brandoutlet.co.id – Bekerja merupakan salah satu aktifitas yang dilakukan oleh semua orang di dunia ini, umumnya dilakukan oleh manusia dewasa atau orang tua. Tidak sedikit orang tua yang karena disibukkan dengan pekerjaan sehingga memutuskan harus menitipkan anaknya di sebuah tempat khusus penitipan anak yang aman atau yang biasa disebut dengan day care.

cara memulai usaha day care

Tempat penitipan anak atau Day care sering menjadi pilihan karena bukan semata-mata tempat penitipan saja, melainkan day care juga tempat dimana anak-anak bisa belajar. Alasan inilah yang akhirnya jadi inspirasi peluang usaha yang cukup menjanjikan sekaligus cukup menguntungkan. Jika kalian tertarik, berikut ini ada beberapa hal yang harus dipersiapkan sebelum memulai usaha day care.

  • Cek Kondisi Pasar

Di dalam rencana ini, kalian harus mengawalinya dengan mengecek kondisi dari pasar atau target usaha kalian. Pelajari dan pahami siapa saja target atau pasar kalian sebenarnya dan dimana tempat yang memungkinkan kalian akan membuka usaha day care tersebut.

Misalnya saja, ada berapa banyak anak yang bisa kalian tampung, perkiraan usia berapa saja anak bisa dititipkan di day care kalian, berapa nilai pendapatan orang tua anak tiap bulannya, dan lainnya. Dengan usaha-usaha yang dilakukan diatas, kalian bisa menentukan beberapa hal seperti misalnya mengetahui nilai pendapatan gaji orang tua calon target kalian untuk kemudian bisa mulai menentukan atau menetapkan harga.

  • Pastikan Lokasi Usaha

Lokasi menjadi salah satu hal penting yang menjadi penentu apakah sebuah usaha kalian bisa berjalan dengan sesuai harapan atau justru sebaliknya. Oleh karena itu, pastikan kalian memilih lokasi yang strategis seperti misalnya yang dekat dari jalan utama atau mempunyai kemudahan akses untuk dijangkau.

Selain itu, dalam memilih lokasi usaha kalian juga wajib memastikan lokasi atau tempat dari kegiatan day care nantinya selalu dalam keadaan yang bersih, nyaman serta layak untuk anak. Jangan lupakan juga faktor keamanan untuk anak dalam mencari dan menetapkan lokasi usaha. Upayakan lokasi usaha kalian jauh dari ramai dan bisingnya kendaraan atau hal lainnya yang bisa beresiko untuk anak-anak.

  • Menyiapkan Kelengkapan Media Bermain

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa day care sejatinya bukan hanya tempat untuk menitipkan anak, tapi juga sebagai media belajar dan pembelajaran untuk anak. Dengan membuka usaha day care, maka kalian sudah pasti harus mempersiapkan fasilitas dan kegiatan anak, salah satunya bermain.

menyediakan kelengkapan bermain

Terdapat banyak sekali media bermain atau permainan yang bisa dilakukan oleh anak-anak di day care. Maka, pastikan dan upayakan alat-alat bermain anak cukup lengkap dan pastinya aman untuk dimainkan. Pilih perlengkapan bermain yang memiliki nilai edukatif seperti misalnya mainan puzzle, mainan balok kayu, dan sebagainya.

Baca juga : 5+ Tips Merawat Skuter Listrik

  • Pengasuh Terpilih dan Berkompeten

Di jenis usaha ini, kalian harus pandai ketika memilih calon pengasuh yang terampil dan memiliki keahlian. Karena sebagai pengusaha di bidang day care ini, kalianlah yang bertanggung jawab terhadap anak-anak yang dititipkan oleh orang tuanya meskipun dalam prakteknya para pengasuhlah yang mengurusi keperluan dan kebutuhan anak-anak.

Maka, pilihlah calon pengasuh yang sayang dan menyayangi anak-anak sekaligus juga dapat mendidik dengan benar, aman, dan profesional. Hal ini agar nantinya para orang tua tidak merasa kecewa sehingga meninggalkan day care kalian hanya karena kalian salah memilih calon pengasuh.

  • Tepat Dalam Menentukan Harga

Untuk menetapkan harga dari usaha penitipan anak, kalian harus melihat ulang siapa yang menjadi target pasar yang ditentukan di awal. Apakah pasar kalian ini berasal dari kalangan menengah ke bawah, ataukah dari kalangan menengah ke atas? Jika yang menjadi target kalian adalah dari kalangan menengah ke bawah, maka alian harus memberikan harga yang mampu dijangkau oleh pasar tersebut.

Akan tetapi, jika misalnya target kalian merupakan dari kalangan menengah ke atas, maka kalian bisa menaikkan harga dengan lebih tinggi namun tentunya memberikan fasilitas tambahan lainnya yang dapat menambah nilai jual day care kalian sendiri, seperti misalnya akan memberikan laporan perkembangan anak pada para orang tua secara berkala, melakukan pengecekan kesehatan anak secara berkala, dan sebagainya.

  • Membuat Surat Izin Usaha Day Care

Setiap pemilik sebuah usaha tentunya tidak ingin mengalami masalah di kemudian hari, seperti misalnya permasalahan perizinan usaha. Oleh karena itu pastikan sebelum memulai usaha, kalian telah memiliki surat izin usaha dari pihak yang berwenang. Sehingga kemudian usaha kalian di bidang day care atau penitipan anak ini menjadi legal dan sah di mata hukum, dan yang pasti juga mengurangi resiko di masa yang akan datang.

Untuk masalah perizinan usaha day care, kalian dapat mulai mengurusnya ke dinas terkait setempat dimana lokasi usaha kalian berada, seperti dinas pendidikan anak usia dini, dinas usaha kecil dan menengah, dan pihak terkait lainnya.

Itu tadi 6 cara yang harus kalian lakukan ketika memutuskan untuk membuka usaha day care, semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi kalian semua.