brandoutlet.co.id – Di Indonesia dalam rumah tangga lebih selektif dalam hal mengalokasikan pos untuk pengeluarannya. Hal tersebut tentunya berimbas terhadap bujet belanja untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Mereka dihadapkan pilihan dengan merek produk yang semakin beragam. Sehingga, para produsen kian kompetitif dalam menghadapi pasar.

6 Faktor Utama Agar Merek Tetap Berkembang di Pasaran

Fanny Murhayati, seorang Marketing Director di Kantar Indonesia menjelaskan, saat ini konsumen lebih cerdas untuk memilih produk atau mengonsumsi dan servis. Memiliki ketersediaan stok produk di pasar serta harga produk yang ditawarkan menjadi amat penting.

Baca juga : Pahami Cara Search Engine Optimization yang Sudah Menjadi Mitos

Venu Madhav, seorang General Manager di Kantar Indonesia, menjelaskan, tahun 2019 merupakan tahun yang menarik, namun juga tahun yang memiliki penuh dengan tantangan.  Dia mengidentifikasi 6 faktor yang bisa membantu merek agar tumbuh di pasar yang sangat kompetitif pada saat ini:

  1. Memberikan Pengalaman Untuk Membangun Antusiasme Konsumen Dengan Melalui Berbagai Hal

Selain dengan memiliki atau mengkonsumsi suatu produk. Pengalaman pun bisa didapatkan ketika konsumen berbelanja ke toko, dan pada saat konsumen melihat iklan yang ada di media ataupun media sosial. Contohnya pada produk kosmetik, banyak sekali merek berkomunikasi serta memberikan pengalaman pada produk mereka, melalui blogger atau vlogger. Hal tersebut membantu merek untuk dapat lebih dikenal serta diingat para konsumen.

  1. Memberikan kemudahan kepada konsumen dengan produk siap santap

Berkembangnya pada gaya hidup urban, Para konsumen Indonesia menghabiskan lebih banyak untuk waktu di luar rumah. Dengan berdasarkan Worldpanel FMCG data, para konsumen Indonesia mereka lebih sering dalam mengkonsumsi produk makanan atau minimuman dengan sajian siap santap saat di luar rumah di bandingkan saat di dalam rumah.

  1. Memiliki rasa bangga menjadi orang Indonesia

Sebagai orang Indonesia banyak hal yang dapat dibanggakan. ASalah satunya menjadi tuan rumah pada Asian Games 2018; memiliki  4 dari 7 unicorn sebuah start-up di kawasan ASEAN.

  1. Berbeda (lebih menonjol) dari pesaing

Konsumen ingin mencari hal-hal berbeda serta lebih bermakna sehingga membuat mereka tertarik pada suatu produk dan servis. Merek harus mendapatkan cara untuk menonjol dari para pesaingnya.

  1. Dapat memahami aspirasi tipe konsumen

Harus bisa memahami berbagai aspirasi, seperti perbedaan tipe kelompok dari usia, perbedaan tipe kelas dari ekonomi serta dari perkotaan besar vs pedesaan.

  1. Menggunakan Sarana Digital

Konsumen Indonesia mempunyai banyak pilihan dalam hiburan elektronik. Selain televisi internet sudah bisa diakses hampir diseluruh di wilayah nusantara. Para pemain juga banyak yang memanfaatkan FMCG pada momentum ini dalam berkomunikasi dengan konsumen mereka.