Hal yang satu ini merupakan dampak positif dari adanya pandemi covid 19, yakni banyak bermunculannya usaha rumahannya. Karena begitu banyak karyawan atau pekerja yang dirumahkan karena merebaknya virus corona, jadi mereka yang memilih untuk membuka bisnis demi tetap memiliki penghasilan. Sepanjang tahun 2020 sampai 2021 ini terdapat beragam jenis usaha, mulai dari freelancer, kuliner, barang bekas, dan masih banyak lagi.

Tidak heran, jika banting setir menjadi seorang wirausahawan adalah pilihan terbaik untuk sekarang. Siapa yang akan tahu, bila bisnis yang sekarang Anda rintis atau baru akan dimulai ternyata bisa berkembang serta memiliki pasar yang baik.

Translator

Apakah Anda seorang lulusan dari sastra asing, seperti sastra Inggris, Jepang dan lainnya atau seseorang yang memiliki kemampuan berbahasa asing yang baik. Maka, cobalah menjadi seorang penerjemah (translator). Seperti menerjemahkan dokumen subtitel sebuah konten, karya novel atas nama perorangan maupun perusahaan.

Anda dapat mempromosikan kemampuan tersebut dengan membuat sebuah iklan pada media sosial atau situs resmi untuk lowongan pekerjaan. Bisa juga meminta bantuan kepada teman atau saudara yang memang bekerja di sebuah perusahaan asing, siapa tahu perusahaan tersebut sedang membutuhkan jasa penerjemah.

Guru les privat

Bila Anda merupakan seseorang yang gemar berbagi pengetahuan atau kebetulan adalah seorang guru atau memiliki keahlian sebagai seorang pengajar. Bukalah jasa les privat, sesuaikan dengan kemampuan Anda. Misal Anda adalah seorang guru SMP pada mata pelajaran tertentu, tawarkan keahlian tersebut untuk mengajar anak-anak disekitar rumah.

Apalagi di masa pandemi ini banyak sekolah yang masih menerapkan pola mengajar daring atau online. Kesempatan ini dapat Anda manfaatkan, belum lagi pasti banyak orang tua yang akan tertolong dengan jasa yang Anda tawarkan tersebut.

Usaha jahit pakaian

Usaha yang satu ini bisa dilakukan siapa saja selama memiliki keahlian di bidang jahit menjahit. Anda dapat mencoba untuk membuka sebuah usaha jahit, pilihlah dimana minat Anda. Maksudnya seperti bila Anda suka menjahit pakaian hewan, misal untuk kucing atau anjing secara custom (sesuai permintaan pelanggan), karena sekarang ini banyak sekali pet owner yang suka memakaikan hewan peliharaan mereka pakaian lucu-lucu.

Steam motor

Selama masih banyak orang yang menggunakan motor, usaha cuci motor akan selalu dicari oleh pelanggan. Modalnya berupa mesin untuk steam, Anda butuh dana kurang lebih 1,5 juta rupiah untuk membeli mesinnya. Sisanya hanya memerlukan sedikit ruang didepan rumah serta beberapa hal lainnya.

Laundry sepatu

Berkat seorang dr. Tirta, usaha laundry sepatu mulai booming dan banyak orang yang juga membuka usaha serupa. Jika dibandingkan laundry pakaian, tentu jasa cuci sepatu jauh lebih murah untuk modalnya sendiri. Karena Anda hanya membutuhkan peralatan yang cukup sederhana, seperti sikat untuk menyikat sepatu dan beberapa peralatan lainnya. 

Katering

Bisnis yang satu ini termasuk yang paling banyak dilakoni, tidak hanya oleh ibu rumah tangga saja, namun juga anak muda yang memiliki keahlian pada bidang kuliner. Anda bisa memulai dengan mencari info atau melakukan sebuah survei melalui media sosial, mengenai makanan seperti apa yang sedang diminati oleh orang-orang.

Misalnya, makanan sehat. Karena di masa pandemi seperti ini pasti banyak sekali orang yang lebih mementingkan kesehatan demi meningkatkan imunitas tubuh supaya tidak mudah drop atau tertular sakit.

Membuka konter pulsa & data

Seperti yang Anda ketahui jika sekarang ini semua kegiatan kerja dan sekolah dilakukan secara online, tentunya untuk menunjang semua aktivitas tersebut mereka harus selalu memiliki pulsa serta kuota.

Gunakanlah kesempatan tersebut, Anda bisa berjualan dengan memanfaatkan e-wallet yang Anda miliki, seperti OVO, DANA, Gojek atau yang lainnya. Anda hanya tinggal mengisi saldonya saja.

Dropshipper atau Reseller

Pernah dengar istilah dropshipper dan reseller? Bagi Anda yang berjualan online, baik di media sosial maupun e-commerce, sudah tidak asing dengan kedua istilah tersebut.

Dropshipper adalah seseorang yang membantu menjualkan barang orang lain tanpa harus membeli barang tersebut terlebih dahulu. Jadi, Anda bisa meminta foto dari supplier dan mempromosikannya melalui media sosial, kemudian menaikkan harga.

Reseller adalah seseorang yang membantu menjualkan barang orang lain dengan membeli beberapa item, serta menjual produk tersebut sesuai dengan harga yang telah ditentukan oleh pihak suplier. Jadi, keuntungan yang Anda dapatkan berasal dari selisih harga jual.

Aksesoris paper flower

Bisnis yang satu ini baru-baru ini menjadi populer, modal yang Anda butuhkan hanyalah krativitas dalam menciptakan sebuah bunga dari kertas. Bila membicarakan soal penghasilan, tentu semua itu bergantung dengan keterampilan serta jam terbang.

Jasa penulis

Untuk yang satu ini sebenarnya tidak membutuhkan terlalu banyak modal, karena dapat dikerjakan menggunakan smartphone. Namun, memang akan lebih mudah dikerjakan bila menggunakan laptop. Selain itu Anda harus mempunyai minat pada bidang menulis, karena ketika Anda telah terjun ke dunia penulisan akan ada banyak hal yang bisa dibuat.