yang begitu pesat. Faktor inilah membuat banyak orang tertarik untuk membangun dan mendirikan usahanya. Tidak heran beberapa ada yang bentuk CV dan ada yang sudah menjalani dalam skala lebih besar yaitu Perusahaan Terbatas atau PT. 

Hal ini ditentukan oleh beberapa faktor dan lini bisnis yang dikerjakan, karena tidak semua usaha atau bisnis termasuk dalam satu kesatuan yang sama. Setiap perizinan mempunyai sistem yang berbeda. Lantas, apakah Anda mengetahui beberapa perizinan di Indonesia?untuk lebih lengkapnya, berikut ini beberapa penjelasannya. 

Daftar Izin Usaha 

Untuk Anda yang tertarik mendirikan usaha di Indonesia, Anda harus melakukan dan memenuhi perizinan terlebih dahulu. Ada banyak jenis dan fungsinya, simak pembahasannya. 

1. Izin Usaha Dagang 

Surat ini diberikan untuk Anda yang melakukan dan membuka jenis usaha yang dikelola secara mandiri atau perorangan. Hal ini penting untuk Anda buat, sebagai bentuk legalitas dan memudahkan dalam peminjam modal ketika Anda membutuhkannya. Sehingga lengkapi beberapa surat yang dibutuhkan tersebut. 

Sebenarnya mau skala kecil atau besar dalam merintis sebuah usaha, Anda sudah harus mempersiapkan berbagai perizinan termasuk didalamnya mengenai surat dagang. Untuk melakukan pengurusan, Anda dapat langsung mengajukannya pada Departemen Perindustrian dan Perdagangan yang dekat dengan usaha yang dijalankan. 

2. Surat Izin Tempat Usaha (SITU)

Apabila Anda hendak untuk mendirikan usaha atau bisnis, baik perorangan atau memiliki badan usaha, maka Anda harus membuat SITU. Karena hal tersebut sebagai bagian dari bukti izin dan legalitas usaha yang sesuai dengan tempat Anda mendirikannya. Surat Izin Tempat Usaha memiliki legalitas dan memiliki dasar hukum yang valid dan sah. 

surat perizinan usaha

Untuk masa berlakunya selama 3 tahun, apabila sudah habis masa berlakunya Anda dapat langsung melakukan perpanjangan. Untuk melakukannya pun Anda tinggal melakukan perpanjangan saja sesuai dengan persyaratan yang ada sebelumnya. Pada dasarnya perizinan sangat penting untuk dimiliki. 

3. Surat Izin Prinsip 

Surat ini diberikan secara khusus oleh pemerintah daerah dan ditujukan kepada pengusaha atau pebisnis yang hendak mendirikan dan membangun usaha di suatu daerah tertentu. Melalui surat atau dokumen tersebut, maka pemerintah daerah tersebut akan mendapatkan penghasilan dalam bentuk investasi. 

Adanya surat izin prinsip tersebut membuat pemerintah daerah yang mengeluarkannya akan mendapatkan keuntungan dan memiliki tambahan dalam pemasukkan daerah. 

Baca Juga : Aplikasi Pinjaman Online Untuk Pengembangan UMKM

4. Surat Izin Usaha Industri (SIUI)

Hal ini ditujukan untuk pengusaha kecil menengah yang memiliki modal bisnis yang dimulai dari 5 juta sampai 200 juta rupiah. Dalam prosesnya hal ini dibutuhkan oleh pihak pebisnis atau pengusaha untuk mengurus berbagai perizinan tersebut. Hal ini diperlukan agar bisnis dapat terus berjalan dan terhindar dari pelanggaran. 

Untuk melakukan pengurusan dan pengajuan, Anda dapat melakukannya dengan langsung datang ke Kantor pelayanan perizinan terpadu daerah tingkat II. Apabila sudah berkembang dan maju Anda dapat langsung ke tingkat I. Tetapi untuk beberapa wilayah mempunyai peraturan dan persyaratan yang berbeda, lebih baik survey terlebih dahulu. 

5. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)

SIUP diberikan dan dibuat oleh pemerintah daerah dan fungsinya untuk perizinan dan legalitas dalam usaha perdagangan. SIUP sendiri untuk semua jenis usaha harus memilikinya dan setiap pengusaha atau pebisnis harus paham dan mengetahuinya. Supaya dapat langsung mengurus dan membuat perizinan tersebut. 

Untuk kebutuhannya, surat izin usaha perdagangan sendiri terbagi menjadi tiga jenis, hal yang membedakannya dari modal yang dimiliki. SIUP kecil untuk modal dibawah 200 juta, SIUP menengah untuk bisnis dengan modal atau kekayaan dari 200 juta sampai 500 juta rupiah, terakhir SIUP besar yang memiliki modal diatas 500 juta rupiah. 

6. HO Surat Izin Gangguan 

Selanjutnya untuk keperluan beberapa bisnis usaha tertentu dan perlu untuk mengurus surat izin gangguan, karena hal tersebut berkaitan pada bidang bisnis yang dijalankan. Karena bisnis atau usaha tersebut dapat mengganggu masyarakat sekitar akibat adanya usaha tersebut, sehingga sangat sulit untuk mengajukannya. 

Sehingga Anda harus dapat memenuhi dan melengkapi berbagai perlengkapan yang dibutuhkan untuk memenuhi persyaratan yang diberikan dinas setempat. Perlu diingat untuk lebih banyak mencari informasi terlebih dahulu atau melakukan survey, karena setiap daerah mempunyai ketentuan tersendiri mengenai pengajuan surat izin gangguan. 

7. Surat Izin Mendirikan Bangunan (IMB)

Hal ini ditujukan untuk Anda yang ingin atau hendak mendirikan bangunan untuk kebutuhan usaha agar dapat sesuai dengan perizinan yang diberikan. Ketika Anda mengajukan IMB semuanya dibutuhkan untuk ketertiban tata lahan dan pemanfaatan fungsi yang sesuai dengan kebutuhan tata kota. Sehingga tidak semua tempat akan diberikan IMB. 

Demikianlah pembahasan mengenai beberapa perizinan yang ada di Indonesia, semoga dapat membantu dan memberikan Anda informasi yang jelas dan lengkap.